SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

apa itu senam zumba?

Bagikan:

AshefaNews – Zumba merupakan senam yang menyenangkan dan mudah dipelajari. Senam ini cocok untuk semua umur dan berbagai latar belakang olahraga. Zumba juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan, memperbaiki kondisi fisik, dan meningkatkan energi.

Senam Zumba adalah latihan fisik yang dilakukan dengan musik ritmis, yang biasanya berasal dari daerah Amerika Latin.

Apa itu senam zumba?

Senam zumba adalah gaya olahraga yang menggabungkan gerakan aerobik dengan latihan kekuatan. Gerakan-gerakannya berasal dari berbagai macam gaya tari, seperti samba, salsa, dan mambo. Zumba pertama kali diperkenalkan oleh seorang pelatih olahraga Kolombia bernama Alberto “Beto” Perez pada tahun 1990-an.

Zumba memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kondisi fisik secara umum, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kesehatan jantung. Zumba juga dapat membantu memperbaiki koordinasi tubuh dan fleksibilitas.

Sejarah senam zumba

Senam zumba adalah sebuah latihan fisik yang menggabungkan gerakan-gerakan aerobik dan latihan kekuatan. Senam zumba diciptakan oleh seorang penari dan instruktur olahraga asal Kolombia bernama Alberto “Beto” Perez pada tahun 1990-an. Awalnya, Beto hanya ingin menciptakan sebuah aktivitas olahraga yang menyenangkan bagi para penari profesional. Namun, tidak lama setelah itu, senam zumba mulai digemari oleh masyarakat umum di berbagai negara.

Gerakan-gerakan yang ada dalam senam zumba diambil dari berbagai macam gaya tarian, seperti salsa, merengue, cumbia, dan reggaeton. Selain itu, gerakannya juga mengadaptasi gaya tarian populer di Amerika Latin lainnya seperti mambo, flamenco, dan hip hop. Senam zumba sangat cocok untuk siapa saja, baik yang belum pernah berlatih olahraga sebelumnya maupun yang sudah berpengalaman.

Dari waktu ke waktu, senam zumba terus berkembang dan telah menjadi fenomena di berbagai negara. Pada tahun 2012, senam zumba mendapatkan sertifikasi dari Guinness World Records sebagai “olahraga aerobik dengan partisipan terbanyak di dunia”. Selain itu, senam zumba juga mendapatkan sertifikasi dari American Council on Exercise (ACE) sebagai “latihan aerobik yang paling efektif”.

Kini, senam zumba telah tersedia di berbagai negara di seluruh dunia. Anda dapat menemukan kelas-kelas senam zumba di gym, studio fitness, atau bahkan di sekolah-sekolah. Senam zumba juga sering diadakan sebagai acara sosial di berbagai acara dan festival.

Beto Perez

Alberto “Beto” Perez (lahir 4 Maret 1974) adalah seorang penari dan instruktur olahraga asal Kolombia. Ia dikenal sebagai pencipta senam zumba, sebuah latihan fisik yang menggabungkan gerakan-gerakan aerobik dan latihan kekuatan.

Beto lahir dan dibesarkan di Cali, Kolombia. Ia adalah anak ketujuh dari delapan bersaudara. Ayahnya bekerja sebagai tukang ojek, sedangkan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Beto mulai belajar menari sejak usia 4 tahun. Ia berlatih keras setiap hari untuk menjadi seorang penari profesional.

Pada tahun 1992, Beto lulus dari Sekolah Tinggi Seni dan Olahraga di Cali. Ia kemudian melanjutkan studinya di Universitas Javeriana dan meraih gelar sarjana dalam bidang seni tari.

Setelah lulus dari universitas, Beto mulai bekerja sebagai penari profesional. Ia pernah tampil di berbagai acara televisi dan acara-acara besar di Kolombia. Pada tahun 1995, ia bergabung dengan grup tari Cali Swing. Grup ini sering tampil di acara televisi dan mengadakan tur ke berbagai negara.

Beto juga aktif mengajar tari di berbagai sekolah dan studio fitness. Pada awalnya, ia hanya ingin menciptakan sebuah aktivitas olahraga yang menyenangkan bagi para penari profesional. Namun, tidak lama setelah itu, senam zumba mulai digemari oleh masyarakat umum di berbagai negara.

Gerakan-gerakan yang ada dalam senam zumba diambil dari berbagai macam gaya tarian, seperti salsa, merengue, cumbia, dan reggaeton. Selain itu, gerakannya juga mengadaptasi gaya tarian populer di Amerika Latin lainnya seperti mambo, flamenco, dan hip hop. Senam zumba sangat cocok untuk siapa saja, baik yang belum pernah berlatih olahraga sebelumnya maupun yang sudah berpengalaman.

