SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Menu masakan Ikan Nila Lezat yang Harus Anda Coba

Bagikan:

AshefaNews – Ikan nila merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat apabila kamu sedang mencari hidangan ikan yang lezat dan enak. Ikan serbaguna ini sangat cocok untuk berbagai resep, dan Anda dapat menemukannya di sebagian besar toko bahan makanan atau di pasar tradisional.

Dalam daftar ini, kami akan berbagi menu ikan nila atau tilapia favorit. Menu masakan ikan nila yang paling banyak dipilih oleh orang-orang seperti Ikan Nila Pedas dengan Saus Kemangi, Tilapia Panggang Herb-Crusted, Tilapia Chimichurri, Tilapia Panggang Jeruk yang Diasinkan, Tilapia Panggang Oven yang Renyah, Tilapia Fajitas, Ikan Nila Kari Kelapa dan masih banyak lagi yang bisa dicoba.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera persiapkan dapurmu dan mulailah memasak beberapa menu berikut ini.

Menu Masakan Ikan Nila

Memilih menu masakan ikan nila terkadang menjadi hal yang sedikit membingungkan bagi beberapa orang. Untuk itu kami sudah menyediakan beberapa rekomendasi menu tersebut sebagai berikut.

1. Ikan Nila Pedas dengan Saus Kemangi

Anda akan dimanjakan dengan hidangan ikan nila pedas ini. Saus kemangi memberikan rasa pedas yang akan menggoda selera. Kita bisa menikmatinya di restoran terdekat atau mencari cara memasaknya melalui internet.

2. Tilapia Panggang Herb-Crusted

Untuk hidangan ikan nila yang lezat, cobalah Tilapia Panggang Herb-Crusted. Hidangan ini dibuat dengan kerak herba dan disajikan dengan kentang tumbuk dan sayuran kukus. Anda juga dapat memilih untuk menyantapnya dengan nasi putih.

3. Tilapia Chimichurri

Hidangan berikutnya dalam daftar adalah Tilapia Chimichurri. Hidangan ini sangat cocok untuk pecinta hidangan laut yang ingin menambahkan sedikit rasa panas ke dalam makanan mereka. Tilapia direndam dalam saus chimichurri yang beraroma dan kemudian dipanggang dengan sempurna. Disajikan dengan nasi dan kacang-kacangan serta taburan daun ketumbar segar.

4. Tilapia Mentega Bawang Putih Lemon Goreng Pan

Mencari sesuatu yang lezat untuk dicoba dengan ikan nila? Berikutnya artikel ini akan memberikan rekomendasi, yaitu Tilapia Mentega Bawang Putih Lemon Goreng Pan. Menu adalah hidangan yang mudah dibuat, dan memiliki tekstur yang cantik dan lembut.

Untuk membuatnya, dibutuhkan ikan nila yang dipotong menjadi fillet, mentega, bawang putih, jus lemon dan tepung. Cukup panaskan mentega dalam wajan sebelum menambahkan bawang putih dan tumis sampai berwarna coklat keemasan. Kemudian tambahkan jus lemon dan masukkan fillet ikan nila. Setelah matang sekitar 8 menit atau lebih, campurkan tepung dengan air dingin untuk membentuk adonan. Celupkan setiap fillet ke dalam adonan ini dan goreng hingga berwarna coklat keemasan.

Terakhir, sajikan di piring dan nikmati sepiring ikan nila yang renyah namun lezat. Kombinasi rasa ini yang akan disukai semua orang. Paling enak dinikmati dengan nasi putih yang baru dimasak.

5. Tilapia Panggang Jeruk yang Diasinkan

Selanjutnya, mengapa tidak mencoba yang citrusy dengan ikan nila bakar lezat ini yang telah direndam dalam jus jeruk dan jeruk nipis yang tajam?

Bumbunya sendiri sederhana. Untuk membuatnya, Anda harus mencampurkan jus jeruk, air jeruk nipis, minyak zaitun, garam dan merica. Kemudian, rendam fillet ikan nila dalam campuran ini setidaknya selama dua jam. Setelah selesai direndam, masukkan ke atas panggangan selama sekitar lima menit di setiap sisi, atau sampai matang.

Hidangan ini sangat bagus sebagai hidangan pembuka atau hidangan pembuka dan sangat cocok dengan nasi kukus atau sayuran segar. Anda juga dapat menaburkan peterseli cincang atau ketumbar di atasnya untuk memberikan semangat ekstra.

