Indonesia Targetkan 6 Emas Dalam Kejuaraan Dunia Wushu Junior

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Tim Atlet Wushu Indonesia mematok target meraih  6 medali emas dalam di Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII 2022 yang belangsung di Jakarta 5-10 Desember 2022. Target itu dicanangkan Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI) Airlangga Hartarto saat konferensi pers jelang kejuaraan, pada Minggu (4/12/2022).

Menurut Airlangga. Kejuaraan Dunia Wushu Junior ini akan memperebutkan 71 medali emas, terdiri dari 54 emas dari nomor Taolu dan 17 emas dari nomor Sanda.  Kejuaraan ini akan diikuti para atlet wushu dari 60 negara dan 2 region (Hongkong dan Macau).  

“Target kita 6 medali emas. Yakni, 4 Emas dari nomor Taolu dan 2 emas dari nomor  Sanda,” kata Airlangga.

Airlangga menambahkan, dalam kejuaran kali ini, sebagai tuan rumah Indonesia tak hanya mengejar target medali. Tapi juga ada tiga misi yang diembannya sebagai Member Executive Committee Asian Wushu Federation (WFA).

Pertama adalah mendorong terwujudnya keinginan Federasi Wushu Internasional (IWUF) menjadikan cabang olahraga (cabor) wushu bisa dipertandingkan pada Olimpiade.

Saat ini, cabor wushu baru menembus Youth Olympic. Wushu semula akan dipertandingkan di Youth Olympic Games 2022, tetapi karena Covid-19 ditunda hingga 2026 di Dakar, Senegal.

“Lewat Kejuaraan Dunia Junior Wushu tahun 2022 ini, coba kita rajut kembali keinginan tersebut. Mudah-mudahan di Olimpiade 2032 keinginan mempertandingkan wushu bisa terealisasi,” ucapnya.  

Misi kedua, lanjutnya, , tidak mudah menggelar kegiatan olahraga setelah krisis akibat pandemi Covid-19 yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi global. “Tapi kita  percaya, sesulit apapun situasinya, optimisme harus terjaga, itu berlaku untuk semua aspek, termasuk kompetisi olahraga,” ucap Airlangga.

Dan misi terakhir adalah sebagai implementasi program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), karena Wushu menjadi bagian dari 14 cabor yang masuk daftar itu.

 “PB WI menunjukkan komitmennya dalam melakukan pembinaan atas kepercayaan pemerintah menempatkan wushu sebagai salah satu cabang olahraga DBON. Lewat Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 telah lahir atlet junior terbaik yang akan membela Merah Putih,” ujarnya.

(RM – Anto)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top