Bongkar Peredaran Narkoba Senilai Rp 10 Miliar, Polisi Selamatkan 26.800 Jiwa

Bagikan:

Ashefanews, Tangerang – Polres Tangerang Selatan menangkap tujuh orang pelaku yang diduga mengedarkan narkoba dengan jumlah 6.800 butir ekstasi dan 5 kilogram sabu. Ke-7 orang itu berisial MK, Y, S, E, H, AF dan AP. 

Kasat Resnarkoba, AKP Retno Jordanus mengtakan pengungkapkan itu berawal dari laporan warga bahwa akan ada pengirim narkoba jenis ekstasi dan sabu dari wilayah Jakarta Utara dan Jambi ke wilayah Tangerang Selatan. 

Berdasrakan informasi itu, Satresnarkoba Polres Tangerang Selatan melakukan penyelidikan mulai dari Kota Baru hingga Jambi  Tanjung Priuk, Jakarta Utara.

“(Penggrebekan pertama) Tanjung Priuk, Jakarta Utara (ditangkap-red) MK, dengan barang bukti 6.800 butir,” kata Retno dalam keteranganya, Selasa, (8/11/2022).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Mk mendapatkan barang haram itu dari Y dan S.

“Tim melakukan pengejaran  di Belawan Dua, Medan didapat Y dan S,” ucapnya.

Sementara itu di tempat berbeda, Satresnarkiba juga menangkap pelaku yang berada di wilayah Kota Baru, Jambi. Hasihnya empat pelaku ditangkap.

“Di Kota Baru, Jambi tersangka, E, H, AF, dan AP. dengan barang bukti 5 kilogram sabu dibungkus teh cina Guanyingwang,” kata Retno dalam keteranganya, Senin, 7 November.

Kekinian ke-6 pelaku itu telah di bawa ke Polres Tangerang Selatan, guna mempertangungkan perbuatannya.

Ke enam pelaku itu dijerat Pasal  114 ayat 2 atau Pasal 112 ayat 2 Jo Pasal 132 ayat 1 UU NO.35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman pidana paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun, atau hukuman seumur hidup atau hukuman mati dan pidana Rp 1 miliar dan paling banyak Rp 10 miliar

Dalam kesempatannya, Retno mengunkapkan bahwa keberhasilnya pihaknya membongkar peredaran narkoba, artinya pihanya menyelamatkan 26.800 jiwa selamat.

“Jika diakumulasikan dalam rupiah barang bukti ekstasi dansabu itu setera dengan Rp 10 miliar dan menyalamatkan 26.800 jiwa warga,” tutupnya.

(RM – TGH)

Scroll to Top