SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Libur Nataru, Kunjungan Wisata di Bantul Capai 6 Ribu Orang Perhari

Bagikan:

AshefaNews, Bantul – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul mengungkapkan kunjungan wisata di Bantul meningkat signifikan selama libur Natal dan tahun baru (Nataru). Bahkan, dalam satu hari tercatat ada 6 ribu wisatawan yang masuk ke Bantul.

“Rata-rata kunjungan wisatawan mencapai 6 ribu orang per hari. Sedangkan sebelum libur Nataru hanya sekitar seribu hingga dua ribu wisatawan per hari,” kata Kepala Dispar Bantul Kwintarto Heru Prabowo kepada wartawan, Kamis (29/12/2022).

Lonjakan tersebut, kata Kwintarto, mulai terjadi sejak tanggal 23 Desember. Bahkan, pada awal libur Nataru Dispar mencatat ada kenaikan lebih dari 200%.

“Karena itu saat libur Nataru kami mencatat kenaikan kunjungan wisatawan mencapai 250 persen,” ucapnya.

Oleh sebab itu, Kwintarto mentargetkan 150 ribu kunjungan wisata selama libur Nataru tahun ini. Pasalnya hingga saat ini target PAD dari sektor pariwisata aejumlah Rp 32 miliar belum tercapai.

“Kita optimis target 150 ribu pengunjung tercapai terhitung mulai tangga 20 Desember sampai 1 Januari. Karena kalau tercapai 150 ribu pengunjung bisa menambah PAD Rp 1,5 miliar,” ujarnya.

Di sisi lain, meski kunjungan wisatawan mengalami peningkatan, Kwintarto menilai kunjungan wisata di Bantul belum pulih sepenuhnya. Menurutnya hal itu yang mempengaruhi gagalnya Dispar memenuhi target PAD dari sektor pariwisata.

“Ya kalau dibandingkan sebelum pandemi kunjungan wisata ke Bantul belum pulih. Tapi seenggaknya saat ini sudah berangsur-angsur meningkat,” ucapnya.

(RM – JR)

Scroll to Top