SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

11 Rekomendasi Makanan Enak di Malang Dan murah Meriah

Bagikan:

AshefaNews – Malang adalah diantara kota di propinsi Jawa Timur dengan beragam kuliner khas yang mempunyai citarasa asli. Bermacam makanan enak di Malang sering dijadikan destinasi para traveler yang berlibur untuk berekreasi. Di samping citarasa makanannya yang lezat, kuliner di Malang pun terkenal murah meriah, ramah di dompet.

Nasi Pecel Kawi

Kuliner asli pertama yang harus dicicipi kala wisatawan datang ke kota dengan julukan kota apel ini yaitu Pecel, khususnya Pecel Kawi. Menu ini adalah kombinasi dari sayur segar yang telah direbus setengah matang beserta bumbu kacang yang wangi. Biasanya, bumbu kacang itu dibuat dari kacang tanah yang telah disangrai kemudian dilumatkan beserta cabe, bawang putih, gula aren, air asam jawa, daun jeruk purut,  terasi, garam, kencur, dan juga jahe. Bermacam rempah asli Indonesia tersebut menjadikan citarasa pecel kawi pun kian otentik berupa perpaduan manis dan pedas. Menu makanan enak di Malang ini biasa dihidangkan dengan nasi hangat. Itulah yang membuat sebutan untuk menu ini adalah nasi pecel.

Rawon

Menu ini adalah hidangan wajib bagi para pelancong yang berlibur ke wilayah Jawa Timur, termasuk ke Malang. Tempat makan di Malang dengan menu Rawon antara lain Rawon Rampal Malang dan Rumah Makan Rawon Nguling. Menu ini disajikan berupa irisan daging sapi yang dimasak dan dikombinasikan dengan bahan yang lain diantaranya serai, daun jeruk, jahe, termasuk cabe yang akan memberikan aroma khas.

Diantara rempah yang merupakan inti masakan ini yaitu buah kluwek. Kombinasi aneka rempah tadi menghasilkan citarasa gurih sedikit asam dimana kuahnya dengan warna hitam pekat.

Bakwan Malang

Sebagaimana nama dari menu ini, bakwan Malang merupakan masakan khas Malang. Makanan enak di Malang ini mirip sajian bakso daging sapi atau ayam. Yang membuat beda makanan ini dibanding bakso kebanyakan yaitu ditambahkannya pelengkap berupa pangsit goreng atau diebut bakwan. Kendati tersusun dari aneka bahan yang biasa dan murah, namun bakwan malang mengkombinasikan selera khas nusantara yang menjadi favorit warga setempat dan juga pelancong dari luar daerah. Menu ini dipercaya bermula dari tradisi makanan Indonesia-China yang sudah turun temurun dari dahulu.

Orem-Orem

Adalah sajian khas Malang yang selalu dibeli para wisatawan saat berkunjung ke kota dengan hawa sejuk ini. Berlibur ke Malang tak lengkap bila tak mencoba masakan ini. Menu ini kurang lebih serupa dengan sayur lodeh yang dihidangkan bersama kuah santan. Yang membuat beda yaitu irisan tempe khas Malang yang ditambahkan. Orem-orem dihidangkan dengan potongan tempe khas Malang, taoge, termasuk ketupat. Menariknya, makanan enak di Malang ini diolah dengan dimasak menggunakan bara arang yang membuat aroma bumbu masakan ini tak hilang. Diantara rumah makan yang menyediakan menu unik ini yaitu warung Abah Syahri yang berlokasi di tepi Jalan Gatot Subroto Malang.

Nasi Kremikan

Menu ini sering dijadikan sebagai favorit pengunjung ketika menginginkan sarapan. Nasi kremikan berisi nasi putih, udang kering, suwiran empal soun, irisan mentimun ditambah kremesan gurih. Teruntuk pengunjung yang gemar pedas tentu dapat melengkapinya dengan sambal tomat sesuai keinginan. Rumah makan dengan sajian nasi kremikan sedap dan favorit yaitu Nasi Kremikan Warmob 88 yang beralamat di Jl. Bromo nomor 36, Oro-oro Dowo, Klojen Kota Malang.

