SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Tempat Makan di Solo yang Nyaman untuk Keluarga

Bagikan:

AshefaNews – Ingin cari tempat makan yang nyaman tapi tak tahu di mana? Apalagi saat ini Anda sedang berada di kota yang dijuluki dengan sebutan “The Spirit of Java”. Kalau begitu, jangan khawatir lagi, sebab kami sudah menyiapkan beberapa daftar tempat makan di Solo yang memang wajib untuk Anda datangi bersama keluarga.

Kita semua pun pastinya sudah tahu kalau Solo sebagai salah satu kota yang difavoritkan banyak orang untuk liburan memang punya banyak ciri khas. Entah dalam segi destinasi wisatanya baik itu wisata alam maupun  wisata sejarah yang memukau dan memanjakan mata. Hingga pada tempat makan di Solo yang  sajian kulinernya menggugah selera.

Meskipun memang ada banyak sekali tempat makan di Solo yang enak dan nyaman untuk keluarga, hanya saja kami akan membahas 9 tempatnya dahulu untuk Anda cicipi. Lantas dimana sajakah suguhan kuliner ini berada? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

9 Tempat Makan di Solo yang Nyaman untuk Keluarga

Berikut ini kami sajikan daftar tempat makan di Solo terbaik yang pasti menggugah selera, yaitu:

Selat Solo Mbak Lies

Sebelum pergi ke Solo, apa Anda sudah pernah mendengar desas-desus kenikmatan Selat Solo? Tenang bukan selat perairan kok. Maksudnya adalah makanan yang terbuat dari olahan daging potong. Lalu dicampur dengan sayuran seperti buncis, kentang dan wortel. Biasanya kuliner yang satu ini akan disantap bersamaan dengan kuah kental bercita rasa manis asin.

Nah, kalau tertarik mencicipi sedapnya kuah kaldu tersebut, Anda bisa menemukannya di Kota Solo ini loh. Sebab salah satu tempat makan di Solo yang punya menu ini dan sangat populer ialah warung milik Mbak Lies. Warung ini terletak di daerah Jalan Veteran Gang Yudistira Serengan. Dijamin rasanya yang nendang akan bikin nampol.

Soto Gading Alun – Alun Selatan

Habis jalan-jalan di sekitar Alun-Alun Selatan Keraton Solo rasanya tak baik jika melewatkan tempat kuliner yang satu ini. Apalagi kalau bukan Soto Gading. Saat jalan ke alun-alun, Anda mesti mampir ke sana juga. Sebab dari sekian banyak warung soto, Soto Gading Alun-alun Selatan inilah yang paling populer. 

Sebagai tempat makan di Solo hits pastinya warung Soto Gading tak akan memberikan menu yang mengecewakan. Terlebih lagi kalau pesan sotonya. Di sini Anda akan mendapatkan seporsi nasi bersama temannya yakni soun yang di atasnya ditaburi suwiran ayam. Lalu disiram kuah bening yang kaya rempah. 

Timlo Sastro

Nah, buat kalian yang tidak suka ribet saat mencari makanan, mungkin kuliner ketiga ini bisa jadi solusi terbaik. Telah jadi kuliner khas Solo—kini sajian Timlo dapat Anda jumpai di mana saja. Baik itu di warung pinggir jalan maupun restoran yang ada di sekitar Solo, yang jelas sih kudapan ini patut dicicipi.

Jika tertarik untuk mencobanya, Anda bisa mengunjungi Timlo Sastro. Telah berdiri sejak tahun 1952, Timlo Sastro termasuk warung legendaris yang masih eksis sampai kini. Sebenarnya Timlo merupakan makanan yang berupa sup kaldu ayam. Namun isinya ada banyak, terdiri daru daging ayam, sosis, kentang, wortel, dan ati ampela. Apalagi makin nikmat kalau pakai kerupuk kulit.

