SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

9 mobil listrik termurah di indonesia, Harganya Mulai dari Rp 200 Jutaan

Bagikan:

AshefaNews – Mobil listrik kini semakin populer di Indonesia. Harganya pun semakin terjangkau bagi masyarakat. Di artikel ini, kita akan membahas tentang 9 mobil listrik termurah di Indonesia yang harganya mulai dari Rp 200 jutaan. Apa saja keuntungannya dan alasan mengapa mereka begitu populer? Temukan jawabannya di sini!

Apa itu mobil listrik?

Apa itu mobil listrik? Mobil listrik adalah jenis mobil yang menggunakan baterai sebagai sumber energinya. Baterai ini biasanya ditarik dari generator atau pusat listrik. Dengan demikian, mobil listrik tidak menghasilkan asap dan sangat ramah lingkungan. Selain itu, biaya operasional mobil listrik jauh lebih murah dibandingkan mobil bensin atau diesel.

Kelebihan dan Kekurangan mobil listrik

Mobil listrik menjadi salah satu solusi alternatif bagi penggunaan kendaraan bertenaga bahan bakar fosil yang semakin berbahaya bagi lingkungan. Mobil listrik memang tidak sepenuhnya bebas dari masalah, namun tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan mobil listrik:

Kelebihan Mobil Listrik:

Lingkungan yang lebih bersih

Mobil listrik beroperasi tanpa mengeluarkan emisi gas buang, sehingga dapat mengurangi polusi udara dan berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih.

Hemat biaya bahan bakar

Mobil listrik beroperasi dengan menggunakan energi listrik yang lebih murah daripada bahan bakar fosil, sehingga dapat menghemat biaya bahan bakar Anda.

Suara lebih tenang

Karena tidak menggunakan mesin pembakaran internal yang berisik, mobil listrik menghasilkan suara yang jauh lebih tenang saat beroperasi, sehingga memberikan kenyamanan lebih bagi pengendara dan lingkungan.

Kinerja yang lebih baik

Mobil listrik memiliki torsi yang lebih tinggi dan akselerasi yang lebih cepat dibandingkan dengan mobil konvensional. Dengan tidak memiliki transmisi, mobil listrik dapat mengalirkan tenaga langsung ke roda, sehingga memberikan pengalaman mengemudi yang lebih halus dan responsif.

Kurang perawatan

Mobil listrik memiliki sedikit perawatan yang diperlukan karena tidak memiliki mesin pembakaran internal, seperti penggantian oli dan penggantian busi.

Kekurangan Mobil Listrik:

Harga yang lebih mahal

Harga mobil listrik saat ini masih relatif lebih mahal daripada mobil bertenaga bahan bakar fosil. Meskipun mobil listrik lebih hemat biaya bahan bakar, namun harganya yang lebih mahal dapat menjadi faktor penghambat bagi banyak orang.

Jangkauan yang terbatas

Jangkauan mobil listrik terbatas dibandingkan dengan mobil konvensional. Meskipun beberapa model mobil listrik memiliki jangkauan hingga 400-500 km, namun masih ada kendala pada infrastruktur pengisian daya yang belum terlalu luas dan seringkali memerlukan waktu yang lama untuk pengisian daya.

Waktu pengisian daya yang lama

Waktu pengisian daya mobil listrik relatif lebih lama daripada mengisi bahan bakar mobil konvensional. Meskipun ada teknologi pengisian cepat, namun tidak selalu tersedia di semua tempat.

Kurangnya variasi model mobil listrik

Meskipun jumlah mobil listrik di pasar semakin bertambah, namun variasi model mobil listrik masih relatif terbatas dibandingkan dengan mobil bertenaga bahan bakar fosil. Hal ini mungkin akan berubah seiring dengan meningkatnya permintaan pasar.

Ketergantungan pada baterai

Mobil listrik bergantung pada baterai sebagai sumber daya, sehingga jika baterai rusak atau kehabisan daya, mobil listrik tidak dapat beroperasi.

Perbandingan harga mobil listrik dengan mobil bensin

Perbandingan harga mobil listrik dengan mobil bensin di Indonesia biasanya dilihat dari segi biaya operasional per tahunnya. Biaya operasional untuk mobil listrik rata-rata lebih rendah dibandingkan dengan mobil bensin, karena harga BBM dan pemeliharaan umumnya lebih mahal untuk mobil bensin. Oleh karena itu, meskipun ongkos beli mobil listrik sedikit lebih mahal dari pada mobil bensin, tetapi dalam jangka panjang biaya operasionalnya akan lebih murah. Selain itu, faktor lain yang harus diperhitungkan adalah nilai jual kembali (resale value) dari kedua jenis mobil tersebut. Umumnya, nilai jual kembali mobil listrik lebih rendah dibandingkan dengan mobil bensin karena teknologi masih belum begitu maju dan berkembang pesat di Indonesia.

