Petugas Masih Berupaya Melakukan Evakuasi Warga Tenggelam ke Dalam Lubang Galian Kabel di Pademangan Timur

Bagikan:

AshefaNews – Petugas gabungan yang terdiri dari pemadam kebakaran, Satpol PP, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan kepolisian masih berupaya melakukan evakuasi korban tenggelam di lubang galian kabel Telkom, di RT10/13, Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (14/12/2022). 

Diketahui salah seorang petugas galian telkom berinisial AN (37) tenggelam di lubang galian sejak pukul 05.20 WIB. Sampai dengan saat ini petugas masih terus berupaya melakukan evakuasi. 

Menurut keterangan warga Sumiati (60), lubang galian kabel yang berada di depan rumahnya itu selalu tertutup dengan penutup beton.Sumiati juga tidak mengetahui dengan pasti kronologi tenggelamnya korban karena terjadi pada saat ia tertidur.

“Biasanya tertutup kan, pas kejadian saya lagi tidur, tiba-tiba pagi rumah saya diketok katanya ada yang tenggelam,” kata Sumiati di lokasi.

Sementara itu Kepala Pleton Petugas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara Susilo mengatakan, pihaknya tengah mengerahkan 10 personel dalam melakukan proses evakuasi. Proses evakuasi korban alami kesulitan karena lokasi lubang galian tersebut berada di gang sempit pemukiman padat penduduk.

Petugas akhirnya menggunakan pompa air diesel untuk menguras genangan air di lubang galian dengan diameter 50 sentimeter persegi itu.

“Kita akan pakai blower buat ngebuang. Tadi juga nyelamnya itu 10 menit ada tapi kan kendalanya tangan anggota yang di dalam andalannya selain kabel yang berserakan juga ada besi juga, ada besi itu juga nggak tahu awalnya itu buat apa,” kata Susilo di lokasi. 

Susilo juga menyebut kendala proses evakuasi yakni kondisi lubang yang dipenuhi kabel-kabel sama besi-besi.

“Terus jarak pandang kira kurang lebih hanya satu meter. Yang nyelam itu dua orang bergantian karena lokasinya sempit diameternya cuma 20 sentimeter,” ucap Susilo.

(RM – SYD)

Scroll to Top