Terminal Kalideres Uji Kelayakan AKAP, Jelang Mudik Nataru

Bagikan:

AshefaNews – Persiapan mudik yang dilakukan warga Jakarta menjelang libur Natal 2022 dan tahun 2023, pihak Terminal Kalideres, Jakarta Barat menggelar pengecekan kelayakan armada bus Antar Kota Antar Provinsi melalui ramp check.

Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen mengatakan pihaknya nanti akan melakukan ramp check pada armada bus AKAP mulai tanggal 19 Desember 2022.

“Untuk kendaraan akan diperiksa kelayakan jalannya, jadi nanti setiap kendaraan yang akan berangkat diwajibkan untuk dalam kondisi baik agar penumpang yang diangkut itu bisa selamat sampai tujuan,” ujar Revi dalam keterangannya di Terminal Kalideres Jakarta Barat, Selasa 6 Desember 2022.

Revi menjelaksan dengan melalui proses ramp check, petugas juga melakukan pemeriksaan/pengujian teknis kendaraan dan juga tidak lupa administrasi pengemudi.

Pihak Terminal Kalideres juga memberikan pengarahan untuk pemilik dan pengemudi armanda bus untuk melengkapi kebutuhan wajib mobil angkutan, seperti perizinan, serta memasang stiker khusus bagi angkutan yang lulus uji dan layak beroperasi.

Revi mengatakan untuk setiap harinya, ada sekitar 60 sampai 70 hingga bus AKAP akan dilakukan uji kelayakan dengan siatem ramp check di Terminal Kalideres yang akan memakan waktu sekitar 10 sampai 15 menit untuk satu bus.

“Satu kendaraan memerlukan waktu pemeriksaan antara 10 sampai 15 menit jadi biasanya satu hari itu rata-rata 60 sampai 70 bus setiap harinya,” ujarnya.

Revi juga mejelaskan pihak Terminal Kalideres juga akan mendirikan posko kesehatan dan pengamanan menjelang libur Nataru.

“Di posko kesehatan, pengemudi bus diperiksa kesehatannya termasuk juga nanti di tes urine,” ujarnya.

Dalam hal ini juga, Revi memprediksi terkait puncak lonjakan penumpang di Terminal Kalideres terjadi pada tanggal 29 dan 30 Desember 2022 yang bertepatan pada momen libur Nataru tahun ini, penumpang tidak akan sebanyak seperti libur lebaran.

“Kemungkinan penumpang agak sedikit karena jatuhnya Hari Natal ini hari minggu. Jadi tahun ini diprediksi sama dengan hari minggu-minggu biasanya,” ujarnya.

Pada momen libur Nataru, Revi berujar, Terminal Kalideres akan melayani penumpang sebanyak 900 hingga 1.000 orang per hari pada puncak lonjakan penumpang (AT).

Persiapan mudik yang dilakukan warga Jakarta menjelang libur Natal 2022 dan tahun 2023, pihak Terminal Kalideres, Jakarta Barat menggelar pengecekan kelayakan armada bus Antar Kota Antar Provinsi melalui ramp check.

(GE – AT)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top