SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

8 Daftar Makanan Khas Jawa yang Kamu Wajib Tahu

Bagikan:

AshefaNews – Indonesia dikenal memiliki beragam macam kuliner nusantara, apalagi Indonesia juga memiliki beragam macam cita rasa yang cukup kuat. Bahkan hampir setiap kota memiliki makanan ciri khas tradisional entah itu rasanya yang unik dan Berbeda-beda. Namun, yang menjadi salah satunya paling populer adalah makanan khas Jawa.

Karena siapapun pasti tidak akan menolak untuk mencicipi makanan yang menggugah selera dan lezat. Terlebih lagi, makanan tradisional ini menggunakan berbagai bahan dan bumbu-bumbu rempah yang khas asli dari Indonesia.

Pasalnya, makanan tradisional Jawa ini memiliki rasa yang juga cukup beragam seperti ada yang memiliki rasa manis, pedas bahkan ada yang memiliki antara perpaduan dari semuanya. Adapun beberapa yang berupa makanan berat atau yang bisa kamu nikmati ditempat serta ada pula makanan ringan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika kamu berkunjung di pulau Jawa.

Daftar Makanan Khas Jawa

Adapun beberapa makanan khas Jawa yang sering disajikan sebagai menu makanan sehari-hari, baik itu untuk sarapan, makan siang atau bahkan makan malam.

Nah, jika kamu sudah memutuskan untuk berlibur di pulau Jawa. Ada baiknya kamu menikmati sejumlah makanan lezat yang pastinya bikin nagih. Apalagi menu di pulau Jawa tersebut dikenal dengan rasa yang enak dengan sensasi rasa manis dan gurih.

Jadi, jika sedang berkunjung ke Jawa. Yuk, simak terus sederet makanan yang ada di pulau Jawa ini!

1.  Gethuk

Getuk merupakan salah satu makanan manis yang paling digemari di Jawa. Memiliki tekstur yang empuk dan manis dan bahan dasarnya sendiri menggunakan singkong dan ditaburi parutan kelapa sehingga sangat pas dinikmati dengan secangkir teh atau kopi.

Gethuk sendiri terbuat dari bahan singkong. Yaitu singkong yang direbus kemudian ditumbuk dengan campuran gula untuk memberikan rasa manis, dan gethuk juga sudah melalui evolusi dengan disajikan ke berbagai warna yang sangat menarik sehingga gethuk banyak disukai dikalangan masyarakat Jawa. Bahkan, makanan tersebut tak hanya terkenal di Jawa, tetapi di Yogyakarta sudah berkembang pesat hingga ke penjuru di setiap daerah.

2. Tiwul

Selanjutnya adalah tiwul, tiwul juga sudah menjadi salah satu makanan yang melegenda sudah ada sejak dulu. Bahkan dahulunya makanan tersebut sempat menjadi makanan pokok bagi masyarakat Jawa tengah pada saat beras lagi mahal-mahalnya sehingga mau gak mau penduduk masyarakat Jawa harus makan tiwul sebagai gantinya.

Makanan yang satu ini diolah dari bahan dasar singkong yang sebelumnya di keringkan dulu baru ditumbuk dengan berbagai macam bumbu dan gula merah. Biasanya dalam penyajiannya tiwul ini ditambahkan dengan parutan kelapa diatasnya.

Nah, jika kamu ingin mencicipi makanan tersebut kamu bisa cari di pasar – pasar  tradisional yang biasanya di jual oleh ibu-ibu paruh baya.

3. Mie Lethek

Mie ini dinamakan mie lethek karena memiliki tampilan warna yang kusam, kusam dalam bahasa Jawa nya Lethek. Namun, makanan ini berasal dari Yogyakarta.

Mie tersebut terbuat dari gaplek dan tepung tapioka, lalu diolah tanpa bahan pengawet ataupun pewarna dan karena inilah yang membuat warna mie tersebut menjadi kusam. Tapi biarpun memiliki tampilan yang kusam, mie ini memiliki rasa yang sangat dijamin enak dilidah.

