Ciri-ciri Pubertas Pada Anak Laki-laki dan Perempuan dan Masalah Yang Mereka Hadapi

Bagikan:

AshefaNews – Pubertas adalah masa perubahan besar bagi anak laki-laki dan perempuan. Perubahan fisik yang terjadi selama masa pubertas bisa sangat menyenangkan sekaligus membingungkan, dan terkadang bahkan sedikit menakutkan. Untuk anak laki-laki, perubahan pubertas biasanya mencakup peningkatan tinggi badan dan massa otot, serta perkembangan rambut wajah dan tubuh. Anak perempuan, di sisi lain, cenderung mengalami lonjakan pertumbuhan, peningkatan ukuran payudara, dan awal menstruasi. Meskipun perubahan ini sangat normal, mereka juga dapat disertai dengan sejumlah masalah, seperti jerawat, perubahan suasana hati, dan masalah citra tubuh. Dalam posting blog ini, kita akan melihat beberapa masalah paling umum yang dihadapi anak-anak dan remaja selama masa pubertas. Kami juga akan menawarkan beberapa tips tentang cara menangani masalah ini dengan cara yang sehat dan konstruktif.

Pubertas pada Anak Laki-Laki

Pubertas adalah masa perubahan besar bagi anak laki-laki dan perempuan. Perubahan yang terjadi pada masa pubertas adalah perubahan fisik, emosional, dan hormonal.

Selama masa pubertas, tubuh anak laki-laki tumbuh dan berubah bentuk. Mereka mungkin tumbuh lebih tinggi dan menambah berat badan. Otot-otot mereka mungkin menjadi lebih besar dan suara mereka mungkin lebih dalam. Anak laki-laki juga dapat mengembangkan jerawat dan mulai berkeringat lebih banyak.

Selama masa pubertas, tubuh anak perempuan juga tumbuh dan berubah bentuk. Mereka mungkin tumbuh lebih tinggi dan menambah berat badan. Payudara mereka mungkin berkembang dan mereka mungkin mulai menstruasi. Anak perempuan juga dapat mengembangkan jerawat dan rambut tubuh.

Baik anak laki-laki maupun perempuan mungkin mengalami perubahan emosional selama masa pubertas. Mereka mungkin merasa murung atau mudah tersinggung. Mereka mungkin mengalami kesulitan tidur atau konsentrasi. Pubertas bisa menjadi masa yang sulit bagi anak laki-laki dan perempuan.

Ada beberapa masalah yang dapat terjadi selama masa pubertas:

• Jerawat: Ini adalah kondisi kulit umum yang dapat disebabkan oleh hormon selama masa pubertas. Ini dapat diobati dengan obat bebas atau obat resep dari dokter.

• Bau badan: Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon dan keringat selama masa pubertas. Hal ini dapat dibantu dengan menggunakan deodoran atau antiperspirant secara teratur.

• Perubahan suasana hati: Ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon dalam tubuh selama masa pubertas. Penting untuk berbicara dengan seseorang jika Anda merasa sangat sedih atau kesal sepanjang waktu.

Pubertas pada Anak Perempuan

Pubertas adalah proses pematangan seksual dan perkembangan karakteristik seks sekunder. Pada anak perempuan, pubertas biasanya dimulai antara usia 10 dan 14 tahun, meskipun mungkin dimulai pada usia 8 tahun atau hingga usia 16 tahun. Tanda pertama pubertas pada anak perempuan biasanya adalah perkembangan payudara, diikuti oleh pertumbuhan kemaluan dan ketiak. rambut. Menarche, atau periode menstruasi pertama, biasanya terjadi 12 hingga 18 bulan setelah permulaan perubahan pubertas.

Selama masa pubertas, anak perempuan mengalami berbagai perubahan fisik dan emosional. Di sisi fisik, mereka mungkin mengalami pertumbuhan yang cepat, jerawat, dan perubahan pada tubuh mereka (termasuk payudara, pinggul, dan rambut kemaluan). Secara emosional, mereka mungkin merasa lebih sadar diri dan mengalami perubahan suasana hati. Mereka mungkin juga menjadi lebih tertarik pada anak laki-laki dan berkencan.