Pengalaman menggunakan mobil listrik

Pengalaman menggunakan mobil listrik di Indonesia sangat positif. Kebanyakan orang mengatakan bahwa mereka merasa lebih nyaman dan lebih aman ketika mengemudi mobil listrik dibandingkan dengan mobil bensin atau diesel. Selain itu, biaya operasional mobil listrik jauh lebih rendah daripada mobil bensin atau diesel.

Selain itu, banyak orang yang menyukai pengalaman menggunakan mobil listrik karena kemudahan dan ketenangan yang ditawarkan. Ketinggian kabin mobil listrik lebih tinggi, sehingga Anda dapat melihat apa yang terjadi di jalan raya dengan lebih baik. Selain itu, suara mesin mobil listrik jauh lebih halus dan tenang daripada mesin bensin atau diesel.

Meskipun masih banyak hambatan di Indonesia untuk membuat mobil listrik mudah diakses oleh masyarakat, namun pengalaman menggunakannya sangat positif. Hal ini berarti bahwa jika masyarakat Indonesia ingin benar-benar mengubah cara mereka bepergian dengan ramah lingkungan, mereka harus memberikan dukungan penuh untuk pembentukan infrastruktur listrik untuk membuat mobil listrik mudah diakses dan terjangkau.

Saran untuk pembeli mobil listrik pertama

1. Pastikan Anda memahami semua biaya yang terkait dengan pembelian dan pemeliharaan mobil listrik. Ini termasuk biaya perawatan, biaya tagihan listrik, dan biaya baterai jika tersedia. 

2. Pastikan untuk mengevaluasi berbagai opsi yang tersedia ketika memilih mobil listrik yang tepat untuk Anda. Lihatkan ukuran baterai, jangkauan, kemampuan muat, fitur keselamatan dan lainnya.

3. Carilah kendaraan dengan harga yang sesuai budget Anda dan pastikan untuk melakukan penelitian tentang fasilitas layanan purna jual untuk mendapatkan informasi tentang garansi produk dan dukungan teknis tambahan yang mungkin dibutuhkan setelah pembelian.

4. Bersiaplah untuk melakukan perawatan tambahan, seperti mengisi baterai secara teratur dan memeriksa kondisi mesin mobil listrik Anda.

5. Pastikan untuk memiliki sumber daya yang tepat saat mengisi ulang baterai, seperti titik listrik atau stasiun pengisian khusus.

6. Pastikan untuk memeriksa garansi dan jaminan yang ditawarkan oleh produsen mobil listrik Anda sebelum membeli.

7. Jadilah pembeli cerdas! Pelajari lebih banyak tentang mobil listrik, termasuk cara mengoperasikannya dengan aman, sehingga Anda dapat menikmati mobil listrik Anda dengan aman dan nyaman.

Wuling Air EV – Rp 238 Juta

Wuling Air EV adalah mobil listrik yang paling murah di Indonesia, harganya mulai dari Rp 238 juta. Mobil ini diluncurkan pada September 2020 dan sejauh ini telah mendapatkan sambutan positif dari masyarakat Indonesia. Wuling Air EV memiliki baterai sebesar 24 kWh yang menawarkan jarak tempuh hingga 200 km dengan satu kali charge. Fitur-fitur unggulan lainnya termasuk airbag, park assist, dan traction control.

Sebagai mobil listrik, Wuling Air EV juga memiliki klaim efisiensi bahan bakar yang tinggi dan menawarkan penghematan biaya operasional. Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem pengisian daya cepat yang dapat mengisi daya hingga 80% dalam waktu 30 menit.

DFSK Gelora Electric – Rp 484 Juta

DFSK Gelora Electric – Rp 484 Juta. SUVs 7-seater dengan harga murah dan berkualitas, DFSK Gelora Electric memang cocok buat Anda yang ingin mencari mobil listrik. Harganya yang terjangkau, yakni Rp 484 juta, tentu saja menarik perhatian pencari mobil. Selain itu, fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap seperti AC double blower, lampu LED projector, airbag 2 buah, seatbelt 3 titik untuk setiap penumpangnya.

Mesinnya pun cukup bertenaga, dengan daya maksimal sebesar 70 kW (94 hp) dan torsi maksimal 145 Nm. DFSK Gelora Electric memiliki jarak tempuh hingga 380 km (ECO Mode).

Hyundai Ioniq Electric – Rp 682 juta

Hyundai Ioniq Electric sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki mobil listrik dengan harga yang terjangkau. Hyundai Ioniq Electric hanya dibanderol dengan harga Rp 682 juta, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membelinya.

Mobil ini memiliki baterai lithium-ion sebesar 38.3 kWh yang dapat menyimpan daya hingga 280 km (168 mil). Ioniq Electric juga dilengkapi dengan motor elektrik berkekuatan 100 kW dan torsi 295 Nm yang dapat mencapai kecepatan maksimum 160 km/ jam.

