SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

BMKG: Badai Dahsyat 28 Desember 2022 di Jabodetabek Tidak Akan Terjadi

Bagikan:

AshefaNews – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa peristiwa badai dahsyat diperkirakan tidak akan terjadi di wilayah Jabodetabek pada Rabu (28/12/2022) hari ini.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto saat menanggapi beredarnya kabar bahwa akan terjadi badai dahsyat di Jabodetabek.

Kabar tersebut tersiar setelah sebelumnya Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin menyampaikan prediksi soal potensi badai dahsyat yah bakal melanda Jabodetabek pada 28 Desember 2022.

“Prakiraan cuaca pada 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Namun bukan badai,” ujar Guswanto dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (28/12/2022).

Untuk itu, Guswanto mengimbau masyarakat agar tetap tentang sambil terus memantau perkembangan kondisi cuaca melalui laman atau kanal resmi milik BMKG. 

Bersamaan dengan itu, Guswanto tetap meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi yang kerap terjadi pada akhir tahun. 

Adapun bencana tersebut berupa banjir, angin kencang hingga pohon tumbang akibat meningkatnya curah hujan di berbagai wilayah, termasuk Jabodetabek. 

“BMKG menghimbau masyarakat agar mewaspadai dampak dari potensi cuaca ekstrem ini yaitu adanya potensi bencana hidrometeorologis,” kata Guswanto.

Guswanto menambahkan bahwa hujan lebat berpotensi terjadi pada tanggal 30 Desember 2022. Kondisi tersebut diperkirakan juga bakal terus terjadi hingga Januari 2023.

(GE – WAH)

Scroll to Top