SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Ternyata ini Manfaat Olahraga Renang

Bagikan:

AshefaNews Seperti yang diketahui, Berenang adalah salah satu olahraga yang cukup populer dan banyak diminati oleh kebanyakan orang. Berenang sendiri mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh atau kesehatan fisik dan mental.

Salah satu manfaat olahraga renang adalah dapat melatih kekebalan otot dalam tubuh sehingga bisa menghilangkan stress. Selain itu juga dapat melancarkan pernapasan, menjaga kesehatan jantung, menurunkan berat badan dan masih banyak manfaat lainnya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut terkait manfaat lainnya dari olahraga renang ini. Untuk itu, pastikan untuk membaca sampai selesai.

Apa itu olahraga renang?

Olahraga renang merupakan salah satu cabang olahraga akuatik. Yang dimana dalam olahraga renang, terdapat kecepatan gerakan kaki dan tangan yang menjadi kunci utamanya. Sebab, kecepatan gerakan kaki dan tangan sangat berperan penting agar tubuh tetap mengapung atau seperti terangkat dan tidak tenggelam.

Selain bisa menyehatkan tubuh, olahraga renang sendiri dapat dilakukan oleh semua orang tanpa harus memandang usia. Pasalnya, Kegiatan olahraga renang sering dikenal dapat membantu memperbaiki masalah postur tubuh dan melatih kekuatan otot.

Sementara itu, berenang juga termasuk dalam olahraga air yang cukup menyegarkan sehingga berenang sangat cocok dilakukan ketika musim panas. Umumnya, manfaat olahraga renang terdapat banyak ragam yang dapat menyehatkan dan meningkatkan metabolisme hingga dapat membantu tubuh membakar kalori yang lebih banyak. 

Makanya, olahraga renang menjadi olahraga pilihan terbaik untuk anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan atau proses untuk tingginya tubuh.

Manfaat olahraga renang 

Manfaat renang selain dapat meningkatkan metabolisme, renang juga dapat membantu memperbaiki masalah postur tubuh sekaligus dapat melatih ketahanan otot. Tak sampai disitu, manfaat renang juga tak boleh terlewatkan begitu saja. sebab, olahraga renang bukan hanya untuk kesehatan tubuh tetapi juga sangat penting untuk kesehatan mental.

Oleh karena itu, Olahraga renang dapat membantu menghilangkan stress. Untuk manfaat selanjutnya adalah :

1. Menurunkan berat badan

Manfaat yang pertama dari olahraga renang adalah bisa menurunkan berat badan. Seperti yang diketahui, dengan berenang selama satu jam atau lebih maka hal tersebut dapat membantu membakar sekitar 400,-700 kalori, tetapi tergantung juga pada intensitas yang dilakukan oleh setiap perenang.

Jika kamu melakukannya proses penurunan berat badan dalam waktu cepat, maka anda bisa menjadikan olahraga renang untuk menjadi menu favorit olahraga secara rutin.

Selain itu,  manfaat olahraga renang bagi kesehatan tubuh yaitu dapat mengurangi jaringan lemak di perut sehingga dapat membantu mengecilkan perut.

2. Dapat mengendalikan stress

Seperti yang dijelaskan di atas, manfaat renang sendiri juga dapat mengendalikan stress. Pasalnya, dengan berenang sudah terbukti sangat ampuh untuk memperbaiki suasana hati serta dapat menurunkan resiko depresi dan stress.

Lainnya manfaat renang juga dapat memperlambat demensia sehingga mengalami penurunan fungsi dalam berpikir.

Namun, bagi pengidap gangguan kecemasan dan depresi, renang dapat diketahui dengan membantu kevin untuk mengurangi gejala stres dan akan membuat pikiran lebih tenang jika dilakukan secara rutin.

3. Menjaga kesehatan jantung

Selanjutkan olahraga renang yang cukup populer adalah dapat menjaga kesehatan jantung serta paru-paru. Sebab, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa olahraga renang dapat meningkat sirkulasi darah dalam tubuh dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen.

