SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Flek Hitam : Pengertian, Penyebab, Faktor, Gejala, Diagnosis, Pengobatan dan Pencegahan

Bagikan:

AshefaNewsPengertian Flek Hitam  merupakan permasalahan kulit yang ditandai dengan munculnya bintik hitam di beberapa bagian wajah, lengan, bahu dan lainnya. Selain itu, flek hitam adalah kumpulan pigmen alami atau melanin yang berisi melanosome. 

Untuk masalah kulit yang satu ini sering disebabkan karena paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet. Pada kondisi kulit tertentu atau efek samping dari obat ini juga memicu munculnya flek hitam di wajah

Semua orang dan segala usia bisa saja mengalami flek hitam. Akan tetapi, kondisi ini sangat rentan sekali dialami oleh orang yang sudah berusia paruh baya. Selain itu, untuk bintik-bintik ini juga cenderung mudah dilihat dan mudah muncul di kulit seseorang berwarna cerah. Pada kondisi ini sebenarnya tidak membahayakan, akan tetapi masalah kulit ini sangat sulit dihilangkan. 

Penyebab Flek Hitam 

Penyebab flek hitam bisa terbentuk, ketika melanin sedang memproduksi melanosome berlebiebihan. Sehingga, pigmen ini bisa membuat kulit menjadi berwarna gelap. Bintik hitam ini akan semakin gelap, ketika terkena langsung paparan sinar matahari. Tidak hanya paparan sinar matahari saja, timbulnya flek hitam ini juga bisa disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut : 

1. Paparan Sinar Ultraviolet 

Untuk paparan sinar ultraviolet yang berasal dari matahari dan tanning bed menjadi penyebab pertama munculnya flek hitam. Sedangkan, hiperpigmentasi ini terjadi di usia paruh baya menjadi salah satu faktor utamanya.

Menginjak usia paruh baya, biasanya munculnya flek hitam pada kulit ini lebih mudah bermunculan akibat paparan sinar matahari langsung. Pada risiko ini akan semakin meningkat, ketika seseorang tersebut tidak pernah menggunakan tabir surya atau pelindung sinar matahari. 

2. Masalah Kulit 

Ada juga beberapa penyakit kulit yang bisa menjadi pemicu munculnya flek hitam, yaitu :

  • Hiperpigmentasi pasca-inflamasi, yaitu perubahan yang terjadi pada warna kulit setelah mengalami goresan, ruam ataupun jerawat. 
  • Melasma atau yang sering dikenal dengan cloasma merupakan satu permasalahan akibat munculnya bercak-bercak berwarna coklat. 
  • Linea Nigra adalah kondisi kulit dimana muncul garis vertikal warna gelap di bagian perut sampai dengan tulang kemaluan. 
  • Melanosis Riehl merupakan bentuk dermatitis kontak yang telah disebabkan oleh paparan sinar matahari secara langsung. 
  • Poikiloderma of Civatte adalah masalah kulit yang mengubah bagian leher menjadi berwarna coklat kemerahan. 
  • Erythro Melanosis Follicularis, yaitu munculnya bercak-bercak coklat kemerahan yang terjadi pada wajah maupun leher. 

3. Obat-Obatan 

Pada saat menggunakan obat-obatan, tanpa disadari juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya flek hitam. Di dalam hal ini disebabkan, karena untuk obat-obatan ini bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari dan juga dikenal sebagai fotosensitivitas. Ada beberapa jenis obat-obatan yang bisa menyebabkan flek hitam, sebagai berikut : 

  • Estrogen. 
  • Tetrasiklin atau obat antibiotik spektrum luas. 
  • Amiodarone atau obat yang sering digunakan untuk mengobati penyakit detang jantung tidak teratur. 
  • Fenitoin. 
  • Fenotiazin atau yang sering digunakan untuk mengobati gangguan mental atau emosional. 
  • Sulfonamida atau jenis obat yang sering digunakan untuk mengobati infeksi. 

4. Kondisi Tertentu 

Beberapa orang dengan kondisi tertentu atau lebih rendah muncul flek hitam. Masalah kulit yang satu ini sangat rentang dialami oleh kalangan ibu hamil, pengidap tumor, pengidap hemokromatosis dan penyakit hati. 

