7 Model Pintu Minimalis Paling Favorit Keluarga Indonesia Di Tahun 2023

Bagikan:

AshefaNews – Mempunyai hunian yang nyaman tentunya adalah impian semua orang. Tanah yang luas, udara sejuk, dan lingkungan asri merupakan tiga kriteria lahan yang cocok untuk membangun rumah pribadi. Namun sebelum menentukan lokasi terlebih dahulu Anda harus membuat desain rumahnya. Mulai dari rancangan pondasi, atap, penataan ruangan, dan lainnya. Jangan lupakan juga memilih model pintu minimalis yang akan Anda gunakan sebagai akses jalan masuk utama.

Pintu memang salah satu komponen rumah yang sangat penting. Sebab, kehadirannya bukan saja alat pelindung untuk menghindarkan penghuninya dari ancaman bahaya. Melainkan juga sebagai ornamen atau hiasan yang bisa mempercantik tampilan rumah. Supaya tidak salah memilih model pintunya, sebaiknya minta saran kepada ahlinya. Tidak lain dan bukan adalah jasa desain interior rumah.

Biasanya orang-orang yang bekerja di bidang desain interior sangat mengerti betul bagaimana model pintu yang tepat untuk sebuah hunian. Namun jika ingin menggunakan pilihan sendiri juga tak jadi masalah. Justru malah lebih baik karena desainnya sesuai  dengan keinginan si penghuni rumah. Berikut beberapa pilihan model pintu minimalis yang mungkin bisa jadi bahan referensi Anda.

Model Pintu Minimalis Paling Favorit Keluarga Indonesia

1. Model Pintu Bergaya Kontemporer

Beberapa bulan belakangan keluarga Indonesia tengah menyukai model pintu minimalis dari kayu yang bergaya kontemporer. Pintu yang satu ini bisa Anda posisikan di ruangan manapun. Entah itu di bagian ruang tamu, kamar tidur, atau kamar mandi. Model yang satu ini sangat fleksibel serta mudah dipadukan dengan warna dinding apapun.

Kayu yang sejatinya adalah bahan alami bertemu dengan model minimalis akan menciptakan entry way yang sangat impresif. Mencarinya di pasaran  pun juga tidak begitu susah. Di luaran sana banyak toko-toko  yang menjual model pintu satu ini dengan harga bervariasi.  Tinggal pilih saja mana yang sekiranya cocok dengan desain rumah Anda.

2. Model Pintu Folding Door (Lipat Kaca)

Folding Door atau kaca lipat adalah model pintu minimalis terbaru yang ada di abad 21 ini. Model seperti ini sering terlihat di rumah-rumah mewah milik selebriti Hollywood. Kaca yang berukuran besar mampu membuat rumah seolah-olah tampak luas. Sementara itu bentuknya yang transparan akan memanjakan penghuninya dengan pemandangan alam mempesona dari luar rumah.

Meski kelihatannya bagus, tetapi tidak semua hunian bisa menggunakan model Folding Door. Hanya rumah yang memiliki halaman luas serta pagar yang cukup tinggi. Untuk rumah berukuran kecil dan tidak ada pagar sebaiknya jangan. Karena area dalam rumah sangat rawan terlihat oleh orang yang berlalu lalang. Terlebih bahan kaca itu mudah pecah. Jadi pilihlah produk  berkualitas yang memiliki kelebihan anti pecah dan anti peluru.

3. Model Pintu Kayu Tertutup Rapat

Bahan kayu sepertinya menjadi model pintu minimalis modern yang paling banyak diburu oleh konsumen. Dari dulu hingga sekarang eksistensinya tidak pernah pudar termakan oleh zaman. Anda bisa melihat,  hampir seluruh rumah di Indonesia memasang pintu yang terbuat dari kayu. Secara keseluruhan model pintu ini tidak menggunakan campuran bahan apapun.

Jenis kayu yang banyak digunakan model pintu kayu tertutup adalah kayu jati. Tukang sengaja memilih bahan ini karena mampu bertahan hingga 20 tahun lamanya. Untuk satu pintu yang sudah jadi terbilang cukup mahal dan lumayan menguras isi dompet. Di Jepara saja harga pintu berukuran 149 x 220 cm bernilai Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000. Memang sedikit mahal karena bahan yang digunakan adalah kayu jati asli.

