SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

7 Wisata Bandung Paling Hits Di Tahun 2023

Bagikan:

AshefaNews – Berbicara soal Bandung memang tak akan ada habisnya. Negeri tanah Pasundan ini menyimpan banyak sekali tempat wisata menarik. Cobalah mengajak keluarga Anda liburan ke sana saat akhir pekan nanti. Karena panorama alamnya sungguh memanjakan mata serta mampu membuat siapapun jatuh hati pada pandangan pertama. Dalam artikel ini akan diberikan rekomendasi wisata Bandung yang mungkin bisa jadi referensi Anda.

Bandung memiliki pilihan destinasi yang beragam. Seperti wisata alam, kolam renang, taman foto, taman bermain, dan masih banyak lagi. Bahkan wisata kulinernya juga mampu mencuri perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang. Maka Anda jangan heran jika ibu kota Jawa Barat ini menjadi tujuan wisata favorit banyak kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua sekali pun.

Terlebih beberapa tahun belakangan marak sekali bermunculan wisata baru. Meski tergolong masih seumur jagung tetapi sudah memperoleh kunjungan wisatawan dalam jumlah banyak. Apalagi sekarang zamannya orang-orang bermain media sosial. Tentunya dalam hal mempromosikan tempat wisata adalah sesuatu yang mudah. Pihak pengelola tidak perlu membayar biaya apapun dan tinggal memikirkan strategi marketing saja.

Rekomendasi Wisata Bandung Paling Hits

Selain terkenal dengan panorama alamnya yang memukau. Bandung juga memiliki destinasi menarik lainnya. Yang mana konsepnya sendiri tidak kalah unik dan indah seperti yang ada di Pulau Bali. Malahan jauh lebih bagus ketimbang wisata-wisata luar negeri. Daripada penasaran berikut rangkuman lengkap terkait daftar wisata Bandung yang bisa Anda kunjungi.

1. Chinatown Bandung

Chinatown Bandung adalah salah satu wisata Bandung yang belum banyak orang tahu. Padahal kawasan ini sangat populer di kalangan anak muda milenial. Di sini Anda bisa menemukan bermacam-macam spot foto keren dengan nuansa budaya Tionghoa. Terlihat jelas dari bangunan rumahnya berwarna merah dan ada beberapa ornamen lampu lampion menghiasi setiap sudut jalannya.

Begitu Anda menginjakkan kaki di Chinatown Bandung rasanya seperti sedang berada di Tiongkok. Hampir sebagian besar penduduknya adalah orang Tionghoa. Namun saat berinteraksi Anda tak perlu menggunakan Bahasa China. Cukup gunakan  Bahasa Indonesia seperti biasa. Selain berburu foto, jangan lupa menikmati wisata kulinernya yang mayoritas adalah Chinese food.

2. Kampung Korea Bandung

Kalau wisata pertama tadi mengusung kebudayaan China. Kali ini ada tempat wisata yang suasananya mirip negeri ginseng, Korea Selatan. Para penggemar K-POP wajib datang ke sini. Orang-orang mengenal destinasi wisata Bandung satu ini dengan nama Kampung Korea Bandung. Di dalamnya banyak berdiri bangunan tradisional khas zaman kerajaan Korea.

Memang tampilannya tidak sepenuhnya sama seperti di negara aslinya. Namun setidaknya bisa menjadi alternatif tempat wisata bagi wisatawan yang ingin pergi ke Korea tapi belum kesampaian. Saat mengunjungi Kampung Korea Bandung ada biaya tiket masuk yang harus Anda bayar. Pada hari biasa harganya Rp10.000 dan untuk akhir pekan sedikit mengalami kenaikan sebesar Rp15.000.

3. Kebun Strawberry Ciwidey

Bagi wisatawan yang punya hobi berkebun, mungkin Kebun Strawberry Ciwidey adalah wisata yang paling pas. Sejauh mata memandang Anda akan disuguhkan pemandangan tanaman strawberry yang siap panen. Wisatawan yang  datang ke tempat ini diperbolehkan memetik  buahnya langsung dari kebun. Tapi sebelumnya Anda harus izin dulu kepada petugasnya.

Sayangnya strawberry yang Anda petik itu tidak gratis. Nanti saat keluar dari kebun petugas akan meminta buahnya untuk ditimbang. Lalu Anda tinggal membayar dengan memberikan sejumlah uang. Sebagai saran saja jangan datang waktu musim penghujan. Lebih baik Anda berkunjung saat musim kemarau yang mana kualitas buah strawberry itu sedang bagus-bagusnya.

4. Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang adalah wisata alam paling eksotis di Bandung. Kawasan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menyendiri sementara waktu. Suasananya benar-benar sunyi sehingga Anda dapat bersantai tanpa adanya gangguan. Makin nikmat lagi dengan hadirnya pemandangan alam berupa pegunungan hijau dan luasnya perairan Situ Patenggang.

Selain bersantai, pengunjung juga bisa menjelajahi area danau menggunakan perahu air. Anda akan merasakan bagaimana kesejukan dan kejernihan Danau Situ Patenggang secara langsung. Lokasi danau ini masih satu wilayah dengan Kawah Putih Ciwidey, yaitu di Bandung Selatan. Jarak antara kedua wisata tersebut kurang lebih sekitar 7 kilometer. 

5. Stone Garden Padalarang

Belum banyak orang yang mengetahui wisata Stone Garden Padalarang ini. Sehingga penampakan alamnya masih tampak asri seperti tidak pernah terjamah oleh tangan manusia. Saat memasuki waktu senja akan ada fenomena matahari terbenam yang sangat indah. Bebatuan di sekitarnya seolah-olah seperti mengeluarkan cahaya jingga keemasan. Padahal yang sebenarnya itu hanyalah pancaran sinar dari sang mentari.

Bebatuannya sendiri  terbentuk secara alami dan sudah ada sejak zaman purbakala. Maka tidak ada satupun orang yang bisa menyangkal bahwa wisata ini tak kalah indah dengan wisata luar negeri. Berhati-hatilah saat menapaki jalan di Stone Garden Padalarang. Di sini medannya agak terjal dan banyak kerikil-kerikil kecil yang  bisa melukai kaki Anda. Sebisa mungkin gunakan sepatu yang alasnya tebal dan terasa nyaman begitu dipakai.

6. Fairy Garden by The Lodge

Bertemu peri di zaman modern ini bukanlah suatu khayalan lagi?. Pergilah ke Fairy Garden by The Lodge maka Anda bisa menemuinya secara langsung. Wisata di Bandung ini merupakan taman bermain yang mengusung konsep ala negeri dongeng. Berdiri diatas lahan seluas 2 hektar dengan fasilitas taman yang begitu cantik. Diantaranya ada taman peri bunga, peri hutan, peri masak, dan peri air.

Bisa dibilang Fairy Garden Lodge adalah tempat wisatanya anak-anak. Di sini banyak aktivitas menarik dan edukatif yang bisa dimainkan si kecil. Misalnya menggambar, menonton teater boneka, dan mewarnai. Ada pula kegiatan berkebun dengan menanam tanaman kaktus. Tapi untuk yang satu ini perlu pendampingan orang dewasa. Bila liburan sekolah tiba tidak ada salahnya mengajak si kecil bersenang-senang di wisata ini.

7. Lembang Wonderland

Dan tempat wisata Bandung terakhir ada Lembang Wonderland yang konsepnya sama seperti Fairy Garden by The Lodge. Yaitu bertemakan negeri dongeng yang banyak dipenuhi berbagai hal ajaib. Dibandingkan yang sebelumnya wisata ini jauh lebih lengkap.  Pengunjung akan dibuat takjub dengan kehadiran jembatan permen, negeri salju, hingga es krim raksasa. Semua fasilitas tersebut bisa Anda gunakan sebagai objek foto.

Harga tiket masuknya pun juga lumayan terjangkau. Anda hanya perlu membayar satu kali saja. Namun jika ingin mencoba wahana permainan harus membayar biaya tambahan. Lokasi wisata ini berada di Jalan Raya Lembang No.177, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Buka setiap hari pada Pukul 10.00 – 20.00 WIB untuk weekday dan 09.00 – 20.00 WIB khusus weekend.

Kesimpulan

Semoga wisata Bandung di atas bisa menjadi referensi liburan domestik Anda bersama keluarga. Sebaiknya, sebelum berangkat pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit dan bugar. Karena waktu tempuh perjalanannya terkadang cukup lama dan lumayan menguras energi. Liburan memang penting, tetapi yang paling utama adalah menjaga kesehatan Anda terlebih dahulu.

(FR – Indri)

Scroll to Top