SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Memasuki Proses Finishing

Bagikan:

AshefaNews – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau proses pembangunan Masjid Sheikh Zayed Solo, Jumat (4/11/2022). Masjid yang merupakan hibah Pemerintah Uni Emirat Arab kepada Pemerintah Kota Solo tersebut, saat ini memasuki proses penyelesaian akhir (finishing). 

Basuki memberi catatan yang perlu diperbaiki dalam proses finishingnya, sebelum masjid megah yang terletak di kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo tersebut nantinya diresmikan. 

“Pertama, untuk tulisan/kaligrafi asmaul husna yang ada pada dinding masjid agar diperbaiki dengan mengganti ukuran tulisannya yang lebih besar dan warna hitam, sehingga mudah terbaca oleh jamaah masjid,” katanya

Selain itu, Basuki juga menyoroti sistem drainase pada area wudhu. “Untuk keran air agar dicek satu per satu. Tadi masih ada yang goyang dan panjangnya disesuaikan agar air tepat jatuh ke lubang drainase,” ujarnya. 

Sementara pada bagian halaman masjid, Basuki minta ditambah pohon-pohon hijau agar suasana masjid lebih sejuk dan rindang. “Terutama untuk bagian taman yang menghadap jalan agar ditanami pohon-pohon yang rindang seperti pohon Pule dan Ketapang Kencana,”  

Mengenai lahan parkir, Basuki mengatakan sudah menghubungi Pangdam IV Diponegoro, selaku pemilik lahan. Lahan yang ada di seberang masjid tersebut rencananya juga akan digunakan untuk gedung Islamic Center bantuan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

“Lapangan parkir ini yang paling krusial. Masjid sebesar ini belum ada lapangan parkir. Saya sudah telepon Pak Pangdam hari ini, akan dirubuhkan dan dibebaskan 2.000 meter persegi. Sesuai dengan masterplan Islamic Center Solo ya,” tutup Basuki.

Diketahui, Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo diatas lahan seluas 26.581 m2 dengan nilai konstruksi Rp278 miliar. Masjid dengan bangunan tiga lantai dan dilengkapi dengan lift tersebut dapat menampung 10.000 jemaah.

(RM – TR)

Scroll to Top