Sementara kebanyakan anak perempuan menyesuaikan diri dengan baik terhadap perubahan yang terjadi selama masa pubertas, beberapa mungkin mengalami kesulitan. Masalah umum termasuk masalah citra tubuh (berkaitan dengan perubahan dalam tubuh mereka), depresi, kecemasan, dan gangguan makan. Selain itu, beberapa gadis mungkin terlibat dalam perilaku berisiko (seperti merokok atau minum) dalam upaya untuk mengatasi stres pubertas.

Masalah yang Mereka Hadapi

Pubertas adalah masa perubahan besar bagi anak laki-laki dan perempuan. Tubuh mereka matang dan mereka menjadi aktif secara seksual. Mereka juga menghadapi banyak perubahan sosial dan emosional.

Salah satu masalah terbesar yang dihadapi anak laki-laki dan perempuan selama masa pubertas adalah jerawat. Jerawat adalah kondisi kulit yang menyebabkan jerawat atau benjolan merah meradang. Biasanya dimulai sekitar usia 10 atau 11 tahun pada anak perempuan dan beberapa tahun kemudian pada anak laki-laki. Jerawat bisa sangat memalukan dan dapat menyebabkan harga diri rendah.

Masalah lain yang dihadapi anak laki-laki dan perempuan selama masa pubertas adalah bau badan. Hal ini disebabkan oleh kelenjar keringat yang menjadi lebih aktif selama masa pubertas. Anak laki-laki dan perempuan harus mandi setiap hari dan menggunakan deodoran untuk membantu mengendalikan bau badan.

Anak perempuan juga menghadapi masalah menstruasi selama masa pubertas. Ini bisa sangat membingungkan dan memalukan bagi mereka. Mereka mungkin merasa seperti bocor atau semua orang dapat mengetahui kapan mereka mengalami menstruasi. Penting bagi anak perempuan untuk berbicara dengan ibu mereka atau orang dewasa tepercaya lainnya tentang hal ini sehingga mereka dapat belajar bagaimana menghadapinya.

Anak laki-laki juga mengalami beberapa perubahan selama masa pubertas. Suara mereka akan menjadi lebih dalam, otot mereka akan menjadi lebih besar, dan mereka akan mulai menumbuhkan rambut di wajah, dada, dan punggung mereka. Beberapa anak laki-laki mungkin merasa sadar diri tentang perubahan ini, tetapi itu semua adalah bagian normal dari pubertas.

Bagaimana Membantu Anak Anda Melalui Pubertas

Pubertas bisa menjadi masa yang sulit bagi anak-anak, baik secara fisik maupun emosional. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu anak Anda melewati masa sulit ini:

1. Berada di sana untuk mereka. Biarkan mereka tahu bahwa Anda bersedia untuk berbicara tentang apa pun yang mungkin mereka alami.

2. Bantu mereka memahami apa yang terjadi pada tubuh mereka. Pubertas bisa membingungkan, jadi bantu mereka memahami perubahan yang mereka alami.

3. Mendorong kebiasaan sehat. Makan dengan benar dan cukup berolahraga akan membantu tubuh anak Anda mengatasi tuntutan pubertas.

4. Sabar. Mungkin sulit untuk melihat anak Anda mengalami perubahan ini, tetapi ingatlah bahwa ini hanyalah sebuah fase dan pada akhirnya akan berakhir.

Kesimpulan

Pubertas adalah masa perubahan besar bagi anak laki-laki dan perempuan, baik secara fisik maupun emosional. Ini bisa menjadi waktu yang sulit bagi banyak orang, karena mereka menghadapi tantangan dan masalah baru yang mungkin belum pernah mereka hadapi sebelumnya. Namun, dengan dukungan yang tepat, pubertas juga bisa menjadi masa pertumbuhan dan penemuan yang hebat. Kami berharap artikel ini membantu Anda untuk lebih memahami perubahan yang terjadi selama masa pubertas dan tantangan yang mungkin dihadapi anak Anda selama masa ini.

(ALN-Frns)

Scroll to Top