SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Kevin McCarthy Gagal Jadi Ketua DPR AS

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Anggota Partai Republik Kevin McCarthy gagal menjadi Ketua DPR Amerika Serikat (AS). Penyebabnya 19 koleganya tidak mendukungnya dalam tiga putaran pemungutan suara saat sessi ke-118 Kongres.

Dilansir dari VOA, Rabu (4/1), untuk pertama kalinya dalam seratus tahun, tokoh Republikan maupun Demokrat tidak memenangkan jabatan ketua DPR. McCarthy gagal memenangkan pemungutan suara putaran kedua dan ketiga.

Terdapat 19 anggota Partai Republik yang menentangnya di kedua putaran pemungutan suara tersebut. Pada pemungutan suara putaran ketiga bahkan 20 orang menentang McCarthy dan malah memilih Jim Jordan dari negara bagian Ohio.

Partai Republik memegang mayoritas tipis 222-212 kursi di DPR, dan untuk memenangkan kursi ketua DPR maka McCarthy harus memenangkan sedikitnya 218 suara. Tetapi 19 anggota Partai Republik, memilih tokoh lain dalam pemungutan suara putaran pertama, termasuk anggota DPR dari negara bagian Arizona Andy Biggs dan dari negara bagian Ohio Jim Jordan, dua lawan vokal Presiden Joe Biden.

Para anggota DPR AS memilih Ketua DPR yang baru pada hari pertama Kongres ke-118 di Gedung Capitol, Washington DC (3/1).

Para anggota DPR AS memilih Ketua DPR yang baru pada hari pertama Kongres ke-118 di Gedung Capitol, Washington DC (3/1).

Dalam pemungutan suara putaran kedua, 19 pembangkang Partai Republik memilih Jordan, meskipun ia mencalonkan McCarthy sebagai pilihannya untuk memimpin mayoritas kaukus Partai Republik dalam sessi dua tahun yang baru di DPR.

Seluruh anggota DPR dari Partai Demokrat yang berjumlah 212 orang mendukung Hakeem Jeffries dari negara bagian New York. Jeffries memimpin pemungutan suara untuk menjadi ketua DPR, tetapi tidak memiliki peluang karena tidak didukung Partai Republik. 

(RM – Yana) 

Scroll to Top