SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

makanan khas melayu Paling Wajib Dicoba

Bagikan:

AshefaNews – Indonesia selain memiliki tempat wisata alamnya yang unik. Tetapi Indonesia juga kaya akan cita rasa kuliner di berbagai daerah, salah satunya  adalah makanan khas melayu pada artikel ini. Tanah melayu sendiri memiliki beragam sajian khas kuliner yang tak kalah enak dengan daerah lainnya. 

Tempat yang satu ini bahkan berhasil menampilkan cita rasa kandungan rempah-rempah yang sangat maknyus dalam sajian di setiap menu makanannya. 

Umumnya, tanah Melayu memiliki makanan ciri khas tertentu yang mampu menggugah selera. Apalagi makanan khas yang satu ini memiliki aroma yang kuat serta pedas, sehingga mampu membuat siapa pun yang mencicipi makanan ini akan ketagihan. 

makanan khas melayu

Makanan khas melayu Paling Wajib Dicoba

Nah, jika kamu memiliki kesempatan untuk berkunjung ke tanah melayu, jangan lupa untuk mencoba beberapa sajian kuliner tersebut. Berikut adalah beberapa makanan khas melayu yang patut kalian cobain!

1. Roti jala kari ayam

Roti jala kari ayam merupakan salah satu jenis makanan khas dari tanah melayu. Roti yang satu ini walaupun dinamakan dengan nama roti, tapi bentuk roti jala tersebut tidak mirip dengan bentuk roti pada umumnya. Kenapa roti ini disebut roti jala? ya, karena bentuknya yang tipis dan mempunyai rongga-rongga yang bentuknya bahkan hampir mirip dengan jala, makanya roti ini dinamakan Roti Jala. 

Makanan roti jala sebenarnya berasal dari negara india, karena pada zaman dulu ada orang ini yang merantau pergi ke tanah melayu untuk berdagang, kemudian mereka memperkenalkan makanan khas dari india salah satunya roti jala. Pasalnya, di negara india roti jala ini lebih dikenal dengan sebutan roti prata. Namun, di tanah melayu sendiri roti jala sering dipadukan dengan kari ayam agar rasanya semakin nikmat. Apalagi biasanya roti jala sering ditambahkan dengan mentimun atau bisa juga dengan acar nanas.

Roti jala kari ayam biasanya akan disajikan pada waktu hari-hari besar saja seperti hari raya natal, hari raya idul fitri, upacara adat dan acara-acara lainnya. Nah, bagi kamu yang ingin mencicipi makanan roti jala yang satu ini gak usah khawatir lagi karena sekarang roti jala sudah banyak dijual oleh masyarakat melayu.

2. Cencaluk

Selain itu ada Cencaluk. Cencaluk sendiri merupakan makanan khas melayu yang terbuat dari udang. Biasanya udang yang digunakan untuk membuat cencaluk adalah udang geragau. Namun saat ini, udang geragau sangat sulit untuk didapatkan, karena udang tersebut banyak ditemukan pada waktu-waktu tertentu saja. 

Pada proses membuatnya, makanan Cencaluk membutuhkan waktu yang panjang sebelum disajikan. Untuk membuatnya cencaluk menggunakan udang geragau yang sudah dihaluskan, lalu di campurkan dengan bumbu rempah dapur khas. Bahkan tekstur nya sendiri hampir mirip dengan bubur.

3. Mie sagu

Mie sagu merupakan makanan khas melayu bengkalis. Bahkan mie sagu sendiri sudah menjadi menu favorit bagi masyarakat setempat yang dari zaman dahulu sampai sekarang ini. 

Untuk ciri khas mie sagu buatan Melayu Bengkalis terletak pada tambahan penyedap mie seperti tauge, ikan teri dan potongan daun kucai. Nah, mie sagu sendiri lebih terasa kenyal daripada mie yang sering kita jumpai terbuat dari tepung terigu.

