SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Kunjungi Smelter Gunbuster, DPR Cari Penyebab Kebakaran

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Komisi VII DPR RI melakukan kunjungan spesifik ke lokasi kebakaran smelter nikel di PT Gunbuster Nickel Industry, Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Wakil Ketua Komisi VII DPR Bambang Haryadi mengatakan kunjungan spesifik ini dilakukan untuk mengetahui secara luas penyebab terjadinya kebakaran di smelter nikel terbesar di Sulteng ini.

“Kami sudah melihat secara langsung kondisi lokasi kejadian. Dari hasil itu, kami menduga kejadian tersebut tak murni kelalaian manusia, tapi juga karena ada permasalahan teknis pada peralatan,” kata Bambang dalam keterangannya, Kamis (5/1/2023).

Lebih lanjut, Bambang mengaku jika pihaknya juga tidak mendapatkan penjelasan utuh dari pihak perusahaan atas penyebab kejadian tersebut lantaran pucuk pimpinan tidak ada.

Tak hanya itu, politikus Gerindra ini mengaku jika pihak Kemenperin sudah meminta pemeriksaan terkait permasalahan teknis sejak 27 Desember 2022 lalu, namun ditolak oleh pihak perusahaan.

“Kita juga dapat informasi dari Kemenperin jika permintaan mereka ditolak perusahaan, nah itu yang mau dalami juga tapi ternyata pimpinannya tidak ada,” jelas Bambang.

Lebih lanjut, Bambang mengaku jika Komisi VII DPR akan segera mengagendakan pemanggilan kepada seluruh pihak terkait atas kejadian kebakaran ini. Pemanggilan direncanakan dilakukan setelah masa sidang dibuka. Hal ini dilakukan untuk mengklasifikasi permasalah teknis penyebab kebakaran.

“Industri pengolahan nikel ini memiliki resiko kerja tinggi. Jadi semua peralatan yang ada perlu memenuhi standar uji kelayakan. Semua untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja karena unsur teknis” kataBambang

“Usulan dari fraksi fraksi di komisi VII agar dibentuk panja untuk mendalami kejadian ini untuk evaluasi dan pengawasan menyeluruh, karena bisa saja akan terjadi di smelter lainnya. Dan semangat dari komisi VII agar tidak ada korban nyawa akibat permasalahan teknis,” tukasnya.

(GE – TYO)

Scroll to Top