SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Kabar Sandiaga Mau Pindah ke PPP, Gerindra: Kita Nggak Ada Masalah

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Beredar kabar jika kader Gerindra yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno akan berpindah ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP) demi ambisinya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengaku jika partainya tak mempermasalahkan dan mengambil pusing atas isu yang berhembus itu.

Menurutnya, Partai berlambang Garuda itu selalu mempersilahkan semua anak bangsa untuk berkompetisi secara sehat dalam demokrasi Indonesia.

“Saya pikir gak ada masalah (Sandiaga pindah) dari Gerindra. Karena bagi kami semua anak bangsa itu berhak berkompetisi secara sehat dalam demokrasi kita. Dan sesudahnya kita sama-sama bangun bangsa dan negara ini,” kata Dasco kepada wartawan, Kamis (29/12/2022).

Wakil Ketua DPR ini pun mengaku jika Gerindra juga tak mempermasalahkan untuk Sandiaga jika ingin berpastisipasi dalam bursa capres. Akan tetapi, Dasco menegaskan jika Gerindra sudah mematenkan diri untuk mengusung Prabowo Subianto dan tak membuka ruang bagi sosok lain menjadi capres dari partainya. Sehingga dia mempersilahkan orang tersebut mencalonkan diri lewat partai politik (parpol) lain.

“Maju capres dan cawapres itu saya pikir adalah hak seseorang, jadi silahkan saja. Tapi harus diingat bahwa di Gerindra slot Capres cuma satu yakni untuk pak Prabowo,” tegas Dasco.

“Kalau memang kekeh tetap ingin maju (Sandiaga), ya tak bisa dari Gerindra dan silahkan saja ambil slot dari partai lain,” sambung Dasco.

Lebih jauh, Dasco pun mengaku sampai saat ini belum mendapat surat pengunduran diri dari Sandiaga terkait kepindahannya ke PPP. Namun dia menegaskan, berdasar aturan partai jika memang Sandi benar pindah maka keanggotaannya dari Gerindra bakal gugur dan posisinya sebagai Menteri bisa digantikan.

“Saya cek sih sampai saat ini (surat pengunduran diri Sandiaga) belum ada dan terima. Tapi berdasar aturan undang-undang parpol, kalau seorang beralih dan pindah jadi kader parpol lain maka secara otomatis keanggotaan dan haknya di partai sebelumnya gugur,” tutup Dasco.

Sebelumnya, Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi alias Awiek tak secara gamblang menyampaikan soal kabar bakal bergabungnya Menparekraf yang juga kader Gerindra Sandiaga Uno ke partai berlambang Ka’bah ini.

Menurut Awiek, PPP sangat menghormati etika politik bahwa Sandiaga saat ini masih sebagai kader Gerindra. Kendati demikian, dia mengaku menyambut baik jika Sandi memang benar-benar ingin bergabung ke PPP.

“Ya kalau kemudian ada informasi dari Gerindra seperti itu, ya mudah-mudahan. Kita sih menyambut baik,” kata Awiek saat dihubungi, Rabu (28/12).

Awiek mengaku jika selama ini PPP memiliki hubungan baik dengan Sandiaga. Apalagi beberapa kali PPP mengundang Sandiaga untu hadir di acara partai.

(RM – TYO)

Scroll to Top