SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Mengenal Yandex Mesin Pencari Terbesar di Russia Pesaing Google

Bagikan:

AshefaNews – Hanya sedikit orang yang tidak mencari jawaban atas pertanyaan di Internet setidaknya sekali. Yandex adalah salah satu platform populer sebagai mesin pencari, sama seperti Google, Bing, atau Yahoo. Yandex bekerja berkat algoritma khususnya dapat membantu menyelesaikan banyak masalah dan menemukan informasi yang diperlukan dalam waktu singkat.

Apa itu Mesin Pencari Yandex?

Pada awal kemunculannya, mesin pencari ini berbahasa Rusia dan beroperasi di Rusia dan negara-negara CIS dengan alamat di Yandex.ru. Versi pertama mulai bekerja pada tahun 1997. Tujuan strategis pengembang dan insinyur mesin pencari Yandex adalah membuat mesin pencari dengan morfologi Rusia yang akan mengurutkan hasil sekompeten mungkin dan menanggapi permintaan pengguna. Karena tujuan para pendiri adalah untuk menyerap pengguna berbahasa Rusia, itulah sebabnya Yandex adalah mesin pencari paling populer di Rusia. Sampai datangnya mesin pencari Google.

Mesin pencari “Yandex.ru” awalnya disebut indeks (“indeks” – pengindeksan). Setelah dilakukan revisi, ternyata “Yet Another iNDEXer” atau “YANDEX”. Kemudian suku kata pertama diganti dengan huruf “I”. 

Nama Yandex muncul pertama kali pada tahun 2008. Saat itu, mesin pencari Yandex cukup dominan digunakan para pengguna di Rusia. Setelah kedatangan Google, penggunaannya kemudian agak menurun. Pengelola pun terus berusaha meningkatkan algoritma untuk pencarian, mengindeks, dan menganalisis volume data untuk memenangkan kembali posisi mereka.

Awalnya, hanya memiliki fitur pencarian dengan menggunakan jaringan internet, tetapi sekarang dengan alamat global di Yandex.com ada banyak layanan bermanfaat yang diminati oleh pengguna. Moto Yandex adalah “Ada segalanya” dan pengelola akan melakukan segalanya untuk mewujudkan janji mereka. 

Penggunaan Yandex telah berkembang dari sekedar “googling” biasa ke tingkat “memesan makanan dan layanan lainnya”, serta “mengirim surat” dan juga “melihat statistik situs”.

Hari ini Yandex menawarkan pencarian dalam bahasa Rusia, Ukraina, Tatar, Belarusia, dan Kazakh. Kemudian juga ditambahkan bahasa Inggris, Prancis, dan Jerman. Pencarian dilakukan dengan mempertimbangkan morfologi dan kedekatan kata dalam kalimat dan frase yang ada.

Berbicara tentang Yandex, orang pasti akan membicarakan tentang pendirinya. Bapak pendiri mesin pencari Yandex adalah Arkady Yuryevich Volozh (salah satu pendiri dan CEO Yandex) dan Ilya Valentinovich Segalovich (pendiri dan direktur teknologi dan pengembangan). 

Saat ini, Yandex telah berkembang menjadi perusahaan besar dengan ribuan karyawan di seluruh dunia. Kantor perusahaan berlokasi di berbagai negara di dunia. Stabilitas perusahaan dan pembaruan produk yang konstan serta peningkatannya memungkinkan mereka untuk secara aktif mengembangkan dan mendapatkan lebih banyak pangsa pasar.

Bagian terbesar dari keuntungan Yandex berasal dari Yandex.Direct. Ini adalah layanan periklanan yang paling menguntungkan. Selain itu, layanan lain harus diperhitungkan, dan bukan hanya pembayaran, yang banyak dimiliki Yandex.

Cara Kerja Mesin Pencari Yandex

Logo Yandex setelah mengalami pembaharuan yang lebih berkesan modern. (Foto: yandex.com)

Bekerja tidak lebih dari robot pencari. Mesin Yandex akan mengikuti tautan yang diperlukan, mengindeks situs, dan menyimpan halaman di database mereka tanpa mengunduhnya sepenuhnya ke PC pengguna. Pencarian Yandex menggunakan urutan peringkat yang jelas, sehingga situs-situs pun disusun dalam urutan tertentu. 

Jadi Yandex terdiri dari bot atau agen pencarian, database, dan mesin pencari. Informasi disimpan di server. Permintaan pengguna diproses oleh metasearch pada yang paling sedikit dimuat. Setelah menentukan lokasi geografis dan pemrosesan linguistik, program melihat informasi di cache kueri populer. Indeks pertanyaan langka diperiksa terhadap pencarian dasar. Informasi yang dikumpulkan ditransfer ke metasearch, yang mengatur dan mengembalikan jawaban kepada pengguna. Untuk mengakses Yandex kalian bisa klik disini.

Secara umum, pekerjaan mesin pencari Yandex Search adalah sekumpulan program dan database kompleks yang beroperasi menurut algoritma tertentu. Secara sederhana, kerjanya dibagi menjadi tiga tahap:

  • Cari halaman baru. Agar tautan ini atau itu muncul di mesin pencari maka harus ada di basis data sistem. Untuk melakukannya, robot “laba-laba” pertama-tama harus melakukan crawl dan memindainya.
  • Pengindeksan. Proses memasukkan informasi ke dalam indeks mesin pencari Yandex. Halaman dengan informasi yang tidak berguna secara otomatis disaring oleh sistem.
  • Penentuan relevansi dan peringkat. Setelah memasukkan query ke dalam string pencarian, sistem memilih tautan yang sesuai. Pemeringkatan terjadi berdasarkan jumlah kecocokan, semakin banyak, semakin tinggi peringkat situs tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Yandex