4. Model Pintu Dengan Lubang Surat

Model pintu yang ada lubang suratnya dulu sangat populer sebelum teknologi internet berkembang pesat seperti sekarang. Fungsi dari lubang tersebut untuk memasukkan surat ke dalam  apabila penghuninya sedang tidak ada di rumah. Akan tetapi model pintu satu ini sudah jarang ditemukan karena orang-orang zaman sekarang tidak lagi berkirim surat melalui pos. Melainkan telah beralih menggunakan e-mail atau surat elektronik.

Apabila Anda tertarik dengan model pintu dengan lubang surat, tidak ada salahnya mencoba memasangnya di rumah. Secara tidak langsung Anda memudahkan pekerjaan si pengantar pos. Semisal penghuni tidak ada rumah, kiriman paket atau surat akan dimasukkan lewat lubang tersebut. Daripada ditaruh depan rumah, sangat rawan ada orang yang mencurinya.

5. Model Pintu Sliding Door

Kalau Anda mau model pintu yang tak biasa, mungkin tipe sliding door atau pintu geser bisa jadi solusinya. Cobalah buat kombinasi warna yang sama antara pintu dan jendela. Pasti hasilnya akan sangat bagus saat dipandang. Untuk contohnya seperti pada gambar di atas. Anda pun jadi lebih menghemat ruang karena saat pintu dibuka tidak terlalu memakan sudut area rumah.

Namun, sebelum memasang model sliding door pastikan pilih bahan yang berkualitas. Lakukan pengecekan guna melihat seberapa awet kayu yang akan Anda gunakan itu. Lalu periksa juga bagian slider atau penggeser pintunya. Pastikan bagian tersebut cukup kuat dan tidak ada bagian yang berkarat sama sekali. Jika ingin memasang model pintu ini maka dana yang Anda butuhkan kurang lebih berkisar Rp2.000.000 hingga Rp10.000.000.

6. Model Pintu yang Gagangnya Besar

Apakah Anda bosan dengan model pintu yang itu-itu saja?. Sebagai alternatifnya coba pasang  pintu yang punya gagangnya besar. Untuk  contoh model pintunya seperti pada gambar di atas. Anda bisa mengaplikasikannya di bagian pintu masuk. Supaya terlihat lebih elegan pasang juga dua jendela tepat di samping kanan dan kiri pintu. 

Ukuran jendelanya jangan terlalu besar atau kecil. Cukup sesuaikan saja dengan space yang tersisa. Lalu untuk warnanya bisa menggunakan hitam atau cokelat. Sebenarnya warna apa saja bisa tergantung selera masing-masing orang. Kalau dilihat dari segi fungsinya tidak ada yang berubah satupun. Tetapi yang membuatnya berbeda adalah perpaduan pintu  dengan gagang besar dapat memunculkan desain interior yang terkesan modis.

7. Model Pintu Polosan

Model pintu polosan  sangat cocok bagi Anda yang mempunyai kepribadian simpel dan tidak  suka sesuatu yang mencolok. Meskipun kelihatannya biasa saja, tetapi akan jadi lebih bagus jika berada di tangan yang tepat. Terlebih cara perawatannya pun terbilang sangat mudah dan tak memerlukan keahlian khusus. Untuk memperolehnya juga bisa dipesan via online semisal di sekitar tempat tinggal Anda tidak ada yang menjualnya.

Setiap toko mempunyai harga yang berbeda-beda untuk satu model pintu polosan ini. Tak perlu khawatir harganya masih cukup terjangkau jika dibandingkan model pintu sliding door.  Anda cukup merogoh kocek antara Rp800.000 hingga Rp1.500.000.  Sebelum membeli tanyakan dulu kepada tukang kayunya apakah  bahan yang digunakan itu benar-benar berkualitas atau tidak. 

Kesimpulan

Itulah 7 model pintu minimalis yang bisa dipilih untuk menghiasi bagian depan rumah. Semoga salah satunya ada yang cocok dengan selera Anda. Satu hal penting yang perlu  diperhatikan sebelum membeli adalah pastikan dulu kualitas kayunya. Kalau memungkinkan pilih bahan dengan kelebihan tahan terhadap segala kondisi cuaca. Agar saat di pakai nanti tidak cepat rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

(FR – Indri)

Scroll to Top