SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Cara Membuat Minuman Jahe

Bagikan:

AshefaNews – Jahe atau yang memiliki nama latin Zingiber officinale, merupakan salah satu tanaman rimpang yang kerap digunakan sebagai bumbu rempah dan bahan obat dalam kehidupan sehari-hari. Tanaman rimpang yang satu ini selain digunakan sebagai bumbu dapur yang sering diolah untuk segala macam makanan. Selain itu, bisa juga diolah menjadi minuman jahe. Cara membuat minuman jahe juga tidak terlalu sulit untuk dicoba.

Dalam hal ini, minuman jahe memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan seperti yang diketahui, jahe memiliki kandungan energi, serat, protein, zat besi, Vitamin C, sodium dan karbohidrat.

Tak hanya itu saja, jahe juga mempunyai kandungan gingerol yang bermanfaat dalam meredakan berbagai gejala penyakit. Bahkan berbagai kandungan jahe bisa dipercaya sangat berkhasiat untuk meningkatkan sistem tubuh yang fungsinya untuk melawan berbagai macam penyakit.

Cara Membuat Minuman Jahe

Nyatanya, jahe juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit. Jahe yang digunakan sebagai obat biasanya diolah lalu dikonsumsi sebagai minuman hangat. 

Namun, sebelum dihidangkan, jahe diolah terlebih dahulu yaitu direbus dengan air dan beberapa tambahan bahan lainnya seperti kayu manis, cengkeh, batang serai serta gula merah. Minuman yang satu ini sangat bermanfaat untuk membantu meredakannya gejala penyakit flu, masuk angin dan juga radang tenggorokan.

Kamu bisa menikmati minuman jahe ini saat malam hari fungsinya untuk membuat tubuh akan menjadi lebih rileks. Selain itu juga, kamu dapat menikmatinya saat hujan untuk membuat tubuh akan jadi lebih hangat. Jadi bagi kamu yang ingin mendapatkan manfaat dari jahe, cobalah untuk mencoba 2 resep cara membuat minuman jahe untuk kamu! 

1. Wedang Jahe

Bahan yang digunakan:

  • 2 rimpang jahe, Lalu geprek
  • 1 batang serai, memarkan
  • Gula aren atau gula jawa secukupnya
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis atau 1 batang kayu manis (7-10 cm)
  • 1 liter air 
  • Madu secukupnya

Langkah-langkah cara membuat minuman jahe:

  1. Langkah pertama, Siapkan wadah untuk merebus bahan minuman jahe.
  2. Langkah kedua, Lanjut masukkan air ke dalam wadah lalu panaskan dengan api yang sedang.
  3. Langkah ketiga, Setelah itu masukkan jahe, serai, gula aren dan kayu manis ke dalam air.
  4. Langkah keempat, Lalu dimasak hingga mendidih sampai jahe beraroma wangi.
  5. Langkah kelima, Jika sudah mendidih,  masukkan madu sesuai dengan selera, ya! agar rasanya makin nikmat. 
  6. Langkah terakhir, diaduk sebentar lalu angkat. Kemudian disaring air wedang jahenya dan masukkan ke gelas, nikmati selagi hangat. 

2. Resep Wedang Susu Jahe

Bahan-Bahan yang digunakan:

  • Susu kental manis secukupnya 
  • 100 gram jahe, cuci bersih dan memarkan
  • 1 butir cengkeh
  • 50 gram gula merah, sisir halus
  • 1 cm kayu manis
  • 4 sdm gula pasir

Langkah-langkah cara membuatnya :

  1. Langkah pertama, Masukan jahe dan susu kental manis ke panci, lalu rebus hingga mendidih dengan api kecil sambil terus diaduk.
  2. Langkah kedua, Tambahkan cengkeh dan kayu manis ke dalam rebusan susu bersama jahe tadi dan diaduk rata.
  3. Langkah ketiga, Lanjut tambahkan gula merah dan gula putih aduk sampai merata, rebus semua bahan hingga gula melarut.
  4. Langkah keempat, Setelah itu koreksi rasa, tambahkan gula jika wedang susu jahe ini belum cukup manis. Angkat jika wedang susu jahe sudah matang, jangan lupa di saring dan sajikan dalam gelas. Selamat mencoba!

