SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Rekomendasi Makanan Enak di Jogja yang Murah

Bagikan:

AshefaNews – Sedang mencari rekomendasi makanan enak di Jogja, namun tetap ramah di kantong? Jika demikian, simak artikel ini sampai habis. Disini akan membahas tentang berikut kuliner di Jogja yang bisa Anda coba jika berkunjung ke sana.

Jogja memang terkenal akan keindahan wisatanya. Tak mengherankan apabila banyak orang yang mengunjungi kota ini. Namun bukan hanya keindahan kotanya saja yang menarik banyak wisatawan, namun makanan enak di Jogja juga tidak boleh dilewatkan.

10 Rekomendasi Makanan Enak di Jogja 

Berikut ini terdapat 10 daftar rekomendasi makanan enak namun memiliki harga terjangkau yang bisa Anda temui di Jogja. Penasaran apa saja makanan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Oseng Mercon Bu Narti

Makanan enak di Jogja pertama yang bisa Anda coba adalah oseng mercon Bu Narti. Hidangan oseng mercon buatan Bu Narti ini sangat terkenal dan memiliki banyak pelanggan. Menyajikan oseng gajih, tulangan, dan kulit ayam yang dibumbui dengan cabai rawit. Bagi Anda penggemar kuliner pedas, oseng mercon Bu Narti pasti cocok dengan lidah Anda.

Untuk mencicipi oseng mercon Bu Narti yang enak ini, Anda bisa datang ke warungnya langsung di kawasan Ngampilan. Warung oseng mercon Bu Narti biasanya buka dari pukul 18.00 – 00.00 WIB. 

Namun sebaiknya Anda datang lebih awal, karena pada pukul 21.00 hidangan oseng mercon ini sudah habis. Untuk masalah harga, tak perlu khawatir, Anda hanya perlu merogoh kocek 15.000 rupiah untuk satu porsi oseng mercon yang pedas dan menggugah selera.

2. Soto Bathok Mbah Katro

Makanan enak di Jogja berikutnya adalah soto bathok Mbah Katro. Di sini, Anda akan menikmati sajian soto lezat yang disajikan dalam mangkuk kecil terbuat dari batok kelapa. Soto bathok bening ini sangat enak dan sangat cocok dinikmati sebagai menu sarapan pagi.

Tidak hanya Soto, Anda juga bisa menikmati bermacam lauk pauk yang disediakan. Mulai dari sate usus, telur puyuh, hingga tempe mendoan. Jika tertarik, Anda bisa datang ke warung soto bathok Mbah Katro di Candi Sambisari, Kalasan, Sleman. 

Untuk menikmati satu porsinya, Anda hanya perlu membayar Rp. 5.000 dan sudah bisa menikmati soto batok kelapa yang enak dan gurih.

3. Mie Ayam Bu Tumini

Rekomendasi kuliner Yogyakarta berikutnya yang tak kalah enaknya adalah mie ayam Bu Tumini. Konon, mie ayam ini merupakan mie ayam paling enak di Yogyakarta. Anda bisa menikmati seporsi mie ayam empuk dengan kuah dan campuran ayam gurih yang menggugah selera. 

Satu porsi mie ayam Bu Tumini bisa Anda dapatkan hanya dengan Rp 8.000. Bagi yang berminat bisa langsung datang ke warung mie ayam Bu tumini di Umbulharjo. Warung ini biasanya buka pada pukul 10.000 – 17.00 WIB.

4. Lumpia Samijaya

Lumpia Samijaya juga menjadi salah satu kuliner khas Jogja yang patut Anda coba. Jajanan lumpia samijaya ini juga terkenal dan digemari banyak masyarakat Jogja. Satu buah lumpia bisa didapatkan hanya dengan harga Rp 6.000 jadi Anda bisa membeli dalam jumlah banyak untuk dikonsumsi bersama teman dan keluarga.

5. Jenang 13 Rasa

Selanjutnya, makanan enak di Jogja yang tak kalah lezatnya adalah jenang 13 rasa. Di sini, Anda bisa menikmati kelembutan jajanan jenang tradisional yang sudah sulit ditemukan. 