Kantor pusat Yandex di Moskowa, Russia. (Foto: Wikipedia)

Selama lebih dari 15 tahun keberadaannya, Yandex browser telah menjadi layanan pencarian terpopuler, menyalip raksasa global Google. Dibandingkan dengan mesin pencari Amerika, Yandex memiliki sejumlah keunggulan dalam memenuhi kriteria pencarian.Ini adalah mesin pencari yang sangat canggih yang algoritmanya terus berkembang. Berbagai kelebihan mesin pencari Yandex meliputi fitur-fitur berikut:

  • Sejumlah besar layanan yang secara signifikan lebih unggul dari pesaing utama.
  • Pembuatan blok berita di halaman utama.
  • Konten informasi tingkat tinggi.
  • Nyaman dan sekaligus kompak dalam penempatan hasil pencarian.
  • Setiap hasil pencarian dibuat secara individual.
  • Sistem mengoreksi kesalahan ejaan atau menyarankan ejaan yang sesuai.
  • Tidak ada spam dalam pencarian dan sejumlah kecil informasi komersial.
  • Pencarian layanan yang nyaman.

Sementara di antara beberapa kekurangannya meliputi :

  • Secara sistematis muncul CAPTCHA.
  • Kesulitan dengan promosi situs baru, sistem Yandex akan menganggapnya mencurigakan.
  • Kegagalan pencarian menyebabkan hilangnya popularitas situs, yang kemudian tiba-tiba kembali ke tempatnya.

Perbedaan Yandex dan Google

Kedua platform mesin pencari dirancang untuk melakukan tindakan serupa, tetapi antara Yandex dan Google memiliki beberapa perbedaan. Beberapa poin yang paling signifikan adalah sebagai berikut :

  • Google mulai mengindeks situs baru hanya setelah 4 bulan. Yandex mengurutkan pada tahap awal.
  • Mesin pencari Yandex dot ru memiliki penargetan yang fleksibel dan karenanya memberikan informasi paling akurat untuk kueri yang sempit.
  • Kekuatan Google lebih tinggi daripada Yandex, bahkan dengan lokalitasnya.
  • Dukungan teknis Yandex lebih mudah dihubungi.
  • Google mulai menggunakan basis pengetahuan dari sumber terpercaya mereka sejak awal.
  • Yandex adalah mesin pencari utama, yang sangat bergantung pada undang-undang setempat.
  • Google memperkenalkan banyak layanan tambahan dalam pencarian.
  • “Yandex” memiliki kebijakan lunak sehubungan dengan permintaan spam.
  • Google lebih fokus pada idiom dan ekspresi standar, sementara Yandex akan memahami bahasa gaul Rusia dan mengungkapkan topik sesuai dengan arah budaya.
  • Yandex cocok untuk mencari barang dan jasa, dan Google cocok untuk menemukan informasi yang sangat terspesialisasi.

Fitur Fitur Yandex

Selain layanan pencarian di internet yang sudah dijelaskan di atas, Yandex pun menawarkan berbagai layanan lain yang cukup berguna bagi para netizen. Beberapa layanan Yandex yang utama adalah : 

  • Yandex Mail. Layanan paling populer dimana pengguna dapat membuat akun email. Layanan ini memimpin dalam hal pertumbuhan pemirsa tidak hanya di Rusia, tetapi juga di Eropa. Pengunjung mingguan lebih dari 29.000.000 pengguna.
  • Yandex.Webmaster. Berguna dan fungsional Layanan nyata untuk webmaster dan pengoptimal yang sangat menyederhanakan pekerjaan memantau situs yang sedang dikelola agar mampu berada di halaman atas hasil pencarian.
  • Yandex Money. Sistem pembayaran elektronik untuk layanan di Internet dari Yandex yang dinamakan YooMoney. Antarmuka yang luar biasa dan nyaman, fungsionalitas yang ramah. Sekarang dimiliki oleh Sberbank dan berganti nama menjadi Yumani
  • Yandex.Direct. Layanan periklanan kontekstual berbayar di Yandex. Layanan yang luar biasa bagi mereka yang ingin mempromosikan bisnis mereka, mulai menghasilkan uang, dan mendapatkan pengunjung target pertama. Mudah dan sederhana untuk diatur dan dijalankan.
  • Yandex Maps. Layanan informasi kartografi populer Yandex, yang dengannya pengguna dapat menemukan dan mendapatkan petunjuk arah ke objek apa pun di peta, baik itu perusahaan, restoran, lembaga pendidikan, dll.
  • “Yandex.Metrika”. Pada tahun 2014, layanan ini menjadi yang terdepan di antara sumber daya untuk mengumpulkan statistik situs web untuk webmaster. Saat ini, Yandex Metrika adalah layanan multifungsi yang memungkinkan pengguna melakukan audit sumber daya web yang akurat, melacak lalu lintas, dan perilaku pengguna di situs.
  • “Yandex.Disk”. Layanan cloud milik Yandex yang memungkinkan pengguna menyimpan data dalam jumlah tak terbatas di Internet dan mentransfernya ke pengguna lain di jaringan. Popularitas layanan ini berkembang pesat dari tahun ke tahun.
  • Yandex Browser. Yandex.Browser adalah browser gratis dari Yandex, diberdayakan oleh Chromium. Hari ini adalah browser terpopuler kedua di Rusia setelah Google Chrome. Yandex.Browser dapat diinstal di komputer dan smartphone, di Windows, Mac, iOS, dan Android. Jika pengguna beralih dari browser lain, Yandex akan membantu mengimpor riwayat dan bookmark, serta menyinkronkan dengan perangkat yang lain. Tidak ada yang perlu dikonfigurasi lagi, hanya dengan beberapa klik.

Baca juga:

(GE – HKM)

Scroll to Top