5. Faktor Lingkungan 

Faktor geografis menjadi salah satu penyebab timbulnya flek hitam. Orang-orang mempunyai kehidupan di sekitar khatulistiwa mempunyai lebih banyak melanin sebagai respon tubuhnya dari paparan sinar matahari secara langsung. 

Selain itu, proses ini juga bisa menyebabkan kulit umum menjadi warna coklat gelap. Hal ini juga biasanya dipengaruhi oleh karakteristik melanin yang bisa menyerap sinar matahari sekaligus menghalau radiasi UV. 

6. Genetik 

Flek hitam juga bisa terjadi, karena bawaan dari genetik. Orang-orang yang mempunyai warna kulit cerah dan rambut pirang sangat rentan terjadi masalah satu ini. Flek hitam juga sering muncul di kalangan orang tua. Bintik-bintik tersebut juga dikenal dengan nama liver spot atau sering disebut dengan sun spot

Faktor Resiko Flek Hitam 

Setiap individu mempunyai tingkat resiko untuk terjadi penyebab flek hitam. Kendati demikian, pada kondisi ini juga rentan dialami oleh seseorang yang mempunyai warna kulit terang dan usia paruh baya. 

Gejala Flek Hitam 

Flek hitam di kulit juga akan terlihat seperti bercak atau titik noda warna coklat terang, tua atau hitam. Selain itu, bintik-bintik ini juga bisa berkembang dimana saja dan sering muncul di bagian wajah. 

Bahkan, untuk masalah flek hitam ini akan memudar seiring berkurangnya intensitas dari paparan sinar matahari secara langsung. Sebaliknya, ketika terlalu banyak terpapar sinar matahari ini bisa menyebabkan inflamasi atau yang sering disebut dengan sunburn freckles

Diagnosis Flek Hitam 

Flek hitam merupakan satu permasalah kulit yang sudah umum terjadi dan tidak berbahaya sama sekali. Anda bisa mudah untuk mengenalinya, ketika muncul bintik hitam muncul di wajah atau area lain yang sudah terlihat. 

Biasanya, untuk flek hitam ini mempunyai bentuk oval dan berwarna coklat terang sampai dengan gelap. Bintik- bintik ini juga bisa menimbulkan nyeri di bagian tersebut. Kendati demikian, ada beberapa kondisi tertentu juga yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam. 

Maka dari itu, Anda sebaiknya mewaspadai bercak-bercak hitam tersebut yang terasa perih dan membengkak. Segera lakukan konsultasi dengan dokter kulit agar mengenali dan mendapatkan diagnosis yang tepat. 

Pengobatan Flek Hitam 

Bintik-bintik hitam ini bisa memudar dan dihilangkan sepenuhnya menggunakan resep. Untuk beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah yang bisa dilakukan sebagai berikut : 

1. Perawatan Topikal 

Krim yang sudah diberikan oleh dokter ini bisa mengurangi munculnya flek hitam secara bertahap. Akan tetapi, untuk perawatan ini membutuhkan waktu di beberapa bulan untuk melihat hasilnya. Sedangkan krim yang diberikan oleh dokter ini mempunyai kandungan hydroquinone dan sering diresepkan untuk menangani masalah flek hitam

Hydroquinone merupakan salah satu bahan aktif yang bisa bekerja untuk mengurangi produksi melanin. Namun, ada juga resiko penggunaan di dalam jangka waktu panjang. Sehingga, dokter biasanya akan menyarankan menggunakan dalam jangka pendek. 

2. Prosedur Medis 

Bagi beberapa orang yang ingin hasil cepat, maka bisa melakukan perawatan medis. Pada prosedur medis ini sering digunakan bersama dengan melakukan perawatan topikal agar hasilnya lebih terlihat. Sebagai berikut perawatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek hitam

  • Perawatan laser. 
  • Pengelupasan kimia. 
  • Mikrodermabrasi. 
  • Cryosurgery. 

Pencegahan Flek Hitam 

Munculnya flek hitam ini bisa diantisipasi dengan menggunakan tabir surya SPF 50. Sedangkan untuk trik lainnya, yaitu dengan menggunakan topi lebar dan pakaian nyaman untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari secara langsung. Hindari juga di luar ruangan di saat sinar matahari terik, yaitu pukul 10.00 – 14.00.

Sekian penjelasan mengenai flek hitam dan semoga bisa memberikan banyak manfaat. 

(GE – ANG)

Scroll to Top