4. Soto mak lung terkejut

Selanjutnya adalah Soto mak lung terkejut. Makanan khas Melayu yang satu ini juga terbilang cukup aneh. Apalagi namanya yang dinamakan dengan soto mak lung terkejut karena rasa bumbu rempah-rempah yang sangat banyak sehingga terasa asam dan pedas menjadi satu.

Nama tersebut tentunya sudah menjadi ciri khas bumbu masyarakat Riau. Pasalnya, pembuatan soto mak lung terkejut menggunakan bumbu rempah yang sangat banyak. 

5. Nasi Lemak

Nasi lemak sendiri merupakan salah satu makanan khas Melayu yang cukup populer dan paling sering diburu oleh para wisatawan. Nasi lemak banyak ditemukan di berbagai kawasan seperti Malaysia, Riau, singapura dan Brunei Darussalam.

Nasi lemak terdiri dari nasi yang diolah dengan dipadukan santan serta daun pandan sehingga akan menghasilkan aroma yang sangat sedap dan rasa yang gurih.

Biasanya nasi lemak disajikan dengan beberapa lauk seperti sambal, telur, teri, cabai, dan mentimun. Tak hanya itu saja, nasi lemak juga bisa dinikmati dengan beberapa tambahan lauk lainnya yakni ayam goreng, cumi goreng, dan tempe tahu.

Nasi lemak sendiri memang sering dinikmati oleh masyarakat Melayu dan menjadi salah satu makanan yang cukup mudah dijumpai disana.

6. Gulai tempoyak

Gulai tempoyak merupakan salah satu makanan khas Melayu Riau. Namun, makanan tersebut hanya terdapat di tanah melayu. Tempoyak yaitu durian yang sudah difermentasi terlebih dahulu.

Cara membuat gulai tempoyak sendiri hampir sama dengan dengan membuat gulai lainnya khas melayu. Dengan campuran bumbu rempah lalu dicampur dengan ikan nila sehingga tempoyak menjadi cita rasa yang sangat enak untuk dinikmati.

7. Keripik patin

Keripik patin menjadi salah satu makanan ringan khas Melayu Riau. Bahkan keripik patin sangat mudah ditemukan di toko oleh-oleh sekitar riau.

Makanan keripik patin cara membuatnya menggunakan ikan patin yang dikeringkan kemudian digoreng sampai garing setelah itu siap untuk dimakan. Keripik patin sendiri bisa bertahan hingga berbulan-bulan sehingga makanan ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi kamu yang ingin berlibur di riau.

8. Kue asidah

Kue asidah umumnya disajikan sebagai makanan pembuka dan yang menjadi salah satu dalam keunikan penyajiannya adalah kue asidah sendiri disajikan bersama dengan bawang goreng.

Sehingga kue asidah dianggap sebagai salah satu kue yang menonjolkan citarasa masakan khas Melayu. Kue ini dibuat dari perpaduan cengkeh, kayu manis, dan daun pandan. Setelah itu dikukus sekitar 20 menit, untuk hasilnya kue akan terasa lembut dan manis saat di mulut. 

9. Konde cik puan

Makanan khas Melayu yang satu ini mungkin terdengar agak sedikit aneh dengan namanya yaitu Konde cik puan. Hal tersebut kenapa namanya agak sedikit aneh? karena namanya bukanlah seperti nama makanan pada umumnya, tetapi melainkan nama sebuah barang yaitu Konde milik cik puan.

Meskipun memiliki nama yang cukup aneh, tapi jangan ragukan cita rasa dari sajian ini, karena bisa membuat siapapun yang mencobanya akan ketagihan. 

Akhir Kata

Dari beragam makanan khas melayu di atas, sebenarnya masih banyak lagi makanan khas melayu yang bisa dinikmati ketika Anda berkunjung ke daerah yang masih kental dengan budaya Melayu seperti gulai siput, mie lendiri, bacah daging dan lain sebagainya.

(GE – Khanifa)

Scroll to Top