SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Rekomendasi 5 Wisata Wonosobo yang Sering Dikunjungi Turis Asing

Bagikan:

AshefaNews – Selain Pulau Bali yang terkenal akan wisata alamnya yang memukau. Ternyata Provinsi lain di Indonesia seperti Jawa Tengah juga mempunyai objek wisata yang tak kalah menariknya. Salah satu yang mencuri perhatian turis asing adalah wisata Wonosobo. Pemandangan alamnya yang masih asri dan hawa sejuknya mampu membuat siapapun jatuh hati.

Kebanyakan orang mengenal wilayah ini karena adanya wisata domestik Dieng. Sebuah tempat yang menyuguhkan panorama alam langit kebiruan bagaikan negeri di atas awan. Wisata ini sudah termasyhur hingga ke seluruh penjuru dunia. Sayangnya semua orang hanya mengetahui Dieng saja. Padahal di Wonosobo masih banyak destinasi lainnya yang jauh lebih indah.

Tidak hanya berupa wisata alam saja. Di sini Anda juga bisa menemukan wisata sejarah, religi, kuliner, edukasi, dan masih banyak lagi. Apalagi semenjak penggunaan media sosial meningkat mulai  bermunculan destinasi baru. Tentunya dengan menawarkan spot-spot foto unik dan Instagramable. Kira-kira apa saja ya wisata baru di Wonosobo?. Kalau penasaran silakan simak ulasan lengkapnya pada keterangan berikut.

5 Wisata Wonosobo yang Sering Dikunjungi Turis Asing

Secara keseluruhan Wonosobo mempunyai pemandangan alam berupa pegunungan yang sangat megah. Dan sebagian besar wisata populernya terletak di sisi utara. Lebih tepatnya berada di daerah dataran tinggi Dieng. Lalu ada juga di sisi selatan, timur, dan barat. Pada intinya hampir setiap sudut wilayahnya menyimpan berbagai macam destinasi wisata dengan konsep yang berbeda-beda. Misalnya saja seperti kumpulan wisata Wonosobo berikut.

Batu Angkruk

Wisata Wonosobo Batu Angkruk termasuk destinasi populer di Jawa Tengah yang sering mendapatkan kunjungan turis asing. Alamat lengkapnya berada di Jalan Dieng, Desa Tieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. Berangkatlah lebih pagi agar terhindar dari macetnya jalan raya. Pihak pengelola sudah membuka wisata ini mulai Pukul 04.30 hingga Pukul 19.00 WIB. Harga tiket masuknya sebesar Rp15.000 per orang.

Kalau dilihat dari penampilannya, Batu Angkruk lebih cocok disebut sebagai taman foto. Karena di dalamnya banyak tersedia wahana spot foto  lucu sekaligus instagenic. Salah satunya ada kereta kuda seperti di dongeng Cinderella. Tapi ini bukan sungguhan dan hanya replika saja. Fungsinya hanya sebagai objek foto atau tempat bersantai. 

Posisinya yang berada pada ketinggian membuat pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Prau dan Sindoro dari jauh. Tentunya bisa menjadi pelengkap latar belakang foto supaya hasilnya nanti lebih bagus. Dari sini pula Anda bisa menikmati fenomena matahari terbenam saat memasuki waktu senja. Banyak yang bilang bahwa Batu Angkruk adalah tempat terbaik untuk melihat sunset maupun sunrise.

Telaga Badakah

Objek wisata Wonosobo satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Tetapi namanya sudah dikenal luas oleh masyarakat Jawa Tengah. Nama tempat wisatanya tidak lain adalah Telaga Badakah. Untuk mencari lokasinya sangat mudah karena alamatnya ada di Dusun Badakah, Desa Tlogomulyo, Kec. Kretek, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. Wisatawan bisa datang ke sini antara Pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB. 

Jika ingin memasuki area wisatanya harus membeli tiket terlebih dahulu seharga Rp5.000. Dengan harga yang murah itu pengunjung sudah bisa menikmati panorama alamnya yang mempesona serta beberapa fasilitasnya. Telaga Badakah adalah objek wisata alam yang sangat pas dijadikan tempat bersantai. Hamparan air yang jernih, pepohonan hijau nan rindang, serta udara sejuk serasa mampu merilekskan tubuh dan pikiran.

Terlebih ada pemandangan Gunung Sindoro dan Kembang yang semakin mempercantik pemandangan alamnya. Sehingga siapapun pasti akan betah berlama-lama berdiam diri di sana dan enggan untuk pergi. Kalau semisal satu hari belum cukup Anda bisa menginap selama satu malam. Pihak pengelola sudah menyediakan area khusus bagi pengunjung yang ingin camping.