6. Tilapia Biryani

Saatnya membumbui dengan hidangan lezat ala India. Tilapia Biryani adalah resep klasik dan aromatik yang penuh cita rasa. Dibuat dengan fillet ikan nila, nasi basmati, ghee, dan serangkaian rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, jintan, dan daun salam.

Untuk membuat hidangan ini, mulailah dengan merendam ikan nila dalam rempah-rempah. Kemudian kecoklatan dengan sedikit ghee dan sisihkan. Selanjutnya, goreng bawang putih dan bawang bombay sebelum menambahkan nasi basmati ke dalam campuran. Terakhir, lapisi ikan dengan nasi sebelum mengukus semuanya bersama-sama selama sekitar 15 menit.

Tilapia Biryani sangat cocok untuk acara-acara khusus atau bahkan makanan biasa. Sajikan dengan sesendok yogurt tawar dan bawang goreng untuk sentuhan ekstra spesial. Selamat makan!

7. Ikan Nila Kari Kelapa

Rekomendasi ketujuh adalah Ikan Nila Kari Kelapa klasik. Hidangan ini merupakan perpaduan manis dan pedas yang menyenangkan, karena santan yang harum memberikan kontras yang lembut dengan kari ikan yang lebih pedas. Bahkan lebih baik lagi, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk membuatnya.

Cara memasaknya, pertama panaskan sedikit minyak dalam wajan dan goreng beberapa rempah-rempah seperti biji ketumbar, biji jintan, biji sawi, batang kayu manis, dan kapulaga sampai mulai mendesis. Kemudian, masukkan bawang bombay cincang, bawang putih dan jahe, lalu goreng semuanya sampai bawang bombay berwarna kecoklatan.

Selanjutnya tambahkan potongan ikan, beberapa irisan cabai hijau dan daun kari. Tuangkan sekaleng (atau dua kaleng) santan ditambah sedikit air jika perlu mengencerkannya. Kecilkan api dan biarkan mendidih selama 8-10 menit sampai cairannya berkurang. Sajikan dengan nasi kukus atau roti untuk menambah kelezatan hidangan ini.

8. Tilapia Panggang Oven yang Renyah

Tilapia Oven Roast adalah hidangan lezat dan mudah dibuat yang pasti akan memuaskan selera. Hanya dalam beberapa langkah sederhana, siapa saja dapat menyiapkan makanan lezat yang akan membuat keluarga ingin meminta lagi hidangan ini.

Untuk membuatnya, panaskan oven hingga 425 derajat Fahrenheit dan lapisi loyang dengan kertas roti. Kemudian campurkan 1 sendok makan minyak zaitun extra-virgin, 1 sendok teh oregano, 1/2 sendok teh bubuk bawang putih, dan perasan satu buah lemon dalam mangkuk.

Selanjutnya, lapisi fillet ikan nila dengan campuran minyak, lalu letakkan diatas loyang. Masak selama sekitar 20 menit atau sampai ikan matang dan bersisik.

Sajikan ikan nila lezat Anda yang dipanggang dalam oven dengan lauk yang menjadi favorit. Nikmatilah hidangan ikan nila buatan sendiri.

9. Tilapia Fajitas

Ketika berbicara tentang fajitas, tidak ada hidangan yang lebih baik daripada fajitas tilapia. Untuk membuat tilapia fajitas, bumbui fillet tilapia dengan bumbu dan rempah favorit Anda, lalu bungkus dan tutup dengan kertas timah. Panaskan oven Anda hingga 350°F dan panggang ikan selama 20 menit atau sampai berwarna coklat keemasan.

Setelah ikan selesai dipanggang, potong tipis-tipis dan sajikan dengan tortilla hangat dan sayuran seperti paprika, bawang bombay, jamur, atau apa pun yang Anda suka. Kemudian tambahkan salsa atau krim asam untuk membuatnya istimewa.

Fajitas lezat ini akan membuat selera makan menjadi meningkat. Jadi, cobalah resep luar biasa ini saat menginginkan menu spesial untuk membuat teman dan keluargamu terkesan, mereka tidak akan kecewa.

Penutup

Secara keseluruhan, hidangan ini pasti akan menggoda selera dengan rasa dan teksturnya yang unik serta lezat. Menu masakan ikan nila ini sangat cocok untuk kamu coba, bisa masak sendiri di rumah atau mencobanya di restoran yang pasti kelezatan rasanya sangat tidak diragukan.

(GE – Khanifa)

Scroll to Top