Manfaat senam zumba

Senam Zumba adalah jenis olahraga yang menggabungkan gerakan aerobik dan latihan kekuatan. Olahraga ini dilakukan dengan musik yang cepat dan enerjik, sehingga Anda dapat meningkatkan kondisi fisik Anda sambil menikmati musik. Manfaat utama dari senam zumba adalah:

1. Meningkatkan kondisi fisik secara umum

2. Melancarkan peredaran darah

3. Menurunkan berat badan

4. Membakar lemak tubuh

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

6. Mengendurkan otot-otot yang kaku

7. Menstimulasi seluruh sistem tubuh

8. Meningkatkan kesehatan jantung

9. Menurunkan tekanan darah tinggi

10. Mencegah osteoporosis

Cara melakukan gerakan senam zumba

Zumba adalah sebuah gerakan senam yang menggabungkan elemen-elemen dari berbagai macam gaya senam. Gerakan-gerakannya berasal dari gaya-gaya seperti hip hop, samba, dan salsa. Zumba diciptakan oleh seorang instruktur olahraga asal Kolombia bernama Alberto “Beto” Perez pada tahun 1990-an.

Untuk melakukan gerakan senam zumba, Anda tidak perlu memiliki latar belakang pengetahuan khusus tentang senam. Yang Anda butuhkan hanyalah nyali untuk mencoba sesuatu yang baru, dan semangat untuk bergerak dan bersenang-senang. Jika Anda tertarik untuk mencoba zumba, Anda bisa menemukan kelas-kelas di pusat-pusat kebugaran atau studio-studio senam. Banyak instruktur olahraga juga menawarkan kelas privat zumba.

Setelah Anda mendapatkan instruksi dari seorang instruktur, Anda bisa mulai bergerak dengan irama musik. Gerakan-gerakannya biasanya relatif sederhana dan mudah dipelajari. Beberapa gerakan dasar yang sering digunakan dalam zumba antara lain:

1. Maraca – Untuk melakukan gerakan ini, Anda hanya perlu menggerakkan tangan seperti sedang memainkan maraca.

2. Cumbia – Cumbia adalah salah satu gaya tarian asli Kolombia. Untuk melakukannya, Anda perlu bergerak ke samping dengan langkah yang lebar, lalu mengangkat kedua tangan di atas kepala dan menggerakkan tubuh ke arah lawan jari Tangan kiri harus berada di atas Tangan Kanan.

3. Merengue – Merengue adalah gaya tarian asli Republik Dominika. Gerakannya mirip dengan cumbia, hanya saja Anda harus bergerak ke depan dan ke belakang bukan ke samping.

4. Salsa – Salsa adalah gaya tarian asli Puerto Riko. Untuk melakukannya, Anda perlu bergerak ke samping dengan langkah yang lebar, lalu mengangkat kedua tangan di atas kepala dan menggerakkan tubuh ke arah lawan jari Tangan kiri harus berada di atas Tangan Kanan.

5. Samba – Samba adalah gaya tarian asli Brazil. Gerakannya mirip dengan merengue, hanya saja Anda harus bergerak ke depan dan ke belakang bukan ke samping.

6. Hip hop – Hip hop adalah gaya tarian yang berasal dari Amerika Serikat. Gerakannya relatif bebas, sehingga Anda bisa menggabungkan beberapa gaya tarian yang Anda sukai dalam satu gerakan.

Variasi gerakan senam zumba

Variasi gerakan senam zumba sangat beragam dan menyenangkan. Anda bisa memilih untuk melakukan gerakan yang lebih santai atau yang lebih intens, tergantung pada kondisi tubuh Anda. Ada beberapa gerakan dasar yang perlu Anda ketahui sebelum mulai berlatih senam zumba. Gerakan-gerakan dasar ini akan membuat Anda nyaman dan siap untuk mencoba variasi lainnya.

1. Samba

Samba adalah gerakan yang paling populer dalam senam zumba. Samba melibatkan gerakan kaki yang lebih intens dibandingkan dengan gerakan tangan. Anda perlu bergerak secara ritmis untuk memainkan musik sambadan menggerakkan kaki seperti menari samba.

2. Salsa

Salsa juga merupakan salah satu variasi gerakan senam zumba yang populer. Salsa melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik salsa untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik.

3. Merengue

Merengue juga merupakan variasi gerakan senam zumba yang populer dan menyenangkan. Merengue melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik merengue untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik.

4. Bachata

Bachata juga merupakan variasi gerakan senam zumba yang populer dan menyenangkan. Bachata melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik bachata untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik.

5. Reggaeton

Reggaeton juga merupakan variasi gerakan senam zumba yang populer dan menyenangkan. Reggaeton melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik reggaeton untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik.

6. Hip Hop

Hip hop juga merupakan variasi gerakan senam zumba yang populer dan menyenangkan. Hip hop melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik hip hop untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik.

7. Jazz

Jazz juga merupakan variasi gerakan senam zumba yang populer dan menyenangkan. Jazz melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik jazz untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik.

8. Tango

Tango juga merupakan variasi gerakan senam zumba yang populer dan menyenangkan. Tango melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik tango untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik.

9. Cha-Cha

Cha-cha juga merupakan variasi gerakan senam zumba yang populer dan menyenangkan. Cha-cha melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik cha-cha untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik.

10. Jive

Jive juga merupakan variasi gerakan senam zumba yang populer dan menyenangkan. Jive melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik jive untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik.11. Mambo

Mambo juga merupakan variasi gerakan senam zumba yang populer dan menyenangkan. Mambo melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik mambo untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik.

