SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Ketinggian Abu Vulkanik Capai 700 Meter

Bagikan:

AshefaNews – Gunung Anak Krakatau yang berada di perairan Selat Sunda kembali mengalami erupsi pada Kamis (15/12/2022). Peristiwa tersebut terjadi sebanyak dua kali pada pukul 10.31 WIB dan 10.35 WIB. 

Berdasarkan informasi resmi hasil pemantauan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), abu vulkanik yang disemburkan Gunung Anak Krakatau mencapai ketinggian 700 meter. 

“Pukul 10.31 WIB tinggi kolom abu teramati kurang lebih 700 meter di atas puncak atau sekitar 857 meter di atas permukaan laut,” ujar Petugas Pemantau Informasi Letusan, Jumono, Kamis (15/12/2022). 

Sedangkan untuk erupsi kedua, ketinggian abu vulkanik yang disemburkan berkisar 257 meter dari atas permukaan laut atau 100 meter dari puncak Gunung Anak Krakatau.

Menurut laporan Jumono, abu vulkanik tersebut tampak berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah timur laut. 

Adapun saat ini Gunung Anak Krakatau masih berstatus siaga level III. Untuk itu, usat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM mengimbau warga untuk menjauhi kawah Gunung Anak Krakatau sejauh 5 kilometer.

(RM – WAH) 

Scroll to Top