SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

5 Wisata Gunung Di Malang  Paling Populer Di Kalangan Turis

Bagikan:

AshefaNews – Pesona Malang memang tidak henti-hentinya memikat para pelancong untuk datang. Udara  sejuk, keindahan alam  memesona, serta masyarakat yang ramah akan membuat siapa pun betah berlama-lama. Belum lagi pariwisatanya yang selalu memanjakan mata para pengunjung. Salah satunya ada wisata gunung di Malang yang sudah terkenal seantero Nusantara.

Selama ini ironisnya para turis hanya mengenal Gunung Bromo jika datang ke Malang. Padahal yang sebenarnya objek wisata tersebut tidak berada di  Malang. Melainkan menjadi bagian dari wilayah Probolinggo, Jawa Timur. Masih banyak tempat wisata gunung di Malang yang tak kalah indah dari Gunung Bromo. Bahkan beberapa diantara-Nya memiliki kondisi alam yang masih asri dan jarang tersentuh tangan manusia.

Bisa dibilang wisata gunung di Malang adalah harta karun tersembunyi yang akan memberi kejutan kepada para turis. Terutama turis asing yang hobi mengeksplor tempat-tempat wisata di Indonesia. Maka Anda jangan heran jikalau berlibur nantinya banyak  menemukan bule di sekitar area wisatanya.  Sebab orang-orang luar sangat menyukai alam Indonesia yang eksotis dan berhawa sejuk.

Daftar Wisata Gunung Di Malang Paling Populer

Tidak hanya pantai yang menjadi primadona warga Malang untuk menghabiskan liburan akhir pekan. Gunung juga menjadi wisata alam Malang terfavorit selama kurun waktu tiga tahun terakhir. Apalagi setelah pandemi  mereda, banyak orang berlomba-lomba mencari tempat rekreasi setelah sekian lama tidak bisa keluar rumah. Berikut beberapa rekomendasi wisata gunung di Malang yang bisa Anda kunjungi.

Gunung Semeru

Kepopuleran Gunung Semeru tidak perlu Anda ragukan lagi. Namanya sendiri sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Terlebih lagi saat dijadikan lokasi syuting film 5 cm yang rilis pada tahun 2012 lalu. Alhasil, banyak  turis lokal maupun mancanegara  tertarik untuk mengunjungi wisata malang ini. Bagi Anda seorang pemula sebaiknya menyewa jasa pemandu supaya perjalanan menjadi lebih mudah.

Letak Gunung Semeru berada pada ketinggian 3.676 meter di atas permukaan air laut. Warga sekitar biasa menyebutnya dengan sebutan Mahameru. Sebuah gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa. Ukurannya sangat besar dan menjulang tinggi hingga ke atas langit. Menurut para pendaki pemandangan  di atas  puncak terlihat begitu mengagumkan. Sensasinya seperti tengah berdiri di negeri atas awan.

Di atasnya pula Anda bisa melihat keindahan Danau Ranu Kumbolo yang merupakan lokasi camping para pendaki. Area sekitarnya banyak dikelilingi perbukitan hijau yang terletak pada ketinggian 2.400 meter di atas permukaan air laut.  Saat menjelang sore akan tampak fenomena sunset  yang sangat mengagumkan. Sinar matahari berwarna kuning keemasan bisa terlihat jelas dari atas langit kebiru-biruan.

Untuk menuju Gunung Semeru Anda harus pergi ke arah timur menuju Pasar Tumpang yang ada di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Begitu sampai Anda bisa menyewa mobil jeep untuk menuju Desa Ranu Pane. Sebuah lokasi yang dijadikan  tempat peristirahatan sebelum para pendaki melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

Gunung Arjuno

Wisata gunung di Malang selanjutnya ada Gunung Arjuno yang letaknya ada di ketinggian 3.339 meter di atas permukaan air laut. Gunung ini merupakan gunung tertinggi nomor tiga setelah Semeru dan Raung. Dan termasuk Gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang. Bagi Anda yang ingin mendaki harap berhati-hati dan selalu ikuti arahan petugas.

Puncak Gunung Arjuno menawarkan pemandangan alam yang sama indahnya seperti Gunung Semeru. Di mana akan terlihat sekumpulan  awan putih yang menari-nari mengikuti embusan angin. Suasananya begitu sunyi sehingga sangat cocok sebagai tempat bersantai untuk mengistirahatkan badan sejenak setelah pendakian panjang. 

Dahulunya di puncak Arjuno  terdapat sebuah batu besar. Lokasinya tepat ada di dekat bibir kawah. Menurut kabar burung dari warga setempat,  batu itu akan bergoyang saat angin tengah berembus. Entah itu benar atau tidak belum ada yang tahu hingga sekarang. Tetapi yang jelas dari fenomena tersebut puncak Gunung Semeru mendapat julukan Puncak Ogal-agil. 

Gunung Arjuno sendiri memiliki tiga jalur pendakian yang bisa dipilih para pendaki. Terdiri dari Jalur Tretes, Batu, dan Lawang. Dari ketiganya yang sering dilalui pendaki adalah Jalur Tretes. Karena jika melewati jalur tersebut bisa sekalian melanjutkan pendakian ke Gunung Welirang. Selain itu tersedia pula sumber air melimpah yang bisa dimanfaatkan pendaki untuk air minum selama perjalanan.

