AS dan Jepang Sepakat Tiongkok sebagai Ancaman Bersama

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Amerika Serikat (AS) dan Jepang menyepakati bahwa Tiongkok sebagai negara yang dapat menimbulkan ancaman serius kepada kedua negara. Beijing kerap mengklaim sesuatu yang melanggar hukum dan provokatif. 

“Kami setuju (dengan Jepang) bahwa Tiongkok adalah tantangan strategis bersama terbesar yang kami dan sekutu serta mitra kami hadapi,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken usai berdiskusi dengan Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi, di Washington, AS, dilansir dari Anadolu Agency, Sabtu (14/1).

Blinken mengatakan Jepang dan AS telah membahas penguatan koordinasi antara kedua negara. Misalnya untuk beberapa sektor pertahanan yang mencakup komando dan kontrol sekutu, intelijen, pengawasan dan pengintaian. 

Dia mengatakan AS dan Jepang juga menyepakati kerja sama untuk menghadapi peluncuran rudal Korea Utara. AS juga mendukung Jepang yang menambah anggaran pertahanan pada 2027.

Sementara Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi menuduh Tiongkok menjadi tantangan serius bagi keamanan negaranya. Kebijakan luar negeri Tiongkok di kancah internasional menjadi atensi khusus Jepang dan AS. 

Dia mengatakan AS dan Jepang menentang setiap klaim yang melanggar hukum dan upaya dan tindakan koersif Tiongkok di Laut China Selatan.

“Kami menegaskan kembali bahwa posisi dasar kedua negara kami di Taiwan tetap tidak berubah dan menegaskan pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas Selat Taiwan,” kata Hayashi.

(RM – Yana) 

Scroll to Top