SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

6 Situs Penerjemah Antar Bahasa

Bagikan:

AshefaNews – Bahasa merupakan sebuah kemampuan yang banyak dimiliki oleh manusia sebagai alat untuk berkomunikasi antar sesama manusia, dapat menggunakan tanda, misal dengan kata maupun sebuah gerakan. Sebuah kajian ilmiah mengenai bahasa dapat disebut dengan Ilmu Linguistik. Perkiraan banyaknya bahasa yang ada di dunia hingga saat ini antara 6.000 – 7.000 bahasa, dan itu semua bisa diartikan dengan penerjemah.

Pada dasarnya bahasa dibagi menjadi dua jenis yakni: Bahasa Lisan serta Bahasa Isyarat. Bahasa Lisan merupakan suatu bentuk komunikasi yang tergolong cukup unik dijumpai pada manusia yang terbiasa menggunakan kata yang diturunkan dari kosa kata yang cukup luas, bersama dengan berbagai macam nama yang telah diucapkan melalui ataupun menggunakan salah satu organ yakni mulut. 

Sedangkan Bahasa Isyarat adalah bahasa yang mengandalkan komunikasi secara manual, yakni menggunakan bahasa tubuh, maupun gerak pada organ bibir. Jenis bahasa ini tidak tergolong bahasa yang menggunakan kata kata verbal, melainkan gabungan ekspresi sandi maupun isyarat maupun bentuk atau gerakan pada tangan, ataupun ekspresi wajah sebagai pengungkap isi pikiran mereka hingga memiliki arti maupun maksud tertentu. 

Bahasa Lisan serta Bahasa Isyarat tentunya memiliki sebuah sistem yang memiliki bunyi maupun gerakan, yang mengatur bagaimana simbol digunakan untuk membentuk sebuah urutan yang kita semua kenal sebagai kata maupun morfem, serta suatu sistem sintaks yang dapat mengatur bagaimana sebuah kata serta morfem dapat digabungkan untuk membentuk sebuah frasa maupun penyebutan atau pelafalan. 

Berbagai Situs Penerjemah

Pada era saat ini, maraknya penggunaan kamus online sebagai alat translate atau penerjemah antara satu bahasa ke bahasa lain, sudah sering digunakan sebagai alat bantu dalam berkomunikasi, sehingga dapat meminimalisir keterbatasan dalam berinteraksi dengan khususnya orang luar yang memiliki bahasa yang berbeda dengan kita saat ini. Salah satu alat bantu tersebut ialah Google Translate, yakni situs terjemahan yang cukup populer digunakan untuk mempermudah dalam proses bekerja maupun belajar. 

Namun, nyatanya masih terdapat banyak sekali situs penerjemahan bahasa asing yang blm pernah kita ketahui selain Google Translate yang dapat digunakan. Kebanyakan dari beberapa situs penerjemah menawarkan sebuah fitur yang cukup canggih, seperti mampu menerjemahkan bahasa yang bersumber dari suara yang diperdengarkan. Berikut merupakan 11 situs penerjemah bahasa terbaik, yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari hari yakni:

1. Google Translate

Google Translate merupakan situs penerjemah buatan perusahaan mesin pencari Google, yang selama ini cukup banyak digunakan oleh mereka yang ingin menerjemahkan suatu kalimat dari satu bahasa ke bahasa yang lainnya. Tidak hanya disitu saja, Google Translate juga hadir dalam bentuk aplikasi di smartphone yang dapat didownload pada App Store maupun Google Play Store. Untuk penggunaannya sendiri cukup simple dan tidak ribet, cukup ketikan kalimat yang ingin diterjemah, lalu setting kategori bahasa yang ingin di terjemah. Namun, sayangnya Google Translate belum dapat diandalkan untuk kegiatan penerjemah akademik yang perlu memperhatikan tata bahasa (grammar, dll). 

2. Microsoft Translator

Microsoft Translator merupakan sebuah bagian dari Microsoft Cognitive Services serta terintegrasi di berbagai produk konsumen, pengembang, serta perusahaan termasuk Bing, Microsoft Office, Microsoft Edge, Microsoft Lync, Skype Translator, Microsoft Translator, serta Visua Studio. Hingga saat ini Microsoft Translator mampu menerjemahkan teks hingga 110 bahasa yang ada di Dunia. Microsoft Translator juga tersedia dalam berbagai versi yakni, personal, pendidikan, serta business. Microsoft Translator juga, tergolong aplikasi yang cukup kompatibel dengan sistem operasi Android, Windows, maupun IOS. Penggunannya sendiri cukup mudah, tidak perlu bolak balik dari file dokumen ke situs penerjemah, hanya dengan meng klik menu Review di Microsoft Word sudah dapat menemukan Microsoft Translator dengan mudah.

