SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Musim Angin Barat Kawasan Marunda Kepu Jadi Lautan Sampah

Bagikan:

AshefaNews – Kawasan Pesisir Marunda Kepu, Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara kini telah tercemar dan menjadi lautan sampah. Petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kepulauan Seribu terus melakukan pembersihan, Kamis (12/1/2023). 

Koordinator Lapangan Sudin LH Kepulauan Seribu, Supendi mengatakan, pihaknya melakukan pembersihan terhadap sampah tersebut mengangkut hingga 2 ton sampah setiap harinya. 

“Setiap hari kita angkut. Satu hari rata-rata tergantung kondisi sampah dari satu ton sampai dua ton per hari,” katanya saat ditemui lokasi, Kamis (12/1/2023). 

Supendi menyebut bahwa sampah-sampah tersebut dikarenakan akibat musim angin barat.  Hingga akhirnya menumpuk dan menjadi lautan di kawasan Muara Banjir Kanal Timur (BKT). 

“Sampah-sampah tersebut awalnya terbawa ke laut dari 13 aliran sungai utama di Jabodetabek. 

Rata-rata sampahnya dari kali, dia udah ke tengah balik, karena terbawa arus kembali,” ucapnya. 

Petugasnya pun mengeruk atau mengangkut sampah dengan alat seadanya. Supandi menyebut alat yang digunakan menggunakan cangkrang besi dan tangan kosong atau manual menggunakan keranjang. 

Setelah itu sampah yang telah dikumpulkan langsung dimasukan dan di angkut menggunakan truk. Dan langsung di bawa ke Tempat pembuangan sampah Bantargebang, Bekasi. 

Adapun keberadaan sampah pesisir ini bikin kotor lautan yang ada di kawasan permukiman kampung nelayan. Sampah-sampah yang didominasi bungkus makanan dan minuman plastik ini tampak seperti lautan. 

Tumpukannya berada di ujung aliran kali BKT, mengotori pesisir yang biasa dikunjungi warga untuk memancing.

(GE – SYD) 

Scroll to Top