SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Penyebab dan Cara Mengatasi Komedo

Bagikan:

AshefaNews – Wajah yang berkomedo ini bisa membuat rasa percaya diri dari seseorang menjadi menurun. Selain itu, komedo menjadi salah satu jenis jerawat non inflamasi. Bahkan, komedo ini akan muncul di  bagian area hidung, dahi, dagu, dada, leher dan masih banyak lainnya. 

Munculnya komedo hitam ini sering sekali disebabkan karena bagian pori-pori wajah tersumbat oleh sel kulit mati dan mempunyai produksi minyak yang berlebih. Ketika komedi ini sudah terinfeksi oleh bakteri dari penyebab jerawat, maka jerawat akan muncul di bagian wajah dan menyebabkan peradangan. 

Komedo akan menyebabkan rasa gatal di bagian area wajah. Selain itu, komedo ini terdiri dari putih dan hitam. Bahkan, komedo ini bisa dihilangkan dengan menggunakan beberapa bahan alami. Sebagai berikut penyebab komedo dan cara untuk menghilangkannya. 

Penyebab Komedo 

1. Jarang Membersihkan Wajah 

Komedo di hidung merupakan salah satu masalah kulit yang bisa dialami oleh semua orang. Bahkan, munculnya komedo di wajah ini juga bisa disebabkan karena jarang membersihkan wajah setelah melakukan aktivitas seharian di luar rumah. 

Ketika wajah tidak dibersihkan, maka untuk debu dan minyak ini akan menempel di bagian kulit. Lebih parahnya lagi dengan dua hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab munculnya komedo

2. Sering Mengkonsumsi Makanan Mengandung Minyak 

Bagi Anda yang sering mengkonsumsi makanan berminyak, maka produksi minyak di kulit akan terus mengalami peningkatan. Bahkan, dengan hal tersebut menjadi pemicu munculnya komedo di bagian wajah. 

Maka dari itu, untuk mengatasi masalah komedo maka bisa menghindari makanan berminyak dan berlemak. Untuk beberapa jenis makanan yang mempunyai kandungan berminyak lebih adalah gorengan, kemasan, olahan, cepat saji dan dibekukan. 

3. Jarang Berolahraga 

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang bisa dilakukan secara rutin oleh semua orang. Bahkan, dengan olahraga Anda bisa membantu menjaga kekebalan tubuh agar tetap kuat. 

Melakukan olahraga secara rutin ini bisa membantu dan mencegah munculnya komedo. Pada saat melakukan olahraga secara rutin, maka Anda bisa mengeluarkan keringat dan membersihkan pori-pori yang tersumbat akibat komedo

4. Terjadi Perubahan Hormon 

Penyebab komedo yang selanjutnya, yaitu akibat terjadi perubahan hormon bagi kaum perempuan. Biasanya, untuk masalah ini dialami di masa haid, kehamilan, menyusui dan menopause. Perubahan hormon ini bisa mengakibatkan produksi minyak yang berlebih dan menyumbat pori-pori dan mengakibatkan munculnya komedo di wajah. 

5. Salah Menggunakan Produk Makeup 

Kesalahan di saat menggunakan makeup bisa menyebabkan munculnya komedo. Agar wajah terhindar dari komedo, sebaiknya Anda menggunakan makeup yang mempunyai kandungan non comedogenic dan hypoallergenic. 

Selain itu, untuk Anda yang mempunyai tekstur kulit wajah berminyak maka ada satu hal bisa dilakukan. Untuk satu langkah yang bisa dilakukan adalah menggunakan makeup yang menghasilkan hasil akhir matte. 

6. Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi 

Terlalu sering melakukan eksfoliasi ini bisa menjadi penyebab munculnya komedo di wajah. Meski eksfoliasi mempunyai fungsi untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat, akan tetapi sering melakukan hal tersebut justru bisa merusak lapisan kulit. 

7. Salah Memilih Produk Skincare 

Penyebab munculnya komedo yang paling akhir adalah kesalahan di saat memilih produk skincare. Mungkin untuk beberapa orang sudah tahu, bahwa salah memilih skincare ini bisa munculnya komedo di wajah. Sebaiknya, Anda hindari menggunakan produk skincare yang terlalu lembab di wajah karena bisa meningkatkan produksi minyak di wajah. 