12. Pasodoble

Pasodoble juga merupakan variasi gerakan senam zumba yang populer dan menyenangkan. Pasodoble melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik pasodoble untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik.13. Rumba

Rumba juga merupakan variasi gerakan senam zumba yang populer dan menyenangkan. Rumba melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik rumba untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik.

14. Cumbia

Cumbia juga merupakan variasi gerakan senam zumba yang populer dan menyenangkan. Cumbia melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik cumbia untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik. 

15. Flamenco

Flamenco juga merupakan variasi gerakan senam zumba yang populer dan menyenangkan. Flamenco melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik flamenco untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik.

16. Bolero

Bolero juga merupakan variasi gerakan senam zumba yang populer dan menyenangkan. Bolero melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik bolero untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik.

17. Capoeira

Capoeira juga merupakan variasi gerakan senam zumba yang populer dan menyenangkan. Capoeira melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik capoeira untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik.

18. Samba de Gafieira

Samba de gafieira juga merupakan variasi gerakan senam zumba yang populer dan menyenangkan. Samba de gafieira melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik samba de gafieira untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik.

19. Kizomba

Kizomba juga merupakan variasi gerakan senam zumba yang populer dan menyenangkan. Kizomba melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik kizomba untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik.

20. Semba

Semba juga merupakan variasi gerakan senam zumba yang populer dan menyenangkan. Semba melibatkan penggunaan tangan dan kaki secara bersama-sama. Anda perlu bergerak secara ritmis sesuai dengan irama musik semba untuk menggerakkan tubuh Anda dengan baik.

Demikian beberapa variasi gerakan senam zumba yang populer. Anda bisa mencoba semua gerakan ini untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Kombinasi gerakan senam zumba

Gerakan senam Zumba mengkombinasikan berbagai gerakan latin dan internasional yang populer, seperti merengue, salsa, cumbia, dan reggaeton. Zumba juga menggabungkan elemen dari olahraga lainnya seperti yoga dan Pilates untuk membentuk sebuah sesi senam yang menyenangkan dan efektif.

1. Merengue

Merengue adalah gerakan yang paling populer dalam senam Zumba. Gerakan ini melibatkan gerakan perut dan tangan yang berirama dengan musik. Untuk membuat gerakan merengue lebih efektif, Anda dapat menggunakan beberapa alat seperti bola kecil atau bantal untuk membantu Anda dalam menggerakkan perut Anda.

2. Salsa

Salsa adalah gaya latin populer yang melibatkan gerakan tubuh yang kompleks. Senam Zumba mengkombinasikan gaya salsa dengan gaya lain seperti hip hop dan reggae untuk membentuk sebuah sesi yang unik dan menyenangkan. Salsa juga dapat dilakukan dengan berbagai variasi seperti menggunakan tangan atau bola untuk membantu Anda dalam menggerakkan tubuh Anda.

3. Cumbia

Cumbia adalah salah satu gaya musik latin populer yang melibatkan gerakan perut yang berirama. Senam Zumba mengkombinasikan cumbia dengan gaya lain seperti merengue dan salsa untuk membentuk sebuah sesi yang menarik dan menyenangkan. Cumbia juga dapat dilakukan dengan berbagai variasi seperti menggunakan tangan atau bola untuk membantu Anda dalam menggerakkan tubuh Anda.

4. Reggae

Reggae adalah gaya musik populer asal Jamaika yang melibatkan gerakan tubuh yang riang dan penuh semangat. Senam Zumba mengkombinasikan reggae dengan gaya lain seperti hip hop dan salsa untuk membentuk sebuah sesi yang unik dan menyenangkan. Reggae juga dapat dilakukan dengan berbagai variasi seperti menggunakan tangan atau bola untuk membantu Anda dalam menggerakkan tubuh Anda.

5. Yoga

Yoga adalah gaya olahraga populer yang menekankan pada kesatuan tubuh dan pikiran. Senam Zumba mengkombinasikan yoga dengan gaya lain seperti salsa dan cumbia untuk membentuk sebuah sesi yang menyenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan. Yoga juga dapat dilakukan dengan berbagai variasi seperti menggunakan tangan atau bola untuk membantu Anda dalam menggerakkan tubuh Anda.

6. Pilates

Pilates adalah gaya olahraga populer yang menekankan pada keseimbangan dan pernafasan. Senam Zumba mengkombinasikan Pilates dengan gaya lain seperti salsa dan reggae untuk membentuk sebuah sesi yang menyenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan. Pilates juga dapat dilakukan dengan berbagai variasi seperti menggunakan tangan atau bola untuk membantu Anda dalam menggerakkan tubuh Anda.

Penutup

Senam Zumba adalah sebuah aktivitas olahraga yang menyenangkan dan mudah dipelajari. Tidak hanya itu, senam Zumba juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara yang sederhana dan efektif. Jadi, apa tunggu lagi? Mulailah berolahraga dengan senam Zumba sekarang juga!

(ALN)

Scroll to Top