SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Sempat Terhenti, Bus Sekolah Kembali Beroperasi di Kulon Progo

Bagikan:

AshefaNews, Yogyakarta – Program bus sekolah yang sempat terhenti kini kembali beroperasi di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Operasional layanan untuk para pelajar ini telah dilangsungkan mulai Senin (2/1/2023).

Kepala Dinas Perhubungan Kulon Progo,  Lucius Bowo Pristyanto mengatakan pengoperasian kembali bus sekolah ini bertujuan untuk memudahkan mobilitas pelajar untuk berangkat maupun pulang sekolah. Sebelumnya progam ini sudah dilangsungkan Oktober 2021 lalu dan masuk tahap uji coba, tapi kemudian dihentikan sementara waktu.

“”Iya benar mulai hari ini program bus sekolah sudah kembali dimulai setelah Oktober kemarin tahap uji coba. Diharapkan bisa memudahkan para pelajar Kulon Progo mengakses angkutan umum khusus sekolah,” ujar Bowo kepada wartawan Senin. 

Layanan ini beroperasi mulai pukul 06.00 – 15.00 WIB. Total ada dua armada berkapasitas 27 penumpang yang dikerahkan melewati. Rutenya melewati 

13 sekolah di kawasan Kulon Progo, meliputi SD, SMP hingga SMA. 

Kepala Seksi Angkutan, Dishub Kulon Progo, Ngatini mengatakan dalam operasional perdana pasca vakum kemarin minat pelajar untuk menggunakan layanan ini masih rendah. Ada sejumlah kemungkinan yang menyebabkan hal itu, salah satunya karena masih minimnya informasi terkait layanan ini. 

“Pada hari ini hanya mendapat dua penumpang saat jam berangkat sekolah dan empat saat jam pulang. Mungkin karena info pengoperasian belum tersampaikan secara luas kepada masyarakat,” ucapnya. 

Atas hal itu, Dishub akan menggencarkan sosialisasi ke seluruh sekolah di Kulon Progo untuk meningkatkan animo pengguna layanan ini. “Kami sampaikan pada para kepala-kepala sekolah khususnya di wilayah perkotaan Wates. Dengan harapan para kepala sekolah menginfokan kepada peserta didiknya,” ujarnya. 

(RM – JR)

Scroll to Top