resep seblak kuah pedas

Bagikan:

AshefaNews – Seblak adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari kerupuk basah yang dicampur dengan bumbu-bumbu rempah. Biasanya, seblak disajikan dengan telur atau sosis.
Seblak merupakan salah satu makanan khas Sunda. Seblak terbuat dari kerupuk basah yang dicampur dengan bumbu-bumbu rempah seperti cabai, garam, dan gula. Biasanya, seblak disajikan dengan telur atau sosis.

Berikut ini cara membuatnya :

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan

1 genggam kerupuk, rebus selama beberapa menit hingga empuk
5 buah bakso sapi, iris tipis
2 buah sosis sapi atau ayam, iris tipis
1 genggam makaroni, rebus hingga setengah matang
Sawi secukupnya, iris sesuai selera
Garam secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya
Air secukupnya untuk kuah
Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu

Bumbu yang dihaluskan

3 buah cabai merah kering
5 buah cabai rawit
4 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 ruas kencur
2 butir kemiri

Cara membuatnya

Pertama, siapkan dulu bumbu halusnya. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah kering, kencur dan kemiri. Kamu bisa menghaluskan bumbu dengan menggunakan blender atau bisa juga dengan menggunakan ulekan.

Setelah bumbu halus, panaskan wajan dengan api sedang, dan tuang minyak goreng. Minyak sudah panas, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Tumis hingga bumbu halus matang, cirinya adalah warna bumbu akan menjadi lebih pekat dan aromanya jadi lebih harum.

Bumbu sudah matang, sekarang masukkan sosis dan juga bakso yang sudah dipotong-potong. Aduk-aduk hingga bumbu menyatu, lalu tuangkan air secukupnya. Aduk-aduk lagi hingga air tercampur dengan bumbu dan semua bahan.

Masukkan bumbu penyedap seperti kaldu ayam bubuk, dan garam. Aduk rata dan masak hingga air mendidih. Tambahkan sawi yang sudah dipotong besar, dan juga makaroni yang sudah direbus. Masak sebentar hingga sayurannya matang.

(ALN)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top