Gunung Lanang Mergolangu

Wisata Wonosobo selain Dieng ada  Gunung Lanang Mergolangu yang berada di Desa Mergolangu, Kec. Kalibawang, Kab. Wonosobo. Mulai buka jam 6 pagi dan tutup jam 8 malam. Dan harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu Rp5.000 per orang. Wisata ini menawarkan berbagai macam aktivitas seru sekaligus menantang. Bagi Anda yang suka tantangan wajib mengunjungi Gunung Lanang Mergolangu ini.

Berada pada ketinggian 1.100 mdpl membuat Gunung ini masih cukup aman untuk kegiatan pendakian. Namun mencapai puncaknya bukanlah sesuatu yang mudah. Anda harus melewati medan yang sedikit terjal dan dipenuhi bebatuan kecil. Sebelum mendaki pastikan kondisi badan Anda dalam keadaan fit dan bugar. Karena perjalanannya lumayan lama dan tentunya banyak menguras energi.

Kalau Anda kelelahan sebaiknya istirahatkan diri sejenak dengan meluangkan waktu berburu spot foto keren. Mengingat wisata ini memiliki sejumlah background pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Misalnya panorama sunset atau sunrise, pepohonan rindang, dan deretan pegunungan hijau. Memang perjalanannya sedikit sulit, tapi semua itu akan terbayarkan begitu Anda sampai di puncak gunungnya.

Kebun Teh Tambi

Apabila Anda bosan dengan nuansa alam pegunungan mungkin alternatifnya bisa liburan ke Kebun Teh Tambi. Wisata yang mengusung konsep agrowisata ini berlokasi di Desa Tambi, Kec. Kejajar, Wonosobo. Untuk jam operasionalnya mulai Pukul 07.30 hingga 17.00 WIB. Tidak perlu khawatir soal tiket masuknya karena harganya sangat ramah di kantong. Wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp10.000 untuk membeli satu tiket.

Kebun Teh Tambi menyuguhkan pemandangan alam khas perkebunan yang dipenuhi tanaman teh hijau. Udara di sekitarnya masih tergolong sejuk dan jauh dari asap kendaraan bermotor. Maka jangan heran jika tempat ini menjadi wisata favorit turis asing yang ingin bersantai. Hal tersebut dikarenakan suasananya yang sunyi mampu memberikan ketenangan dan kedamaian.

Jika ingin melihat area perkebunan secara keseluruhan bisa naik ke menara pandang. Spot ini merupakan tempat terbaik untuk mengambil foto dengan latar belakang perkebunan teh. Sebelum pulang jangan lupa mampir ke warung makan yang ada di sekitar perkebunan untuk menyeruput secangkir kopi hangat.  Tempatnya yang nyaman membuat wisatawan merasa betah duduk berlama-lama sambil nongkrong bersama pengunjung lainnya.

Curug Sikarim

Bila sudah mengunjungi wisata gunung, telaga, perkebunan, dan perbukitan. Tidak lengkap rasanya jika belum melihat air terjunnya. Perlu Anda ketahui, bahwa  Wonosobo juga terkenal akan wisata air terjunnya yang mempesona. Salah satunya ada Curug Sikarim yang beralamatkan di Desa Mlandi, Kec. Garung, Wonosobo, Jawa Tengah. Wisatawan bisa berkunjung setiap hari dengan jam operasional yang telah ditentukan pihak pengelola.

Curug Sikarim buka pukul 07.00 – 17.00 WIB di Hari Selasa hingga Jumat. Sementara untuk Hari Sabtu – Senin buka selama 24 jam penuh. Wisata air terjun ini merupakan yang tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian kurang lebih sekitar 125 meter. Bahkan sangking terlalu tinggi bagian atasnya sering tertutup kabut tebal. Inilah yang menjadi daya tarik utama dari wisata air terjun ini.

Aliran airnya mengalir pada sebuah tebing bebatuan yang sangat curam. Yang mana sekelilingnya banyak dipenuhi tanaman lumut dan rerumputan hijau. Jika ingin melihat dari jarak dekat wisatawan harus menaiki bebatuan besar yang  terjal. Harap berhati-hati karena areanya sedikit licin dan basah. Begitu sampai di atas Anda harus siap merasakan suhu dingin yang begitu menusuk dan terkena cipratan air terjunnya.

Itulah beberapa wisata Wonosobo yang sering dikunjungi turis asing dari berbagai negara. Nama-nama wisata tersebut mungkin tak sepopuler Dieng karena lokasinya yang memang agak tersembunyi. Namun hal itulah yang menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Karena area yang jarang terjamah tangan manusia pasti memiliki pemandangan alam yang masih asri dan alami.

(GE – Indri)

Scroll to Top