SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Cara memasak daging kambing agar tidak bau

Bagikan:

AshefaNews – Mengolah daging kambing supaya tidak bau biasanya memang gampang-gampang susah. Terlebih lagi jika Anda jarang memasak daging kambing. Salah-salah mengolahnya, justru yang ada bisa membuat daging jadi alot dan bau prengus.

Bau prengus sendiri berasal dari kambing jantan karena kambing jantan memiliki zat feromon sehingga menyebabkan kambing jantan baunya menyengat. Sehingga memasak kambing perlu beberapa cara memasak daging kambing agar tidak bau dan waktu yang cukup lama untuk mengolahnya, agar bau prengusnya hilang. 

cara memasak daging kambing Agar Tidak Bau

Jadi, penting untuk Anda mengetahui cara memasak daging kambing agar tidak bau. Yuk, simak terus penjelasannya!

1.  Jangan mencuci daging kambing

Tips pertama, jika biasanya kebanyakan orang sebelum memasak daging kambing mencucinya terlebih dahulu, maka dari itu jangan lakukan itu mulai sekarang! karena daging kambing yang dicuci lalu dimasak bisa menimbulkan bau yang menyengat dan membuat tekstur dagingnya menjadi alot dan keras.

Namun, sebaiknya jika ingin langsung mengolah daging kambing masukkan daging tersebut ke dalam rebusan air agar kuman dan bakteri yang menempel bisa mati.

Selanjutnya, setelah direbus kamu bisa langsung buang air rebusan tersebut dan daging siap untuk dimasak menjadi olahan yang lezat. Selain membuat bau prengus hilang, dengan rebusan membuat daging kambing terasa lebih empuk.

2. Buang lemaknya

Tips yang kedua, Anda bisa membuang atau memisahkan lemak dari dagingnya. Nah, agar memisahkan lemak dengan daging kambing lebih mudah, Anda bisa bekukan terlebih dahulu daging tersebut sebelum diolah. 

Setelah daging kambing dibekukan, pisahkan lemak dari daging dengan menggunakan pisau yang tajam. Dengan cara begini, memasak daging kambing akan lebih nikmat dan tidak bau prengus lagi.

3. Taburi garam sebelum dimasak

Tips ketiga, Selanjutnya Anda bisa menaburi garam sebelum memasaknya! fungsinya untuk mengurangi bau tak sedap dari daging kambing. Anda bisa menaburi garam ke seluruh permukaan daging kambing lalu biarkan terlebih dahulu minimal 1 jam.

Setelah 1 jam berlalu, Anda baru bisa bilas daging tapi sebentar saja. Karena garam sendiri berfungsi bisa membantu menetralkan bau tak sedap pada daging kambing.

4. Lumuri dengan parutan nanas

Tips keempat, melumuri daging dengan nanas selain dapat mengempukkan daging, ternyata buah nanas juga dipercaya bisa menghilangkan bau prengus atau bau tak sedap.

Caranya pun cukup mudah, Anda bisa parutkan buah nanas kemudian lumuri ke seluruh permukaan daging kambing. Setelah itu, bisa dibilas atau langsung diolah dengan campuran bumbu-bumbu lainnya untung menghasilkan olahan daging kambing yang lezat.

5. Bungkus dengan daun pepaya

Tips kelima, selain menggunakan buah nanas, Anda juga bisa menggunakan daun pepaya untuk menghilangkan bau tak sedap pada daging kambing dan mengempukkan daging. Hal tersebut karena daun pepaya memiliki kandungan yang alami seperti kandungan enzim yang mampu menghilangkan aroma tak sedap dari daging kambing.

6. Gunakan air perasan jeruk nipis

Tips yang keenam adalah Gunakan air perasan untuk menghilangkan bau tak sedap pada daging. Pasalnya, Air jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri sehingga mampu untuk menghilangkan bau tak sedap dari daging kambing. Caranya pun cukup mudah, Anda tinggal peras jeruk nipis, lalu lumuri ke daging kambing dengan air jeruk nipis sebelum mengolahnya.

Setelah daging kambing dilumuri, maka air perasan jeruk nipis tersebut juga mampu mengempukkan daging.

7. Menggunakan parutan pir

Tips ketujuh, pasti Anda merasa asing dengan tips yang satu ini. Tips yang satu ini yaitu menggunakan parutan pir, biasanya orang-orang barat yang selalu menggunakan cara yang satu ini untuk membuat daging kambing empuk dan menghilangkan bau prengus. Namun, tak ada salah juga jika Anda ingin mencobanya.

Caranya adalah Anda cukup parut buah pir lalu oleskan ke seluruh permukaan daging kambing, kamudian diamkan selama beberapa menit sebelum memasaknya.

8. Menggunakan cuka apel

Nah, tips kali ini Anda bisa gunakan cuka apel untuk menghilangkan bau prengus. Sama seperti air jeruk nipis, cuka apel juga memiliki manfaat untuk membuat daging kambing lebih empuk dan bisa menghilangkan bau tak sedap dari daging kambing.

Apalagi cuka apel memiliki kandungan asam yang bisa membuat daging kambing lebih juicy setelah dimasak.

Olahan daging kambing

Buat Anda yang bingung mau diapakan daging kambing ini? Jangan risau, Berikut ada beberapa olahan daging kambing yang sering dijadikan santapan untuk keluarga! Simak terus penjelasannya!

Gulai kambing

Anda bisa mengolah daging kambing dengan menjadikannya gulai kambing. Gulai kambing sendiri merupakan salah satu makanan favorit keluarga, terutama bagi yang suka daging kambing. Selain itu juga, gulai kambing sering dijadikan menu makanan untuk acara-acara lainnya.

Kari kambing

Kari kambing merupakan salah satu masakan yang populer dalam sajian Asia Tenggara dan Indo-Karibia. Jika Anda mendapat daging kambing saat hari raya kurban, Anda bisa langsung mengolahnya menjadi kari kambing. Sajian daging kambing berkuah yang satu ini ditambahkan dengan rempah-rempah dapur sangat cocok dinikmati di momen Idul Adha.

Tongseng kambing

Jika Anda bosan dengan sate kambing, rendang, gulai dan lain sebagainya. Anda bisa kok mengolah daging kambing kurban menjadi tongseng kambing.

Untuk itu, potong daging kambing yang telah lalu tambahkan dengan kol, tomat, dan kuah yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah hasilnya akan menggoyah lidahmu.

Sate kambing

Yang satu ini pastinya Anda sudah tidak asing lagi kalau daging kambing kurban dibuat sate. Apalagi ini merupakan salah satu olahan praktis yang dapat Anda lakukan bersama keluarga.

Anda hanya perlu daging kambing secukupnya, lalu dipotong kecil-kecil. Kemudian potongan lebih kecil lagi dagingnya lalu ditusuk dan dibakar. Jangan lupa untuk memberi bumbu agar rasanya semakin maknyus saat dimakan.

Sup kambing

Yang terakhir Anda juga bisa menjadikan tulang kambing untuk menjadikannya sup kambing. Pasalnya, sup kambing tak kalah enak rasanya dari menu-menu yang lainnya. 

Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda tinggal cuci tulang-tulang kambing, lalu direbus jangan lupa tambahkan bumbu rempah dan bahannya seperti daun sup, kentang, wortel dan lain sebagainnya.

Penutup

Nah, jadi itulah cara memasak daging kambing agar tidak bau. Anda cukup gunakan tips diatas ketika ingin memasak daging kambing. Selanjutnya, Anda bisa jadikan daging kambing dengan beberapa menu olahan diatas. Selamat mencoba!

(GE – Khanifa)

Scroll to Top