Tips pasar saham untuk pemula

Bagikan:

AshefaNews – Baru pertama kali bermain saham dan masih takut rugi? Berikut ini tips pasar saham untuk pemula yang wajib kamu ketahui! Berinvestasi dalam saham bisa menjadi cara yang bagus untuk menumbuhkan kekayaan Anda, tetapi bukan tanpa risiko. Jika Anda berpikir untuk membeli saham, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memulai. Dalam posting blog ini, kami akan membahas beberapa dasar investasi saham, termasuk apa itu saham, bagaimana harganya, dan berbagai jenis risiko yang terlibat. Kami juga akan memberi Anda beberapa kiat tentang cara memulai. Jadi, jika Anda siap mempelajari lebih lanjut tentang berinvestasi di saham, baca terus!

Apa itu saham?

Ketika Anda membeli saham, pada dasarnya Anda membeli bagian dari sebuah perusahaan. Ketika Anda membeli saham perusahaan, Anda menjadi pemilik sebagian. Sebagai pemilik, Anda berhak atas hak-hak tertentu. Misalnya, Anda memiliki hak untuk memilih masalah perusahaan dan menerima dividen (sebagian dari keuntungan perusahaan).

Nilai saham Anda tergantung pada kinerja perusahaan. Jika perusahaan melakukannya dengan baik, nilai saham Anda akan meningkat. Jika perusahaan tidak melakukannya dengan baik, nilai saham Anda akan menurun.

Ada dua jenis saham: saham biasa dan saham preferen. Saham biasa adalah apa yang kebanyakan orang pikirkan ketika mereka memikirkan saham. Saham preferen sedikit lebih kompleks dan cenderung kurang berisiko dibandingkan saham biasa.

Sekarang setelah Anda mengetahui sedikit tentang saham, mari kita bicara tentang cara membelinya.

Mengapa berinvestasi di saham?

Dalam hal membangun kekayaan jangka panjang, hanya sedikit investasi yang dapat menandingi saham. Seiring waktu, pasar saham secara konsisten mengungguli kelas aset lain seperti obligasi dan real estat.

Tentu saja, berinvestasi saham bukan tanpa risiko. Harga saham bisa (dan memang) turun dalam jangka pendek. Namun dalam jangka panjang, saham telah terbukti menjadi salah satu investasi terbaik yang dapat Anda lakukan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa berinvestasi saham adalah langkah cerdas bagi investor jangka panjang:

1) Saham Menawarkan Pengembalian Unggul
Dalam jangka panjang, saham telah menghasilkan pengembalian yang jauh melebihi kelas aset lainnya seperti obligasi dan real estat. Misalnya, dari tahun 1928 hingga 2018, saham AS menghasilkan rata-rata 9,8% per tahun sementara obligasi pemerintah menghasilkan 5,5% dan harga rumah AS naik 3,6% per tahun.*
2) Saham Lebih Tangguh Dibandingkan Aset Lain Di Pasar Beruang Pasar beruang didefinisikan sebagai penurunan harga saham minimal 20%. Meskipun tidak ada investor yang ingin melihat penurunan nilai portofolio mereka, bear market adalah bagian normal dari berinvestasi di saham. Dari tahun 1900 hingga 2018 telah terjadi 36 bear market dengan durasi rata-rata 13 bulan dan penurunan rata-rata 32%.*
Yang penting untuk diingat adalah bahwa pasar saham pada akhirnya pulih dari pasar beruang dan naik ke level tertinggi baru. Faktanya, sejak tahun 1900 telah ada 27 pasar bull dimana saham

Cara membeli saham

Dalam membeli saham, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Pertama, Anda perlu memahami apa itu saham dan bagaimana cara kerjanya. Saham hanyalah bagian dari kepemilikan di sebuah perusahaan. Ketika Anda membeli saham, Anda membeli sebagian kecil dari perusahaan itu.

Hal berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana memilih saham yang tepat. Ini bisa rumit, tetapi ada beberapa sumber daya yang dapat membantu Anda meneliti saham. Setelah Anda memilih saham yang tepat, Anda perlu memutuskan berapa banyak saham yang akan dibeli. Ini akan tergantung pada anggaran Anda dan tujuan investasi Anda.

Terakhir, Anda perlu tahu cara membeli saham. Anda dapat melakukan ini melalui broker atau layanan online. Jika Anda menggunakan broker, mereka akan membebankan komisi untuk setiap perdagangan. Layanan online biasanya memiliki biaya lebih rendah tetapi mereka mungkin tidak menawarkan banyak dukungan dalam hal pengambilan saham.

Sekarang setelah Anda mengetahui dasar-dasar membeli saham, saatnya untuk mulai berinvestasi!

Berbagai jenis saham

Ada dua jenis saham: saham biasa dan saham preferen. Saham biasa adalah apa yang kebanyakan orang pikirkan ketika mereka memikirkan saham. Mereka adalah saham yang Anda beli dan jual di pasar saham. Saham preferen adalah jenis saham yang memberikan hak istimewa tertentu kepada pemegangnya, seperti preferensi dalam dividen dan aset jika terjadi likuidasi, namun umumnya tidak memiliki hak suara.

Tips pasar saham untuk pemula

Bagi banyak orang, berinvestasi di pasar saham adalah cara yang bagus untuk membangun kekayaan dari waktu ke waktu. Namun, ini bisa membingungkan dan membuat kewalahan bagi pendatang baru. Berikut adalah beberapa tips untuk Anda mulai:

1. Mulailah dengan sedikit uang. Anda tidak perlu banyak uang untuk mulai berinvestasi di saham. Hanya beberapa ratus dolar akan memberi Anda dasar yang baik untuk memulai.

2. Pertimbangkan untuk menggunakan broker online. Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, broker online bisa menjadi sumber yang bagus. Mereka dapat membantu Anda meneliti dan memilih saham terbaik untuk portofolio Anda.

3. Jangan mencoba mengatur waktu pasar. Tidak mungkin untuk memprediksi dengan tepat kapan pasar saham akan naik atau turun, jadi jangan coba mengatur waktu investasi Anda. Alih-alih, fokuslah untuk membeli saham berkualitas yang menurut Anda akan dihargai seiring waktu.

4. Diversifikasi portofolio Anda. Jangan menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang dengan berinvestasi hanya pada satu perusahaan atau sektor pasar. Sebarkan risiko Anda dengan berinvestasi di berbagai saham berbeda dari industri berbeda.

5. Tinjau portofolio Anda secara teratur. Penting untuk mengawasi bagaimana kinerja investasi Anda sehingga Anda dapat melakukan perubahan sesuai kebutuhan. Apakah Anda memeriksanya setiap bulan atau setiap tiga bulan, memantau portofolio Anda akan membantu Anda tetap berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan Anda

Kesimpulan

Jika Anda berpikir untuk membeli saham, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Artikel ini telah membahas dasar-dasar tentang apa itu saham, bagaimana saham dibeli dan dijual, dan apa yang perlu Anda lakukan untuk memulai. Ingat, berinvestasi dalam saham adalah komitmen jangka panjang, jadi pastikan untuk melakukan riset dan berkonsultasi dengan penasihat keuangan sebelum mengambil keputusan. Karena itu, kami berharap yang terbaik untuk Anda dalam upaya masa depan Anda!

(GE)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top