Dengan begitu, tak hanya akan berdampak baik pada kesehatan jantung. Tetapi, dengan berenang secara rutin juga baik untuk memelihara fungsi berbagai organ tubuh serta dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

4. Membantu mengatasi kondisi saraf kejepit

Selain itu saraf kejepit juga dapat menyebabkan penderitanya sulit untuk beraktivitas dana akan lebih banyak sering berbaring di tempat tidur. Nah, jika dibiarkan tanpa adanya penanganan, maka hal tersebut justru akan membuat otot lemah dan membuat otot sendi menjadi tegang.

Satu dari cara lain yang dapat menyembuhkan syaraf kejepit adalah dengan berenang secara rutin. Sehingga berbagai gerakan renang dapat membuat otot-otot punggung dan tulang belakang akan menjadi lebih rilex dan santai.

5. Dapat menguatkan otot ibu hamil

Berenang sendiri bisa diketahui sehingga dapat memperkuat jantung dan membantunya lebih efisien dalam memompa sel darah. Selain itu, dalam kehamilan pun hal ini termasuk dalam olahraga yang minim cedera untuk membantu meredakan nyeri ligamen perut bagian bawah.

Sementara itu, dengan berenang dapat membantu memperkuat otot dan mencegah ketegangan punggung akibat perut yang membesar. Lakukan dengan cara melakukan rutin berenang, sehingga hal ini yang akan membantu anda dalam menjaga berat badan yang sehat selama masa kehamilan.

Pasalnya, dengan membenamkan diri dalam air juga akan mengurangi pembengkakan pada bagian lengan dan kaki ibu hamil.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Jika anda mengalami sulit tidur malam hari, solusinya adalah dengan melakukan secara rutin berenang. Pasalnya, dikutip dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga secara teratur termasuk dapat meningkatkan kualitas tidur yang cukup.

Sebab,semua rasa lelah, lemas sehabis berenang bisa membantu anda untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Bahkan tak hanya terjadi pada orang dewasa saja, tetapi anak-anak yang kelelahan habis berenang pun bisa membuat tidurnya akan menjadi lebih pulas dari malam sebelumnya.

7. Dapat melancarkan pernapasan

Selanjutnya, dapat melancarkan pernapasan. Sebab, dengan berenang dapat membantu mengembangkan kapasitas paru-paru. Yang memiliki tujuan agar renang ini dapat mendorong kemampuan anak-anak dalam mengontrol pernapasan mereka.

Namun, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal anda bisa langsung menghindari berenang dikolam yang mengandung klorin yang tinggi. Sebab kadar klorin atau kaporit yang untuk menjernihkan air, dapat dikhawatirkan bisa menyebabkan terjadinya penyempitan paru-paru. Hal tersebut dapat memicu terjadinya gangguan pernapasan seperti sesak atau napas yang pendek.

8. Membuat tubuh lebih fleksibel

Salah satu manfaat besar lainnya adalah dapat membuat tubuh lebih fleksibel, atau melatih seluruh tubuh mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Pasalnya, gaya apapun yang dipakai dalam berenang semuanya bermanfaat. Contohnya seperti gaya dada, gaya katak, gaya bebas, gaya kupu-kupu serta gaya punggung. Sebab, setiap gaya tersebut harus mengharuskan seseorang untuk menggerakkan hampir semua anggota tubuh.

Sehingga melakukan gerakan-gerakan peregangan berulang-ulang. oleh karena itu, dengan melatih otot akan membuat tubuh menjadi lebih fleksibel.

9. Menjaga Kesehatan Otak dan Mental

Tanya kesehatan fisik, renang ternyata juga dapat membantu dan mendukung proses kinerja otak. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan terhadap proses pembelajaran anak-anak yang didapat dari manfaat berenang.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang manfaat olahraga renang yang dapat kami berikan. Manfaat olahraga renang sangatlah banyak dan tidak bisa disepelekan. Jadi tunggu apa lagi mulai ambil ancang-ancang berenang. 

(FR – KHANIFA)

Scroll to Top