Nissan Leaf – Rp 728 juta

Nissan Leaf adalah mobil listrik yang paling mahal di Indonesia, dengan harga sebesar Rp 728 juta. Mobil ini diluncurkan pada tahun 2017 dan memiliki berbagai fitur unggulan, seperti teknologi ProPILOT Park, sistem audio Bose premium, dan kamera 360 derajat. Meskipun begitu, banderol harganya yang mahal membuat banyak orang ragu untuk membelinya.

Meskipun begitu, mobil ini masih populer di kalangan pecinta mobil listrik. Nissan Leaf menawarkan berbagai manfaat seperti emisi nol dan biaya operasional yang rendah. Baterai 40 kWh-nya juga dapat menyediakan jarak tempuh hingga 311 km dengan pengisian penuh. Dengan semua fitur unggulannya, Nissan Leaf adalah pilihan yang tepat untuk orang-orang yang ingin memiliki mobil listrik premium di Indonesia.

Hyundai Ioniq 5 – Rp 748 juta sampai Rp 859 juta

Hyundai Ioniq 5 menawarkan gaya yang unik dan dapat diandalkan dengan harga yang terjangkau. Model ini tersedia dalam beberapa varian, mulai dari Rp 748 juta sampai Rp 859 juta. Hyundai Ioniq 5 memiliki beberapa fitur unggulan, seperti teknologi Super Cruise, sistem infotainment berbasis Android Auto/Apple CarPlay, dan baterai lithium-ion 64 kWh.

Fitur lainnya termasuk konfigurasi dua ruang kursi belakang, pengaturan suspensi adaptif yang menyesuaikan gaya berkendara Anda, dan fitur pengenalan wajah. Model ini juga dilengkapi dengan motor listrik berdaya 225 hp yang memberikan akselerasi sports car dan kemampuan lintasan tanjakan yang luar biasa.

Hyundai Kona Electric – Rp 742 juta

Hyundai Kona Electric adalah salah satu mobil listrik termurah di Indonesia, dengan harga mulai dari Rp 742 juta. Mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti sistem navigasi, kamera 360 derajat, dan baterai yang dapat diisi ulang. Selain itu, Hyundai Kona Electric juga memiliki desain yang modern dan elegan.

Mini Electric – Rp 945 juta

Mobil Listrik Mini Electric adalah salah satu mobil listrik yang populer di Indonesia. Mobil ini diproduksi oleh perusahaan asal Inggris, Mini, dan memiliki harga sekitar Rp 945 juta. Mobil ini memiliki desain yang keren dan stylish serta dilengkapi dengan teknologi canggih, seperti sistem infotainment, kamera belakang, sensor parkir, dan sistem keamanan yang lengkap.

Kelebihan Mobil Listrik Mini Electric antara lain, tidak menghasilkan emisi gas buang sehingga dapat mengurangi polusi udara dan berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih. Selain itu, mobil ini hemat biaya bahan bakar karena beroperasi dengan menggunakan energi listrik yang lebih murah daripada bahan bakar fosil. Kinerjanya juga cukup baik dengan tenaga yang cukup besar dan responsif, mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 150 km/jam dan memiliki akselerasi yang cepat.

Namun, Mobil Listrik Mini Electric juga memiliki kekurangan, yaitu jangkauan yang terbatas. Mobil ini hanya mampu menempuh jarak sekitar 235 km dalam satu kali pengisian daya, yang terbilang terbatas dibandingkan dengan mobil konvensional. Selain itu, harga yang cukup mahal juga menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil listrik ini.

Toyota BZ4X – Rp 1,190 miliar

Toyota BZ4X menawarkan berbagai fitur canggih seperti teknologi e-four all-wheel drive, sistem infotainment dengan layar sentuh berukuran 12 inci, dan juga konektivitas 5G. Selain itu, bagasi mobil ini juga cukup luas yaitu 430 liter.

Toyota BZ4X adalah mobil listrik terbaru yang diproduksi oleh Toyota. Mobil ini dilengkapi dengan teknologi yang canggih dan desain yang futuristik. Toyota BZ4X dijual dengan harga sekitar Rp 1,190 miliar di Indonesia.

Lexus UX300e – Rp 1,245 miliar

Lexus UX300e adalah mobil listrik hatchback premium yang diluncurkan oleh Lexus pada tahun 2020. Mobil ini menawarkan berbagai fitur canggih seperti kamera 360 derajat, head-up display, dan sistem infotainment Lexus Display Audio. Dengan baterai lithium-ion 62 kWh, UX300e mampu melakukan perjalanan hingga 300 km hanya dalam satu kali charge.

Lexus UX300e merupakan mobil listrik mewah dan canggih dari Lexus yang diluncurkan di Indonesia dengan harga sekitar Rp 1,245 miliar. Mobil ini dirancang dengan menggunakan teknologi terbaru dan berbagai fitur premium yang menjadikannya sebagai salah satu mobil listrik terbaik di kelasnya.

(GE – FB)

Scroll to Top