Cara Menghilangkan Komedo 

1. Lemon dan Madu 

Cara menghilangkan komedo secara alami yang pertama, yaitu menggunakan lemon dan madu. Apabila Anda ingin menggunakan cara yang satu ini, maka bisa menerapkan sekali Seminggu. Ikuti beberapa langkah-langkah sebagai berikut : 

  • Mencampurkan perasan lemon dan satu sendok makan madu. 
  • Oleskan kedua ramuan tersebut secara merata di beberapa tempat yang yang munculnya komedo
  • Setelah itu, Anda bisa melakukan pemijatan dengan gerakan memutar. Lakukan pemijatan kurang lebih 2 menit. 
  • Bilas menggunakan air bersih. 

2. Bubuk Kopi 

Mungkin untuk beberapa orang belum ada yang tahu, bahwa menggunakan bubuk kopi ini bisa menghilangkan komedo secara alami. Ketika Anda ingin menggunakan cara menghilangkan komedo kali ini harus dilakukan secara teratur dan paling tidak 1 Minggu sekali. Ikuti beberapa langkah sebagai berikut: 

  • Campurkan setengah cangkir minyak kelapa bersamaan dengan bubuk kopi. 
  • Aduk sampai dengan merata dan langsung di aplikasikan di wajah. 
  • Pijat wajah secara perlahan-lahan dan lakukan gerakan memutari di sekitar area yang dimunculi komedo
  • Biarkan kurang lebih lima menit terlebih dahulu.
  • Bilas menggunakan air dingin. 

3. Putih Telur 

Cara menghilangkan komedo secara alami, selanjutnya bisa menggunakan putih telur. Kandungan protein yang dimiliki oleh putih telur ini juga bisa membuat tampilan wajah semakin cerah. Apabila ingin menggunakan cara yang satu ini, maka bisa diulangi 2 kali Seminggu. Ikuti beberapa langkah sebagai berikut: 

  • Letakkan putih telur pada mangkuk. 
  • Tambahkan juga beberapa tetes perasan buah lemon. 
  • Aduk sampai dengan merata dan benar-benar menyatu. 
  • Oleskan campuran tersebut ke semua bagian wajah atau yang dimunculi komedo
  • Diamkan kurang lebih 5 menit sampai dengan campuran tersebut mengering. 
  • Setelah kering, Anda bisa melakukan pemijatan wajah untuk merontokkan olesan tersebut. 

4. Lidah Buaya 

Kandungan aloin dan antioksidan yang ada di dalam lidah buaya ini sangat baik untuk membantu di dalam mengatasi permasalahan kulit. Bahkan, lidah buaya ini juga bisa membantu Anda yang ingin menghilangkan komedo yang ada di bagian wajah. 

Cara menghilangkan komedo di hidung menggunakan bahan alami kali ini bisa dengan mengambil bagian gel dari daging lidah buaya tersebut. Setelah itu oleskan ke wajah dan tunggu sampai dengan mengering. Bilas menggunakan air bersih, ketika sudah kering. 

5. Es Batu Jeruk Nipis 

Menggunakan bahan yang satu ini bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan komedo secara alami. Untuk perasan jeruk nipis yang sudah direbus sampai dengan mendidih ini dimasukkan terlebih dahulu di dalam freezer agar menjadi es batu. Setelah itu, es batu ini bisa ditekan di bagian yang dimunculi komedo. Namun, sebelum melakukan cara yang satu ini dipastikan wajah sudah keadaan bersih, 

6. Oatmeal 

Oatmeal juga bisa menjadi salah satu bahan alami untuk menghilangkan komedo. Selain itu, oatmeal ini hampir mempunyai tekstur yang tidak berbeda jauh dengan scrub. Dengan hal ini menjadi pilihan alternatif, ketika Anda ingin mengangkat sel kulit mati dan komedo membandel. 

Anda juga bisa mencampurkan oatmeal ini menggunakan campuran yoghurt. Oleskan kedua campuran tersebut untuk masker penghilang komedo secara alami dan tunggu sampai dengan 10 menit. Selanjutnya, bilas menggunakan air bersih. 

7. Teh Hijau 

Teh hijau ini mempunyai sifat antioksidan yang bisa membantu di dalam mengurangi peradangan di wajah dan membersihkan komedo. Seduh teh hijau dan diamkan sampai dengan dingin. 

Anda juga bisa menyemprotkan teh hijau tersebut ke wajah atau bagian yang dimunculi komedo.  Selain itu, Anda bisa menggunakan teh hijau dengan cara mengoleskan menggunakan kapas secara perlahan-lahan. 

Sekian penjelasan mengenai penyebab dan cara menghilangkan komedo. Semoga bermanfaat. 

(GE – ANG)

Scroll to Top