Manfaat dari Minuman Jahe bagi Kesehatan Tubuh

Selain rasanya yang enak, minuman jahe juga memiliki banyak manfaat terutama mengandung antibiotik yang alami sehingga mampu mengobati masalah perut seperti mual. Tapi tak hanya itu saja, banyak manfaat lain dari jahe yang perlu kamu ketahui, Beberapa diantaranya yaitu :

1. Meredakan Nyeri Haid

Manfaat pertama dari minuman jahe adalah dapat meredakan nyeri haid. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa dengan rutin mengkonsumsi jahe dapat meredakannya nyeri haid. Bahkan khasiat dari jahe disebut tak berbeda jauh dengan asam mefenamat dan obat ibuprofen.

Nah, jika ingin mendapatkan manfaat dari jahe untuk meredakan nyeri, cobalah untuk mengkonsumsi air jahe setidaknya 4 gelas. Tetapi, jika ingin minum cairan tersebut minimal selama 2 hari masa awal menstruasi. Efek minum jahe pada perut bisa disebut mampu memberi efek menenangkan pada nyeri.

2. Menangkal Infeksi Bakteri dan Virus

Selain itu, manfaat dari minuman jahe rupanya khasiat jahe juga bisa membantu tubuh untuk menangkal infeksi bakteri dan virus tertentu. Nah kok bisa? Alesannya kenapa? Karena didalam jahe sendiri memiliki kandungan gingerol yang dipercaya bisa menghambat infeksi bakteri, seperti E. coli, shigella dan lain sebagainya.

Bahkan tak hanya itu saja, manfaat minum jahe juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh sehingga dapat mencegah kerusakan DNA dan stress. dan manfaat minum jahe secara rutin bisa juga membantu mengatasi pilek dan flu.

3. Anti Penuaan dan Kanker

Selanjutnya, jahe yang bersifat anti-oksidatif dan anti-inflamasi ternyata juga bisa mengendalikan proses penuaan. Manfaat jahe lainnya, yaitu tanaman herbal ini juga memiliki potensi antimikroba yang dapat membantu dalam mengobati penyakit yang menular, sehingga manfaat jahe sering disebut dapat mencegah berbagai kanker.

Akan tetapi, ada satu hal yang harus digarisbawahi.

Menurut sebuah studi, meski potensi antikanker jahe telah terdokumentasi dengan baik. Tapi, manfaat jahe terhadap kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut sebelum mengklaim kemanjurannya.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Bahkan manfaat air jahe sudah lama dikenal sebagai herbal untuk mengatasi kembung. Adapun akar dari tanaman ini juga bisa merangsang gerakan pada saluran pencernaan. Hal tersebutlah yang membantu mendorong gas keluar sehingga kembung pun menjadi berkurang.

Air jehe sendiri pun dapat mempercepat pengosongan lambung sehingga bisa mengurangi maag dan rasa kembung. Kandungan gingerol dan paradol pada jahe juga bisa melawan kuman penyebab infeksi saluran pencernaan seperti Salmonella typhi dan E. coli. Apalagi jumlah bakteri yang baik pada usus harus lebih seimbang sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya diare.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat terakhir dari minuman jahe adalah yang berpotensi dapat mengurangi berat badan serta pertandingan ukuran pinggang dan pinggul.

Para penelitian sudah menduga, bahwa manfaat ini berasal dari efek hangat pada air jahe hingga bisa meningkatkan suhu tubuh. Dan karena hal itulah yang membuat tubuh bisa meningkatkan laju metabolisme sehingga kalori yang dibakar menjadi lebih besar. Tak cuma itu, dari efek hangat ini membantu menghancurkan lemak dalam tubuh.

PENUTUP

Itulah cara membuat minuman jahe dan manfaatnya. Pastikan kamu harus meminumnya ketika saat hujan, atau sakit lainnya. Karena manfaat minuman jahe sendiri dapat membantu mencegah berbagai penyakit lainnya. 

(GE – Khanifa)

Scroll to Top