Sementara itu, pada proses memasaknya mie lethek juga sangat tradisional, apalagi masih menggunakan anglo dan arang sebagai bahan bakar sehingga menggunakan cara seperti itu, mie lethek menjadi sangat enak untuk dinikmati.

4. Gudeg

Selain itu, Gudeg juga merupakan salah satu makanan khas dari Yogyakarta yang sudah sangat terkenal, terlebih lagi makanan yang satu ini memiliki rasa yang manis.

Cara memasaknya, gudeg sendiri menggunakan berbahan dasar nangka muda, lalu diolah dan diberi bumbu rempah serta gula merah sehingga gudeg ini dapat memberikan rasa manis yang khas.

Bahkan dalam penyajiannya sendiri, gudeg biasanya akan disajikan dengan nasi hangat, tempe, kepala ayam bacem, tahu, dan sambal. Kamu bisa menemukan makanan tersebut di jogja atau di pinggir-pinggir jalan besar, kamu bisa datang pada malam hari.

5. Nasi Gandul

Nasi gandung salah satu makanan khas yang berasal dari Pati, Jawa Tengah. Makanan yang satu ini memiliki rasa yang pedas, sangat cocok nih bagi kamu yang suka pedas!

Selain memiliki cita rasa pedas, ternyata nasi gandul juga memiliki rasa yang sangat gurih pada nasinya. Cara memasaknya pun sama seperti nasi uduk atau liwet, nasi putih yang digunakan sudah memiliki rasa enak.

Namun, dalam seporsi sajiannya, biasanya selalu dihidangkan dengan potongan daging sapi dan disiram dengan kuah bumbu rempah yang memiliki rasa pedas.

6. Bakso Malang

Nah, yang satu ini yaitu bakso malang. Bakso ini merupakan kuliner khas pulau Jawa atau yang telah dikenal di seantero masyarakat Jawa. Dan sesuai dengan namanya, bakso yang memiliki cita rasa lezat ini berasal dari kota malang, Jawa Timur. Jadi bagi kamu pecinta bakso rasanya belum komplit jika belum mencicipi khas pulau Jawa yang satu ini.

Bakso malang sendiri terbuat dari beragam jenis yang sangat disukai masyarakat, mulai dari bakso biasa, bakso isi udang, telur, bakso goreng dan jenis lainnya. Selain itu juga, kamu bisa menikmati bakso malang dengan tambahan pangsit goreng atau basah, siomay, ampela, mie, lontong, hati dan berbagai macam perpaduan lainnya yang membuat bakso malang menjadi semakin juara.

7. Rujak Cingur

Rujak cingur juga telah menjadi salah satu makanan khas dari pulau Jawa, bahkan rujak cingur sudah memiliki banyak penggemar dari dalam hingga para wisatawan asing. Nah, kuliner yang satu ini juga berasal dari Malang, Jawa Timur. Tapi kini, kamu sudah bisa menemukannya di seluruh pulau Jawa bahkan di luar pulau.

Rujak cingur yang satu ini terbuat dari irisan buah-buahan dan sambal pedas manis serta sayuran. Biasanya dipadukan dengan petis, gula merah, kacang tanah plus cabe, sehingga membuat Rujak Cingur semakin enak untuk disantap.

8. Tempe Mendoan

Yang terakhir adalah Tempe Mendoan. Tempe Mendoan sendiri berasal dari Jawa Tengah, tepatnya daerah banyumas dan purwokerto. Tempe Mendoan yang satu ini sangat mudah ditemukan di berbagai pedagang yang menjajal tempe mendoan di berbagai lokasi disana. 

Bahkan, tempe mendoan sendiri hampir menyerupai tempe goreng biasanya, hanya saja yang menjadi bedanya ini tempe mendoan terkenal karena digoreng menggunakan minyak panas, namun prosesnya sangat cepat, sehingga tidak terlalu matang.

Penutup

Nah, itulah beberapa makanan khas Jawa. Jika Anda mengunjungi pulau Jawa, jangan lupa untuk mencoba makanan khas daerah disana!

(FR – Khanifa)

Scroll to Top