Pengguna jalan keluhkan bau sampah di depan pasar baru cikarang

Bagikan:

AshefaNews, Bekasi – Pemandangan tidak biasa serta kesan kumuh yang ada di Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi dikeluhkan para pedagang dan warga yang melintas di jalan tersebut.

Pasalnya, tumpukan sampah dari Pasar Baru Cikarang itu dibiarkan menumpuk persis di badan jalan, sehingga menimbulkan bau menyengat dan menggangu kenyamanan.

Menurut Ferdi (21) pedagang di sekitar lokasi tumpukan sampah mengatakan, sampah-sampah tersebut didominasi sampah sayuran dan sisa pemotongan ayam yang berasal dari dalam Pasar Baru Cikarang.

“Ada sebulan mah itu, sampah dari pasar itukan ada pengurusnya tapi kaya gak ngurusin mobil paling mengangkut seminggu dua kali, sampah makin banyak, yang dagang disini kasian kebauan,” ujar Ferdi, Jumat (28/10/2022).

Keberadaan tumpukan sampah tersebut diakui Ferdi menyebabkan banyak lalat, berbau tidak sedap, serta menimbulkan kemacetan di jalan utama tersebut pada jam-jam sibuk.

“Banyak laler, bau menyengat kaya bau bangkai, padahal ini kan jalan utama juga, jadi ganggu aktivitas banget ini yang jualan sama yang lewat juga, jadi macet kalau jam sibuk, apalagi kalau pagi sama siang itu bau banget nyengat sampai bikin kepala pusing.” ungkapnya.

Padahal kata Ferdi, sebelumnya sampah-sampah tersebut setiap harinya diangkut oleh petugas, namun 1 bulan terakhir kondisinya berubah, dalam seminggu hanya ada dua unit truk yang mengangkut sampah dilokasi itu.

“Biasanya mah tiap hari diangkut, tapi sekarang ini jarang diangkut dan ditumpuk di situ dipinggir jalan, kita bayar mah tetap saja bayar iuran sampah, Rp. 5.000 tiap hari belum kalau ngangkut kita ngasih lagi Rp.10.000 jadi Rp.15.000 bayar,” keluhnya.

“Kalau ditanya alesannya ngangkut yang didalam pasar dulu, padahal ini kan dipinggir jalan ganggu aktivitas orang yang lewat yang jualan juga.” tutup Ferdi.

Hal senada diungkap Yanih (48) warga yang setiap harinya melintas di Jalan Yos Sudarso, menurutnya bukan hanya bau busuk yang menyengat, air yang keluar dari tumpukan sampah kerap membuat licin dan membahayakan dirinya saat melintas.

“Iya baunya itu kaya bau bangkai nyengat banget sampai pusinng nyiumnya, jalan juga jadi licin itu kan ya ada airnya ke jalan, kemarin sempat hampir jatuh karena terpeleset saya lewat situ,” kata Yanih.

Ia berharap, tumpukan sampah tersebut bisa segera dibersihkan, sehingga tidak lagi menganggu kenyamanan warga pengguna jalan dan para pedagang yang ada disepanjang jalan tersebut.

Diketahui Jalan Yos Sudarso merupakan Jalur alternatif yang menghubungkan Kabupaten Bekasi ke wilayah Karawang, belum lagi dilokasi tersebut terdapat stasiun Cikarang yang selalu padat arus lalu lintas di jam-jam sibuk.

(RM – HA)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top