Rekomendasi Maknyus Menu Makanan Enak di Medan

Bagikan:

AshefaNews – Tidak berlebihan jika menjuluki Medan adalah surganya kuliner di tanah air. Bersama beragamnya etnis dan suku di Medan, kuliner di sana  juga ikut bervariasi. Mulai hidangan Tionghoa hingga menu Nusantara dan juga Timur Tengah dapat dijumpai di Medan. 

Bagi wisatawan, utamanya yang datang dari luar Medan, tentu kesulitan menemukan tempat yang menjual makanan enak di Medan. Agar tak salah pilih, berikut daftar rekomendasinya.

Bakmi Hock Seng

Buka dari tahun 1932, dapat dikatakan jika Bakmi Hock Seng merupakan pilihan legendaris menu bakmie di sana. Buka di dua tempat yaitu di Jalan Gwangju dan di Cemara Asri. Citarasa menu kedua kedai bakmi itu tidak begitu berbeda sebab dihasilkan dari resep turun temurun yang sama. Melayani pembeli mulai dari jam 06.30 pagi dan tutup jam 13.00. Ketika ke Medan, sempatkan untuk mencicipi bagaimana sedapnya bakmi yang satu ini.

RM Soto Sinar Pagi

Apabila pelancong ingin menikmati soto ketika lagi ada di Medan, segera saja meluncur ke RM Soto Sinar Pagi. Tempat makan tersebut buka semenjak tahun 1960an yang menjual pilihan soto sapi dan soto ayam. Untuk harganya Rp 45.000 per porsi yang akan mendapatkan nasi putih, soto daging, ditambah lauk perkedel. RM Soto Sinar Pagi berada di Jl Sei Deli, Silalas, Medan. Melayani pembeli tiap hari dari jam 7 pagi dan baru tutup am  14.30.

Sate Memeng

Sajian makanan enak di Medan ini buka dari tahun 1950 yang sekarang sudah ditangani keturunan ke-4. Restoran ini menyediakan menu sate daging sapi maupun kambing dengan olahan khas Madura.  Menu di tempat ini terhitung cukup bervariasi. Misalnya sate kuah kacang, sate dengan bumbu kecap, sampai sate dengan kuah padang. Sate memeng biasanya dijual Rp 50.000 untuk satu porsinya. Pengunjung pun bisa memilih lontong sebagai pengganti nasi. Sate Memeng berada di Jl. Irian Barat No 2, Gang Buntu Medan. Restoran ini buka tiap hari dari jam 16.30 dan tutup tengah malam.

Mie Aceh Titi Bobrok

Rumah makan mi aceh ini tersohor dengan menu Mie Aceh Kepiting serta Mie Aceh Udang. Menu mi acehnya disajikan dengan 3 pilihan meliputi mie yang digoreng sampai kering, mi basah yang masih menyisakan sedikit kuah, dan mi kuah. Banderol yang ditawarkan beragam sesuai pilihan mi mulai Rp 25.000 untuk atu porsinya. Kelengkapan Mie Aceh ini adalah potongan daging, ditambah kerupuk emping. Berada di Jl. Setia Budi No 17C Medan. Restoran ini mulai buka jam 11.00 dan tutup jam 10 malam tiap hari. Sedangkan untuk Jumat buka dari jam 2 siang.

RM Tabona

RM Tabona sudah ada sedari tahun 1982 atau 40 tahun silam. Tabona sendiri adalah kata Batak yang artinya “Enak sekali”. Sebagian menu favorit di rumah makan ini seperti Kari Ayam Kampung serta Kari Daging Sapi. Menu yang kerap dipesan pengunjung yaitu Kari Ayam Kampung. Di samping menyediakan kari, kedai ini pun menawarkan mi ayam khas Medan. Harga menu makanan enak di Medan ini bervariasi  mulai Rp 24.000 saja. RM Tabona berlokasi di Jl Mangkubumi nomor. 17 Medan. Melayani sehari-hari dari jam 06:30 pagi dan setengah lima sore sudah tutup.

