SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Polda Metro Grebek Industri Liquid Sabu di Jakbar

Bagikan:

AshefaNews – Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya menggrebek home industri liquid (cairan rokok elektrik) berbahan baku Sabu di Perumahan Taman Meruya Ilir, Kembangan Jakarta Barat, Sabtu (14/1/2023). 

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Mukti Juharsa mengatakan, pengungkapan kasus ini hasil kerja sama dengan bea cukai Bandara Soekarno Hatta. Berawal dari informasi adanya pengiriman sabu dari luar negeri yang masuk ke Indonesia.

“Kami melakukan join investigasi dengan Bea Cukai yaitu Pak Zaky, sebagai kepala P2 (Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai) di Bandara Soekarno Hatta,” kata Mukti dilokasi penggrebekan, Sabtu malam (14/1/2023).

Dari hasil penyelidikan, diketahui bahwa bahan baku untuk membuat liquid sabu ini didatangkan dari negara Iran, China, Dan Hongkong. Lanjut Mukti, bahan-bahan itu diolah menjadi liquid lalu dikemas dalam botol (50ML) dan dijual secara daring/online.

“Liquid ini adalah barang yang bisa dijual bebas. Dia (tersangka) menggunakan akun Telaga Mina untuk menjual ini (liquid),” ujarnya

Dilokasi yang sama, Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Zaky Firmansyah mengatakan bahan baku liquid sabu dikirim dalam waktu yang berdekatan. Pengiriman berlangsung dua kali, pengiriman pertama seberat 8 kilogram dan yang kedua seberat 1 kilogram.

“Iya untuk periode berdekatan dalam waktu dua hari, pengiriman yang pertama 8 kilogram kemudian yang kedua 1 kilogram, dan hari Sabtu mulai ada Pengantaran ke lokasi TKP,” tutup Zaky

Dalam penggrebekan ini polisi mengamankan satu orang tersangka berinisial MR (22). Barang bukti yang disita yaitu 385 botol liquid siap edar dengan kandungan sabu cair seberat 16 liter.

(RM – TR)

Scroll to Top