3. Bing Translator

Bing Translator merupakan salah satu alat bantu penerjemah yang cukup canggih yang dibuat oleh pengembang Microsoft. Pada dasarnya Bing merupakan sebuah mesin pencari seperti Google namun dikembangkan oleh perusahaan Microsoft yang didirikan oleh Bill Gates. Untuk fitur sendiri, mungkin tidak jauh berbeda dengan Google Translator yakni dapat menerjemahkan suara, memasukkan fitur (link, audio, teks, gambar, dll), serta dapat memberikan sebuah saran terkait hasil penggunaan agar lebih baik serta akurat dalam melakukan penerjemahan antar bahasa. 

4. Yandex Translate

Yandex Translate merupakan sebuah layanan berbasis web yang dikembangkan oleh perusahaan Yandex. Yandex Translate ini dapat dipakai untuk menerjemahkan sebuah teks maupun suatu halaman web ke bahasa lain. Yandex Translate berasal dari negara Rusia serta layanan web ini memiliki tampilan yang menyerupai Google Translator. Layanan penerjemah berbasis web ini telah dipercaya oleh sebagian oleh karena mampu menerjemahkan total 94 bahasa di seluruh dunia hingga saat ini. 

Layanan ini juga telah menggunakan statistical machine translation (mesin statistik belajar mandiri) yang dikembangkan oleh perusahaan Yandex. Untuk menerjemahkan sebuah teks, komputer pertama akan membandingkannya dengan database kata kata. Lalu komputer akan membandingkan teks dengan sebuah model bahasa dasar, serta mencoba menentukkan makna dari sebuah ekspresi dalam suatu konteks teks. Namun, saat ini Yandex Translate telah beralih menggunakan pendekatan hybrid yang menggabungkan terjemahan mesin statistik serta neural machine translation models (model terjemahan mesin syaraf). Yandex Translate dapat digunakan untuk menerjemahkan kalimat, kata, dokumen, maupun situs URL yang berbahasa asing. Tidak hanya disitu Yandex Translate juga memiliki fitur untuk menerjemahkan suatu kata atau kalimat yang terdapat pada sebuah foto maupun gambar. 

5. iTranslate

iTranslate merupakan sebuah pilihan yang dapat dipilih sebagai alat bantu penerjemah antar bahasa. iTranslate merupakan sebuah layanan web yang memiliki kemampuan penerjemah antar berbagai bahasa, serta dikembangkan oleh perusahaan Sonico Mobile asal negara Australia. Tidak hanya melalui browser saja iTranslate juga dapat di download dalam bentuk aplikasi untuk smartphone maupun desktop (pc maupun laptop). Situs iTranslate menyediakan berbagai fitur penerjemah teks, situs URL, hingga kata kata hingga mencapai lebih dari 100 bahasa hingga saat ini. iTranslate juga dapat menerjemahkan suatu kalimat maupun kata hanya dengan melalui voice to voice.  

6. Translate.com

Translate.com merupakan sebuah situs penerjemah antar bahasa yang cukup unik, yakni dapat memilih hasil gaya bahasa penerjemahan, ke dalam bentuk kalimat formal maupun non formal. Tidak hanya sebatas bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, terdapat sekitar 90 bahasa lain yang dapat diterjemah di layanan berbasis situs ini. Translate.com juga dapat menerjemahkan sebuah teks ataupun teks pada gambar, serta suara. Apabila ingin menerjemahkan dokumen asing, maka dapat melakukan foto pada dokumen tersebut lalu unggah hasil foto tersebut ke website ini, maka akan secara otomatis Translate.com akan menerjemahkannya.

Kesimpulan

Demikianlah, pembahasan artikel mengenai 6 Situs Penerjemah Antar Bahasa. Untuk melihat artikel menarik lainnya, dapat dilihat pada Ashefa News, sekian pembahasan artikel untuk kali ini, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat serta menambah wawasan bagi para pembaca setia sekalian.

(FR – FR)

Scroll to Top