Ucok Durian

Ucok Durian adalah pilihan menu makanan enak di Medan yang dicari para pelancong. Ucok Durian yang berlokasi di Jl Wahid Hasyim No 30 – 32 sudah ada  semenjak 28 tahun silam. Hal unik dari restoran ini yaitu jargonnya “Belum ke Medan kalau tidak mampir ke Ucok Durian”. Restoran yang rajin dikunjungi penggemar durian ini buka sehari-hari tanpa pernah tutup. Menu utamanya pastinya durian yang harganya bervariasi. Ketika bertandang ke sana, pelancong boleh memilih ingin menyantap durian langsung di situ atau dibawa pulang. Pengunjung pun boleh memesan durian untuk buah tangan.

Pokat Kocok Buk Iyah

Telah ada semenjak tahun 1968, Pokat Kocok Buk Iyah pun populer dengan nama Pokat Kocok Glugur. Penjual makanan enak di Medan ini berlokasi di Jl. KL Yos Sudarso No 21K, Simpang Glugur. Pokat kocok yang ditawarkan yaitu daging buah alpukat, lalu dikocok dalam gelas. Selanjutnya, gelas itu ditambahkan susu, santan kelapa, gula aren, kemudian disiram es salju. Menu ini dijual Rp 15.000 per gelas. Pokat Kocok Buk Iyah dapat dipesan tiap hari dari jam 11 siang dan tutup jam 10 malam.

Kedai Kopi Apek

Berada di persimpangan Pasar Hindu, Jl Hindu No 110, Kedai Kopi Apek adalah kuliner legendaris tertua. Karena, kedai kopi ini telah ada semenjak tahun 1923. Kedai Kopi Apek saat ini ditangani keturunan ke-3 yaitu Thia Tjo Lie. Citarasa kopi yang dijual di sana memang sedap sekali. Untuk satu gelas kopi hanya Rp 10.000 saja dan pengunjung sudah bisa nongkrong berlama-lama sembari menikmati kopi dan berbagai jenis cemilan yang ada.

Soto Kesawan

Menu makanan enak di Medan ini  berada di Jl. Ahmad Yani Medan. Restoran ini telah ada semenjak tahun 1950an. Harga menu yang ditawarkan cukup bervariasi. Misalnya soto ayam, soto daging sapi atau soto jeroan sapi dihargai dari Rp 23.000. Sedangkan soto udang harganya Rp 28.000. Pelancong yang ingin menikmati kuliner menyegarkan sekaligus mengenyangkan, segera saja meluncur ke Soto Kesawan.

Bihun Bebek Asie Kumango

Restoran ini telah ada sedari tahun 1930an. Tempatnya ada di Jl Kumango No 15. Sebagaimana nama yang digunakan, Bihun Bebek Asie Kumango menawarkan bermacam macam menu berbahan utama bihun dan daging bebek. Termasuk menunya yakni bihun ditambah siraman kaldu bebek, daging bebek suwir, lalu ditaburkan bawang putih goring yang menambah kesedapan hidangannya. Harga 1 porsi Bihun Bebek sekitar Rp 80.000an.

Lontong Kak Lin

Bila pelancong lagi ingin menikmati lontong sayur ketika ada di kawasan Medan Barat, sempatkan untuk mengunjungi warung makan Lontong Kak Lin. Telah ada semenjak tahun 1990an, kedai makan ini berada di Jl Teuku Cik Ditiro No 8m. Untuk harga menu makanan enak di Medan ini  dibanderol Rp 15.000 satu porsi. Pendukung menunya terdiri dari irisan lontong, mi goreng, kuah taucho, kuah nangka, ditambah kerupuk merah. Lontong Kak Lin pun menyediakan Nasi Gurih yang mempunyai beragam varian lauk pelengkap. Satu porsi lontong ditawarkan lebih dari Rp 17.000.

Mie Balap Mail

Menu dengan nama unik ini berisi bihun atau kwetiau, seafood, ditambah telur yang pas dilahap sebagai menu makan pagi. Diantara destinasi yang dapat pengunjung datangi apabila ingin mencicipi makanan ini adalah Mie Balap Mail. Pengunjung dapat meluncur ke Jalan Krakatau untuk menikmati menu makanan enak di Medan ini. Untuk banderol harganya dijamin sangat bersahabat dengan kebanyakan keuangan konsumen.

(GE – HKM)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top