KTT G20, Presiden Jokowi Tegas Minta Semua Negara Harus Kuatkan Kolaborasi dari Berbagai Tantangan

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa semua negara dan berbagai lembaga internasional harus terus menguatkan kolaborasi agar dapat keluar dari berbagai tantangan saat ini. Hal ini dikatakannya saat sambutan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 hari ini.

Baginya, Indonesia sebagai Pemimpin Group of 20 tahun ini mempunyai tanggung jawab besar untuk membawa organisasi mencapai solusi komprehensif atas sejumlah persoalan.

“Hari ini mata dunia tertuju pada pertemuan kita. Apakah kita akan mencetak keberhasilan? Atau akan menambah satu lagi angka kegagalan?,” ujarnya dikutip akun youtube Seketariat Presiden, Selasa, (15/11/2022)

Presiden menambahkan, Indonesia secara aktif membangun komunikasi dengan berbagai pihak dalam mengatasi masalah, baik secara bilateral maupun membawa nama G20.

“Sebagai presiden G20, Indonesia telah berupaya semaksimal mungkin untuk menjembatani perbedaan yang sangat dalam, yang sangat lebar,” tuturnya.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan potensi kesuksesan agenda, ia meminta semua pihak yang terlibat dapat terus mendukung langkah-langkah produktif dalam pencapaian solusi.

“Keberhasilan hanya akan dapat tercapai jika kita semua, tanpa terkecuali, berkomitmen, bekerja keras, menyisihkan perbedaan-perbedaan untuk menghasilkan sesuatu yang konkret, sesuatu yang bermanfaat bagi dunia,” tutupnya.

(RM – TGH)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top