SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Pemerintah Segera Perbaiki dan Relokasi 14.490 Rumah Rusak Akibat Gempa di Cianjur

Bagikan:

AshefaNews – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata rumah warga di Cianjur, Jawa Barat, yang rusak akibat gempa bumi. 

Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa terdapat 14.490 rumah warga yang tercatat mengalami kerusakan dan telah diverifikasi oleh pihak BNPB. 

“Sementara ini, kata Kepala BNPB data dikunci untuk gelombang pertama proses pembangunan hunian oleh BNPB, Pemerintah Daerah, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” ujar Muhadjir dalam keterangannya, Kamis (1/12/2022). 

Nantinya, kata Muhadjir, belasan rumah korban gempa bumi di Cianjur itu bakal dikategorikan berdasarkan tingkat kerusakannya. 

Adapun rumah warga yang dinilai mengalami kerusakannya ringan akan diberikan dana bantuan untuk nanti merenovasi atau memperbaiki secara mandiri. 

“Sementara untuk rumah warga yang rusak berat, yang tidak dapat dihuni lagi,.dan berada di zona rawan disediakan tempat relokasi khusus,” kata Muhadjir. 

Muharram menambah bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Cianjur sudah menyediakan lahan seluas kurang lebih 16 hektar untuk dijadikan tempat relokasi. 

Pembangunan rumah baru di tempat relokasi tersebut akan dilakukan oleh BNPB bersama Kementerian PUPR dan dapat mencakup sekitar 1.500 keluarga.

(RM – WAH)

Scroll to Top