SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Dino, Game Seru Saat Internet Offline

Bagikan:

AshefaNews Dino adalah gim lari T-Rex sederhana dimana pemain mendapat tugas harus menghindari rintangan selama mungkin. Game Dino ini awalnya dibuat di Google Chrome pada tahun 2014. Asyiknya, game ini dapat dimainkan tanpa koneksi internet.

Dino Tyrannosaurus Rex

Mungkin setiap pengguna Internet kadangkala dihadapkan pada kenyataan bahwa akses internet yang digunakannya tiba-tiba menghilang. Ini dapat terjadi karena berbagai alasan mulai dari lemahnya jaringan seluler hingga putusnya kabel Internet kabel. Namun, pengguna browser Google Chrome dalam hal ini tidak hanya akan melihat halaman kosong, tetapi sesuatu yang lebih yaitu game Dinosaurus, yang dapat dimainkan tanpa internet.

Karakter utamanya adalah dinosaurus klasik – Tyrannosaurus rex, yang paling sering ditemukan di film dan buku tentang dinosaurus. Ini adalah dinosaurus karnivora dari periode Cretaceous. Dalam permainan ini, dia akan berlari di padang pasir, di mana  hanya bertemu kaktus dan pterodactyl dalam perjalanannya, yang hanya perlu Anda hindari dengan membungkuk atau melompat. Saat jarak yang ditempuh meningkat, kecepatan lari T-Rex juga meningkat. 

Oleh karena itu, meskipun permainannya sangat sederhana, akan sangat sulit bagi pemain yang tidak berpengalaman untuk mencetak banyak poin. Gim offline dengan dinosaurus lompat akan membantu menghabiskan waktu saat pengguna pergi ke sekolah atau bekerja, tetapi tidak ada Internet.

Cara Bermain Dino

Google Chrome merupakan pilihan peramban web terbanyak dipakai secara worldwide. Google pun melengkapinya dengan game offline simpel ke browser itu yang dinamakan game Dino. Game Dino langsung ditampilkan jika akses internet mendadak putus ketika lagi berselancar dalam Google Chrome. 

Oleh karena itu apabila internet terputus dimana pengguna tengah mengakses halaman web maka akan ada notifikasi “Tidak dapat terhubung ke Internet” atau “Tidak ada internet” beserta logo dinosaurus kecil di sampingnya.  Pengguna bisa klik Spacebar di papan ketik untuk memulai game ini. Hanya saja game ini tak menawarkan level, oleh karena itu ketika Dino menabrak rintangan pohon otomatis, permainan pun dijalankan dari awal lagi. Tantangan game ini yaitu nilai skor tertinggi yang bisa didapatkan untuk satu kali permainan.

Pengguna sebetulnya pun boleh menjalankan game Dino ini ketika internet terhubung. Di bawah ini cara bermain game Dino di Google Chrome : 

  • Jalankan peramban Google Chrome di komputer.
  • Tekan di bilah alamat.
  • Ketikkan link chrome://dino/ kemudian klik tombol Enter.
  • Pengguna langsung bisa menemukan gamenya.
  • Klik tombol Spacebar untuk memulai game.

Agar tidak bertabrakan dengan kaktus, pemain harus melompati mereka dengan menekan tombol spasi atau panah atas, dan untuk mengatasi rintangan kedua (pterodactyl terbang), sebaliknya, pemain harus membungkuk dengan menekan panah bawah. Dalam tabrakan apa pun, permainan berakhir dan hasil akumulasi ditampilkan. Jumlah poin yang diperoleh dihitung untuk waktu yang telah berlalu.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk bertahan hidup selama mungkin. Saat pemain melanjutkan permainan, warna latar belakang akan berubah dari terang menjadi gelap dan sebaliknya (perubahan siang dan malam). Dalam game browser bawaan, T-Rex akan berhenti tidak hanya jika pemain gagal menghindari rintangan berikutnya, tetapi juga saat sinyal Internet dipulihkan.

Anda pasti tidak akan bisa menyelesaikan game tersebut sampai akhir, karena membutuhkan waktu sekitar 17 juta tahun untuk menyelesaikannya. Kira-kira pada saat seperti itu, dinosaurus Tyrannosaurus Rex masih hidup di planet ini. Selain itu, karena kecepatan permainan terus meningkat, pada titik tertentu kemampuan fisik seseorang tidak cukup untuk memiliki waktu untuk bereaksi terhadap suatu rintangan. Bahkan jaringan saraf yang dilatih untuk memainkan dinosaurus pada titik tertentu gagal dan kalah, karena kecepatan refresh bingkai tidak lagi cukup – kecepatan lari T-Rex meningkat pesat.