Depot Hok Lay

Makanan enak di Malang yang mesti juga disambangi yaitu Depot Hok Lay. Restoran yang didirikan dari 1946 tersebut menawarkan berbagai macam menu mulai mie sampai lumpia. Menu minuman juga tidak kalah populer. Depot Hok Lay pernah heboh gara-gara sajian susu coklat yang dihidangkan dalam botol Coca Cola yang diberi nama Fosco. Apabila singgah ke sana, wisatawan harus mencoba Pangsit Cwie Mie Malang yang lezat ditambah Fosco segar. Duo menu tersebut akan membuat wisata kuliner di Malang akan sangat berkesan. Depot Hok Lay Beralamat di jalan. KH Ahmad Dahlan nomor.10, Sukoharjo Klojen. Mulai melayani pembeli tiap hari dari 9 pagi dan tutup jam 8 malam. Untuk harga menunya mulai dari Rp.20 ribu saja.

Toko Oen Malang

Bila ingin mencoba menu gaya Eropa dari restoran bercorak bangunan klasik, segera saja meluncur ke Toko Oen. Destinasi ini telah dikenal dari masa penjajahan Belanda kurang-lebih tahun 1930an. Nuansa vintage benar-benar terasa saat memasuki Toko Oen. Pengunjung akan menemukan arsitektur bangunan berinterior nuansa Belanda yang jadul, namun tetap seru. Resep yang dipakai pun tak berubah dari dahulu. Pengunjung dapat mencicipi beragam menu es krim, maupun menu makanan antara lain bakmi, steak, salad sayur dan buah, sampai roti. Beralamat di jalan. Jenderal Basuki Rahmat nomor.5, Kauman Klojen dengan jam buka dari 8 pagi hingga 8 malam.

Warung Lama Haji Ridwan

Makanan enak di Malang berikutnya ditemukan dalam pasar. Warung Lama Haji Ridwan berada dalam Pasar Besar Malang dengan tampilan. sederhana, namun enaknya menu yang dijual tak disangsikan lagi. Kedai Lama Haji Ridwan kali pertama buka tahun 1919 ketika itu Haji Ridwan menjual makanannya menggunakan gerobak. Selanjutnya dia pun mendirikan warung permanen di tahun 1925. Pengunjung akan  dapat menyantap bermacam hidangan asli Malang yang cukup murah. Makanan andalannya yaitu rawon serta nasi campur. Buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga 4 sore dengan harga mulai Rp.4.000.

Bakso President

Berwisata di Malang, sepertinya tak begitu afdol jika tak mencicipi bakso khas Malang. Dikenal satu kedai makan bakso legendaris yaitu Bakso President. Penduduk setempat tentu kenal betul asal usulnya sebab telah berdiri dari tahun 1970an. Pembeli bisa melahap semangkuk bakso sembari mengamati kereta api yang berlalu di depannya. Bakso President berada di jalan Batanghari nomor.5 Rampal Celaket Klojen. Harga menu baksonya mulai Rp.12.000.

Depot Tahu Lontong Lonceng

Menyajikan menu lontong tahu ditambah saus kacang yang sedap. Kedai sederhana ini cukup populer di kalangan orang Malang. Menu makanan enak di Malang ini sudah didirikan semenjak tahun 1935. Nikmatnya Tahu Lonceng tak cuma dikenal penduduk setempat saja, banyak pelancong domestik yang tak lupa mengunjungi warung ini. Banderol seporsi tahu lontong cukup ekonomis, cuma Rp11.000. Segera saja meluncur ke jalan. R.E. Martadinata Kedungkandang dengan jam  buka dari  10.45 dan tutup jam 22.00.

Mie Gajah Mada

Makanan Malang enak yang juga sayang bila dilewatkan yaitu Mie Gajah Mada. Restoran di Malang ini menawarkan beraneka jenis menu mie yang pasti akan membuat ngiler. Tersedia mie pangsit kering, mie ayam jamur, mie rica-rica, dan maih banyak jenis menu mie lainnya. soal rasa tentu tak perlu diragukan lagi. Alamatnya berada di jalan. Pasar Besar nomor.17 A, Sukoharjo Klojen dengan jam buka dari 9 pagi hingga tutup jam 8 malam. Harga menu makanan enak di Malang ini mulai Rp.25 ribuan saja.

(GE – HKM)

Scroll to Top