SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Ide Desain Gambar Rumah Murah, Namun Tetap Kuat dan Estetik

Bagikan:

AshefaNews – Jika Anda memiliki anggaran terbatas, jangan buru-buru melepaskan impian membangun rumah. Jika memiliki sebidang tanah, Anda dapat membuat rencana gambar rumah yang murah namun tetap kuat dan estetik. Bagaimana caranya?

Desain Gambar Rumah
Desain Gambar Rumah (Foto : Istimewa)

Setiap orang memimpikan sesuatu yang berbeda, tetapi setiap orang dipersatukan oleh keinginan untuk memiliki rumah sendiri. Banyak yang percaya bahwa ini adalah mimpi yang mustahil karena meskipun ada cukup uang untuk membeli lahan yang relatif murah, dibutuhkan banyak dana untuk berinvestasi dalam konstruksi.

Namun keyakinan itu ternyata tidak benar! Anda dapat membangun rumah sendiri dengan cepat dan murah. Rumah itu tetap akan memiliki 3 kamar. Biaya membangun rumah untuk hidup secara langsung dipengaruhi oleh 3 indikator penting:

  • Solusi perencanaan dan arsitektur. Tata letak harus fungsional, kompak, senyaman dan semodern mungkin. Jika Anda menyelesaikan semua langkah, Anda dapat menghemat hingga 20%.
  • Solusi konstruktif. Itu harus sederhana, tanpa dekorasi arsitektur yang berlebihan dan rasional. Saat Anda mencapai tujuan ini, Anda akan menghemat 10% lagi.
  • Material yang digunakan dan upah pekerja. Bahan bangunan harus modern dan relatif murah, serta pekerjaan harus efisien. Pada titik ini Anda dapat menghemat hingga 40%!.

Aturan Mendesain Gambar Rumah Murah Namun Kuat

Ide Desain Gambar Rumah Murah, Namun Tetap Kuat dan Estetik
Ide Desain Gambar Rumah Murah, Namun Tetap Kuat dan Estetik (Foto : Istimewa)

Dengan desain gambar rumah yang “tepat”, yaitu konstruksi yang kokoh, dengan mempertimbangkan fitur utama rumah, gaya hidup anggota keluarga, dan anggaran yang tersedia. Agar rencana menjadi kenyataan, selain prinsip-prinsip yang berkaitan langsung dengan rumah, penting untuk mengikuti aturan berikut.

  • Singkirkan kesalahpahaman bahwa Anda membutuhkan material termurah untuk membangun rumah murah. Lebih baik mendekati masalah pemilihan bahan dengan cara yang kompleks: bandingkan kelebihan dan kekurangan, pelajari spesifikasi teknologi dan pilih berdasarkan ketersediaan.
  • Anda tidak dapat membangun rumah tanpa rencana desain, geologi lahan itu, dan estimasi biaya yang diperhitungkan dengan cermat. Semua itu akan membantu menghemat biaya yang tak perlu.

Seperti Apa Desain Gambar Rumah Murah?

Ide Desain Gambar Rumah Murah
Ide Desain Gambar Rumah Murah (Istimewa)

Sebuah desain gambar rumah dengan anggaran murah akan memiliki serangkaian fitur karakteristik eksternal seperti berikut :

Bentuk Persegi Panjang Sederhana

Semakin sederhana bentuk rumah, semakin murah konstruksinya. Proyek rumah dengan jendela rongga atau bentuk melengkung rumit lainnya lebih sulit dan mahal untuk diterapkan. Apalagi interior dengan bentuk yang kompleks tentu akan lebih mahal lagi. 

Jadikan konstruksi itu lebih mahal dari elemen arsitektur apa pun yang melampaui kontur rumah, misalnya: balkon, arcade, dan teras.

Bentuk Standar Atap dengan Dua Kemiringan

Struktur dan bahan atap, pemasangannya adalah salah satu material paling mahal. Semakin kompleks bentuk atapnya, maka semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan untuk membangunnya.