Bale Padi Resto

Tempat makan di Solo untuk keluarga yang keempat adalah Bale Padi Resto. Di sini Anda bisa menikmati angin yang berhembus sejuk sehingga membuat suasana kumpul keluarga jadi adem. Terkenal dengan kulinernya yang mantap dan jadi favorit banyak orang. Anda bisa mendatangi lokasinya di Jalan Kadilangu Baki Pandeyan. 

Lantas, memangnya apa yang membuat mereka suka makan disini? Salah satu alasannya adalah karena sistemnya menarik dimana menu makan pagi dan malamnya berbeda. Jika pada pagi sampai sore kita menemukan lauk gulai kakap, tahu tumis, dan empal gepuk. Maka hanya akan ada olahan seafood saja di malam harinya nanti.

Es Dawet Telasih Milik Bu Dermi

Tempat makan di Solo yang selanjutnya berhubungan dengan yang segar dan manis. Apalagi kalau bukan es dawet telasih milik Bu Dermi. Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar lima ribu rupiah saja Anda sudah bisa menaklukan panasnya Kota Solo dengan kesegaran es dawet. Isian yang ada dalam es dawet Bu Dermi terdiri dari cendol, selasih, bubur sumsum, tape dan ketan hitam.

Es Gempol Pleret

Nah, kalau bosan minum es dawet mungkin sudah saatnya mencicipi jenis es lain yang tak kalah enak. Ya, namanya adalah es gempol pleret. Sayangnya tak banyak orang yang menjual es ini di Solo. Namun, untungnya Anda masih bisa menjumpai es tersebut di warung es gempol pleret Pak Suhar. Lokasi warung tersebut berada di Jalan Dr. Wahidin

Tapi, sebenarnya es gempol itu apa sih? Untuk gempolnya sendiri biasanya dibuat dari adonan tepung beras yang nanti dibulatkan dan dipipihkan. Sementara bahan pleret sendiri sama dari tepun beras tetapi dicampur dengan gula jawa. Kedua macam isian ini nantinya dicampur lalu disiram dengan kuah es yang lezat.

Nasi Liwet

Sangat terkenal di penjuru Indonesia, siapa sih yang tak tahu kuliner nusantara yang berupa nasi liwet? Termasuk salah satu kuliner khas Kota Keraton, rasanya tak lengkap bila belum mencoba nasi liwet yang dibuat di kota asalnya. 

Seperti yang kita tahu umumnya nasi liwet berisi nasi putih gurih yang disajikan bersama ayam suwir, telur rebus, juga labu. Ini adalah makanan favorit bagi masyarakat Solo loh! Nah tempat makan di Solo yang punya menu ini adalah Warung Nasi Liwet Wongso Lemu. Warung ini masih populer sampai sekarang sejak didirikan dari tahun 1950.

Tahu Kupat Pak Brewok

Makanan tahu kupat sudah banyak kita jumpai di kota lain. Namun, tahu kupat ini punya cita rasa khas yang hanya bisa kita temukan di tempat Tahu Kupat Pak Brewok. Lokasi warung ini sendiri berada di Jalan R.M Said. Di mana isian tahu kupat tersebut terdiri dari tahu goreng, kol, toge, dan mie. Setelah itu akan disiram dengan kuah kecap air bawang.

Sate Kere Yu Rebi

Nah, rekomendasi tempat makan di Solo terakhir, kita akan membahas dunia sate. Jadi, jika suka Sate ada baiknya datang ke Sate Kere Yu Rebi usai berjalan jauh. Namun, ada hal unik yang membuat sate tersebut jadi rebutan. Yakni karena satenya terbuat dari jeroan sapi yang dijual dengan harga ramah kantong. Tak lupa pula dilengkapi dengan bumbu kacang sekaligus lontongnya.

Demikianlah pembahasan mengenai tempat makan di Solo yang wajib Anda datangi bersama keluarga usai berjalan-jalan ke tempat wisata Solo. Mulai dari masakan berkuah yang kaya rempah sampai minuman dingin yang segar dan manis. Semoga saja artikel ini bermanfaat, ya!

(GE – NS)

Scroll to Top