Untuk versi standar game, ada kode curang yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil, misalnya dengan menyetel tetap memperlambat kecepatan, atau menonaktifkan kekalahan saat bertabrakan dengan kaktus dan objek lainnya. Jika Anda memainkan game berbasis browser, cheat berikut mungkin berguna. Rekatkan kode ini ke baris input tab “Konsol” pada bilah alat pengembang, yang dapat dibuka dengan menekan tombol F12 pada keyboard atau kombinasi Ctrl + Shift + I. Menonaktifkan rintangan

Runner.instance_.gameOver = function(){};

Ubah kecepatan dinosaurus (alih-alih 100, Anda dapat menentukan nilai lainnya)

Runner.instance_.setSpeed(100);

Sementara cara bermain game Dino dari perangkat Android maupun iPhone adalah sebagai berikut. Mekanisme bermain game Dino di Google Chrome di ponsel sama sebagaimana di komputer. Saat pengguna tak punya internet di ponsel, maka langsung disajikan game Dino. 

Tap di layar sebagai cara melompati rintangan pohon. Apabila pengguna hendak bermain game dinosaurus tanpa menonaktifkan akses internet atau menghidupkan mode pesawat, silahkan akses link chrome://dino di peramban Chrome. Pengguna bisa bermain game ketika terkoneksi ke internet. Disebabkan Google Chrome telah terinstal di setiap ponsel Android, pengguna cuma tinggal mengetikkan link tadi. Namun pengguna mesti mendownload aplikasi Chrome apabila memakai perangkat iPhone atau iPad.

Microsoft Edge pun menyediakan game ringan untuk para pengguna tiap kali peramban itu tak bisa terkoneksi ke internet. Game dengan tema selancar tersebut dikenalkan di tahun 2020 silam. Permainan tersebut mengambil ide dari game Windows klasik SkiFree dimana menantang pengguna mengarungi air sembari menghindari pulau, peselancar lain dan juga beberapa rintangan yang lain.

Jadi intinya, dalam bermain Dino ini adalah tekan bilah spasi untuk mulai bergerak. Klik bilah spasi untuk melompati rintangan. Kecepatan meningkat saat Anda maju, jadi Anda perlu memasukkannya ke dalam lompatan Anda. Anda juga akan bertemu burung – jangan mencoba melompati burung terbang tertinggi.

Tentang Asal usul Game Dino

Game Dino dibuat pada tahun 2014 oleh pengembang Google UX Sebastien Gabriel, Alan Bettes, dan Edward Jung. Gim ini terpasang di Google Chrome dan muncul sebagai laman kesalahan saat peramban web sedang luring. Game Chrome Dino telah mendapatkan pengakuan luas, dimana pengembang game mengungkapkan bahwa pada tahun 2018 bahwa game tersebut dimainkan sekitar 270 juta kali per bulan. Game ini juga dikenal sebagai T-Rex Runner, Chrome Dino, dan Dino Run. 

Nama Tyrannosaurus juga tidak disengaja. Game offline Chrome dinosaurus dijuluki “Project Bolan” setelah Marc Bolan, vokalis terkenal band tahun 1970-an “T-Rex”. Selama pengerjaan game, programmer berpikir untuk memberi Dino kemampuan untuk menggeram, serta memperkenalkan tendangan. Namun, ide-ide ini akhirnya dibuang agar permainan tetap sederhana atau dengan kata lain tetap membawa semangat “prasejarah”.

Game Dino memiliki karakteristik berlari tanpa akhir dengan T-Rex. Tampilan kamera gulir samping dengan grafik 2D 8-bit. Skor tertinggi untuk game Dino ini adalah 99999, setelah itu skor ditetapkan menjadi 0.

Game dinosaurus ditambahkan ke Chrome untuk dimainkan pengguna tanpa koneksi internet. Tema dinosaurus dimaksudkan sebagai referensi lucu untuk fungsi game yang bekerja secara offline, menunjukkan bahwa tidak adanya internet seperti “zaman prasejarah”.Beberapa saat lalu, Google pun melengkapinya dengan efek musim dingin ke game Dino. Pengakses saat ini wajib bermain ski di salju menghindar dari pemain ski lain, rumah, dan juga rintangan. Itu tadi cara bermain game dino dalam Google Chrome yang dapat dijajal. Selamat mencoba!

(GE – HKM)

Scroll to Top