Bentuk Jendela Tradisional

Dalam desain gambar rumah, biaya untuk membuat jendela non-standar jauh lebih tinggi daripada jendela persegi panjang konvensional. Konvektor lantai dipasang ke jendela dari lantai ke langit-langit dan pintu teras akan meningkatkan biaya. Pertimbangkan ini juga saat akan merancang gambar rumah.

Prinsip Perencanaan Anggaran Pembangunan Rumah

Rekomendasi perencanaan pembuatan rumah kelas ekonomi adalah sebagai berikut:

  • Area kecil dinding internal : Semakin kecil luas dinding bagian dalam, semakin menguntungkan. Tata letak yang rumit tidak boleh diterapkan sebab akan membengkakkan biaya.
  • Mendapatkan hasil maksimal dari setiap meter persegi ruang : Untuk indikatornya, Anda dapat mengambil rasio total dan ruang yang dapat digunakan. Misalnya, tata letak rumah terdiri dari tiga ruangan, dengan luas total 72,3 m2, dan sepenuhnya memenuhi kebutuhan manusia modern akan perumahan. Rasio total dan area yang dapat digunakan dalam proyek ini (65,3 / 72,3 m2) adalah 90,3%.
  • Penggunaan ruang kecil : Bangunan, yang dimensinya melebihi 6 * 6 m, membutuhkan struktur lantai yang diperkuat di atasnya. Itu akan meningkatkan biaya pembangunan rumah.
  • Tidak adanya dinding penahan beban di atas bentang : dinding penahan beban di lantai dua harus ditopang tidak hanya di lantai itu sendiri, tetapi juga pada struktur penahan beban di lantai pertama. Di bawah dinding penahan beban lantai 2, tidak boleh hanya ada partisi dinding atau ruang kosong – harus ada struktur pendukung penahan beban. 
  • Perlu juga diperhatikan lokasi dapur dan kamar mandi, karena kamar ini adalah yang paling mahal dalam desain interior (berdasarkan biaya per meter persegi). Kedua ruang itu membutuhkan ventilasi, pipa ledeng dan saluran pembuangan, pemasangan peralatan yang sesuai, dan pengerjaan ubin pada dekorasi interior adalah salah satu yang paling mahal. Oleh karena itu, jika pengembang mencoba untuk mengurangi biaya, total luas ruangan ini tidak boleh besar, dan juga menguntungkan untuk menempatkannya bersebelahan.
  • Lahan yang mulus dan datar akan menentukan fondasi yang lebih baik. Oleh karena itu, saat memilih lokasi untuk konstruksi, penting untuk mempertimbangkan indikator tanah dan data geodesi. Geologi dan geodesi memungkinkan untuk menentukan sifat tanah, kontur tanah dan, berdasarkan perhitungan, menunjukkan jenis pondasi apa yang dapat dibangun. Dalam beberapa kasus, jenis tanah membutuhkan struktur yang diperkuat, tetapi seringkali pondasi strip yang murah sudah cukup untuk bangunan tempat tinggal kecil. Geodesi akan memperjelas berapa banyak penggalian yang harus dihitung dan di tempat mana di situs tersebut hingga kedalaman berapa untuk meletakkan fondasinya. Dengan kata sederhana, geodesi adalah jaminan kekuatan dan keandalan rumah Anda dengan biaya yang relatif murah. 
  • Bagi sebagian besar pengembang, konsep “anggaran” dikaitkan dengan bingkai atau rumah kayu. Namun harga material dinding sangat bervariasi tergantung wilayah konstruksinya. Di satu wilayah, lebih murah membangun tembok dari beton. Di tempat lain, mungkin ada harga kayu cukup terjangkau.

Ide Desain Gambar Rumah Murah Kuat dan Estetik

Agar makin mendapatkan gambaran yang jelas mengenai seperti apa tampilan rumah murah itu. Berikut beberapa ide desain gambar rumah yang meski murah dalam hal biaya konstruksi namun tetap mengutamakan kekuatan dan juga nilai keindahan.

(GE – HKM)

Scroll to Top