Resep Martabak Manis Teflon

Bagikan:

AshefaNews – Suka nyemil manis dan bingung mau bikin apa? Cobain yuk resep martabak manis teflon dari kami. Dijamin rasa martabak manis dan teksturnya bisa Anda buat dengan maksimal.

Martabak manis menjadi jajanan yang paling populer hingga saat ini, tak heran bahwa peminatnya sangat banyak. Selain mudah dibuat, porsi martabak manis tentunya sangat banyak dan cocok di nikmati bersama teman ataupun anggota keluarga tercinta dirumah.

Waktu-waktu santai sambil menonton tv atau bercanda dengan keluarga lebih enak ditemani yang manis-manis. Berikut ini ada resep martabak manis Teflon ala-ala mirip dengan martabak yang biasa dijual oleh gerobak-gerobak di pinggir jalan yang sangat lembut sehingga cocok menemani waktu-waktu santai kamu bersama keluarga. Resep ini bisa kamu praktekkan di rumah dan ini sangat mudah sehingga buat kamu yang masih pemula tidak usah takut untuk gagal. 

Yang harus kamu persiapkan adalah sebagai berikut:

Bahannya:

  1. Tepung terigu protein ukuran sedang sebanyak 250 gr
  2. Air sebanyak 250 ml
  3. Gula pasir 2 sdm
  4. Telur 1 butir
  5. Baking powder ½ sdt
  6. Baking soda ½ sdt
  7. Vanili bubuk sebanyak ¼ sdt
  8. Ragi instan ½ sdt

Untuk topping nantinya kamu bisa pakai margaring, keju parut, atau susu kental manis.

Langkah-langkah membuat martabak manis Teflon:

  1. Masukkan sebanyak 250 gram tepung terigu dan air 250 ml di dalam wadah besar yang telah kamu siapkan. Lalu kemudian aduk adonan tersebut hingga membentuk warna putih.
  2. Tambahkan ½ sdt soda kue dicampur ½ sdt baking powder, dan 2 sdm vgula pasir lalu aduk sampai merata. Selanjutknya masukkan lagi ½ sdt ragi instan serta ½ vanili lalu aduk kembali hingga merata.
  3. Tambahkan 1 butir telur ayam dan campur kedalam adonan lalu aduk hingga merata. Masukkan pasta pandan secukupnya sesuai selera kamu. Lalu aduk kembali.
  4. Siapkan plastik wrap atau kain persih lalu tutup wadah tersebut. Diamkan adonan selama kurang lebih satu jam hingga mengembang. Setelah mengembang, aduk adonan hingga menjadi kemps.
  5. Siapkan Teflon lalu panaskan. 
  6. Setelah Teflon benar-benar panas masukkan adonan sebagian. Goyang-goyangkan Teflon untuk bisa membentuk kulit martabak. Lalu dengan menggunakan api kecil, martabak siap di panggang.
  7. Setelah lubang-lubang di martabak muncul, tuang gula pasir dengan cari di taburi secukupnya saja. Lalu kembali tutup Teflon dan panggang ssampai matang dengan menggunakan api yang kecil.
  8. Martabak akan benar-benar matang ketikan bagian atasnya sudah kering. Apinya matikan lalu keluarkan martabak dari Teflon.
  9. Potong martabak menjadi dua bagian. Diatasnya kemudian olesi menggunakan margarin hingga rata.
  10. Lalu kamu bisa menambahkan topping sesuai selera. Bisa menggunakan keju parut dicampur susu kental manis. Olesi juga bagian luarnya dengan menggunakan margarin. Lalu potong-potong sesuai selera kamu. Martabakpun siap di sajikan untuk dinikmati bersama keluarga.

Nah, itulah cara-cara membuat martabak manis Teflon yang bisa kamu praktekkan di rumah dengan langkah-langkah sederhana sehinggan buat kamu yang masih pemula kamu tidak akan kesusahan.Terima kasih sudah membaca, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

(GE – SAN)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top