Gunung Panderman

Nama Gunung Panderman sendiri diambil dari Bahasa Jawa yaitu “Dermo”. Yang mana dalam Bahasa Indonesia artinya “sekedar”. Pada zaman dahulu area ini sering dijadikan tempat pertapaan atau semedi bagi warga sekitar. Namun sekarang sudah beralih fungsi menjadi tempat pendakian untuk para pendaki pemula. Lokasinya tepat  berada di Kota Batu, Jawa Timur.

Wisata gunung di Malang ini termasuk gugusan pegunungan Kawi yang populer di kalangan wisatawan. Terletak pada ketinggian 2.045 mdpl membuatnya memiliki pemandangan alam yang begitu menawan. Untuk sampai ke  puncak para pendaki membutuhkan waktu kira-kira antara 3-4 jam. Masing-masing pendaki bisa berbeda tergantung kekuatan mental dan fisiknya.

Akses jalan menuju puncak lumayan curam dan banyak dipenuhi bebatuan terjal. Pengunjung harus melewati jalanan menanjak dengan kemiringan 45 derajat. Memang sedikit melelahkan dan butuh perjuangan keras. Tetapi itu sepadan dengan keindahan alam yang akan Anda dapatkan begitu sampai di puncaknya.

Di atas puncak pengunjung bisa duduk santai sambil menikmati keindahan langit sore yang menampilkan matahari terbenam dari arah barat. Terlebih udara di sekitarnya berhawa sejuk dan banyak ditumbuhi rerumputan liar. Di sini pula terkenal dengan sekumpulan kera liar yang sering menjarah barang bawaan para pendaki. Jadi usahakan jangan membawa barang yang bisa menarik perhatian kera.

Gunung Kelud

Jangan lewatkan juga mengunjungi Gunung Kelud yang penuh dengan cerita misteri. Salah satunya ada jalanan aneh yang bisa membuat kendaraan berjalan sendiri. Padahal di dalamnya tidak ada satupun orang yang mengemudi. Entah apa penyebab itu masih menjadi misteri yang belum terpecahkan sampai saat ini.

Keunikan lain dari wisata gunung di Malang satu ini adalah adanya kubah lava yang muncul dari danau kawah. Fenomena ini disebabkan letusan Gunung Kelud yang terjadi pada tahun 2007 lalu. Terdapat pula sebuah terowongan aneh dan tiga jalur pendakian dengan tingkat kesulitan berbeda-beda.

Gunung Kelud merupakan  wisata alam Jawa timur yang dikelilingi tiga wilayah penting,  yaitu Kediri, Blitar, dan Malang.  Tepatnya beralamatkan di Jalan Kelud Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Lokasinya berada pada ketinggian 1.731 meter di atas permukaan air laut dengan menyuguhkan pemandangan alam luar biasa indah. 

Gunung Welirang

Wisata Gunung Welirang mungkin  masih asing bagi sebagian orang. Tetapi sudah banyak para pendaki profesional yang menaklukkan wisata gunung di Malang  ini. Karena lokasinya sendiri masih satu kawasan dengan Gunung Arjuno. Maka tak jarang ada wisatawan yang mendaki dua gunung itu sekaligus. Anda harus waspada saat mendaki karena Gunung Welirang termasuk Gunung Berapi aktif.

Ada satu hal menarik dari Gunung Welirang yang tidak ada di wisata lainnya. Di mana wisatawan akan menjumpai segerombolan warga yang tengah menambah belerang. Perlu Anda ketahui, bahwasanya sebagian besar masyarakat sekitar menggantungkan hidupnya sebagai seorang penambang belerang. 

Para penambang itu rela naik turun gunung untuk membawa belerang ke shelter pondokan yang merupakan tempat tinggal sementara. Dan selanjutnya akan diangkut oleh mobil Jeep menuju tempat pengolahan berikutnya. Apabila Anda berpapasan dengan sekumpulan para penambang sebaiknya berikan jalan untuk mereka. Mengingat tangannya membawa beban belerang yang sangat berat.

Lokasi Gunung Welirang dikelilingi oleh tiga wilayah. Di antaranya ada Kota Batu, Pasuruan, dan Mojokerto. Dari ketinggian 3.156 meter terlihat keindahan langit biru berhiaskan awan putih yang dilengkapi deretan perbukitan hijau pada bagian bawahnya. Salah satu tanaman yang tumbuh di wisata ini adalah manisrejo.

Terkadang liburan memang  dibutuhkan untuk merilekskan pikiran dari aktivitas pekerjaan. Selain menghilangkan stres, dapat juga membersihkan otak dari pikiran-pikiran negatif. Semua itu bisa terwujud jika Anda berada di tempat yang tenang. Maka daftar wisata gunung di Malang tadi adalah tempat yang paling pas. Areanya memiliki panorama serba hijau dan  tidak ada suara bising sama sekali.

(GE – Indri)

Scroll to Top