Untuk menikmati satu porsinya, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 8.000. Satu porsi jenang ini berisi lima rasa yang berbeda. Bagi yang berminat silahkan datang ke warung jenang 13 rasa di daerah Sleman, tepatnya di sekitar Alun-alun Pemda Sleman. 

6. Gudeg Pawon 

Gudeg Pawon adalah salah satu warung gudeg paling terkenal di Yogyakarta. Berdiri sejak tahun 1958, warung ini memberikan pengalaman yang unik dan menarik bagi para pelanggannya, dimana Anda bisa melihat proses memasak di dapur secara langsung. 

Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi kawasan Umbulharjo. Warung ini biasanya buka dari jam 6 sore sampai jam 9 malam. Pengeluaran hanya 11.000 sampai Rp. 24.000 kamu sudah bisa menyantap seporsi nasi gudeg yang gurih dan nikmat.

7. Tengkleng Gajah

Meski namanya Tengkleng Gajah, bukan berarti warung tengkleng yang terletak di kawasan Bulurejo ini menggunakan daging gajah sebagai bahan utama menunya. Tengkleng Gajah tidak lain adalah tengkleng kambing muda yang disajikan dalam porsi besar, persis seperti gajah. 

Rasanya yang enak, dagingnya yang empuk dan porsinya yang jumbo membuat warung tengkleng ini ramai pengunjung, terutama pada jam makan siang dan makan malam. 

Selain tengkleng, ada juga berbagai menu olahan daging kambing lainnya yang sayang untuk dilewatkan, seperti tengkleng gajah goreng, sate kambing, dan nasi goreng. Tengkleng Gajah buka dari jam 9.00 – 21.00.

8. Ayam Geprek Bu Rum

Ayam geprek merupakan salah satu makanan enak di Jogja favorit banyak orang, terutama mahasiswa yang tinggal di Jogja. Hidangan ini terbuat dari ayam krispi yang ditumbuk kasar atau digeprek kasar dengan bumbu cabai, tomat, bawang putih dan terasi. 

Saat ini warung makan yang menyediakan ayam geprek sudah menjamur dimana-mana. Namun dari sekian banyak warung, Ayam Geprek Bu Rum menjadi salah satu warung yang paling banyak diminati. 

9. Gudeg Bromo

Jika Anda sedang berada di kawasan gang bromo dan mencari makanan enak terdekat, Gudeg Bromo atau lebih dikenal dengan Gudeg Bu Tekluk yang dirintis oleh Ibu Sukijo sejak tahun 1984 patut untuk dicoba.

Gudeg yang dekat dengan Gang Bromo, Gejayan ini menyediakan gudeg basah yang menggugah selera dengan didominasi rasa gurih dan pedas dari sambal krecek yang nikmat. 

Sebagai lauk tambahan, Anda dapat memilih suwiran ayam kampung, paha, dada, rempelo ati, telur, tempe, tahu bacem dan aneka gorengan lainnya. Jika gudeg lain menggunakan krecek kulit sapi sebagai bahan utama sambal kreceknya, Gudeg Bromo ini lebih memilih menggunakan kulit kerbau.

10. Sate Klathak Pak Bari

Makanan enak di Jogja yang terakhir adalah sate klathak, merupakan makanan enak khas Jogja. Sate yang ditusuk dengan jeruji sepeda berukuran besar ini menjadi sajian khas daerah Jogja Selatan, khususnya Bantul. Sate dengan potongan daging jumbo ini sebenarnya sudah dikenal sejak lama. 

Kini namanya melejit sejak menjadi setting film Ada Apa Dengan Cinta 2. Yang paling terkenal adalah Sate Pak Bari. Setiap traveler dari luar kota berlomba-lomba untuk mengunjunginya. Efeknya jelas, menimbulkan antrian yang panjang. Anda yang ingin mencoba sate di warung ini harus ekstra sabar. Karena waktu antrian bisa satu jam atau lebih.Itulah 10 makanan enak di Jogja rekomendasi kami yang patut Anda coba jika berkunjung ke kota pelajar ini. Namun jika belum familier dengan daerah Jogja , Anda bisa menggunakan Google maps dengan memasukkan kata kunci makanan enak dekat sini untuk menemukan rekomendasi makanan enak lainnya.

(GE – NS)

Scroll to Top