BALI-Cuaca Ekstrim Pengelola Berlakukan Buka Tutup Akses Utama Wisata Tanah Lot

Bagikan:

AshefaNews, Tabanan – Cuaca Ekstrim yang terjadi sejak beberapa hari terakhir dan datangnya tidak terduga membuat kawasan obyek wisata yang berdampingan dengan perairan terdampak. Salah satunya obyek wisata Tanah Lot yang terletak persis di pesisir desa Beraban kabupaten Tabanan.

Cuaca Ekstrim disertai angin kencang dan curah hujan lebat membuat gelombang di pesisir kawasan wisata Tanah Lot bergejolak, gelombang membuat air laut pasang dan menutup akses utama di areal utama obyek wisata yang terkenal dengan bangunan suci berada diatas karang besar dalam perairan. 

Akibat kondisi cuaca yang tak menentu seperti saat ini, membuat manajemen Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot mengambil keputusan untuk menerapkan aturan buka-tutup di tiga titik spot utama, termasuk kawasan karang lokasi Pura Luhur Tanah Lot, yang menjadi titik tujuan utama lokasi wisata ini.

Aturan buka-tutup akses ini  diberlakukan untuk tetap menjaga keselamatan bagi wisatawan yang sedang menikmati kunjungannya ke lokasi wisata, menyusul kondisi cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini.

Pengelola dengan dibantu petugas life guard memasang rambu larangan yang menginformasikan kondisi air sedang pasang serta gelombang yang tinggi, serta membentang rantai disepanjang Akses utama menuju kawasan Pura Luhur Tanah Lot, 

“Kondisi Cuaca Ekstrim sejak beberapa hari terakhir ini membuat kami dari menejemen ekstra  berhati – hati  dan mengambil keputusan untuk memberlakukan sejumlah aturan untuk masuk ke lokasi utama Pura Luhur Tanah Lot, ini demi keselamatan kita bersama,” jelas Asisten Manajer DTW Tanah Lot, I Putu Toni Wirawan.

Ada sebanyak 12 orang penjaga pantai atau life guard, yang tiap hari dibagi dengan shif  bertugas mengawasi kawasan pesisir Tanah Lot, termasuk sebagian sekuriti termasuk staf dari manajemen juga dilibatkan untuk membantu mengawasi pengunjung yang datang.

” Para life guard kami sebar di beberapa area sepanjang pesisir pantai Tanah Lot, dan jika kondisi air lagi besar dan pasang, petugas akan muntup akses dan menghimbau kepada wisatawan untuk mengabadikan moment liburannya ke lokasi aman yang telah disiapkan pihak pengelola Tanah Lot,” tambah Toni.

Di lokasi obyek wisata Tanah Lot sendiri ada tiga spot utama,  yang kerap didatangi  para pengunjung untuk mengabadikan moment liburan mereka, 

tiga titik lokasi itu antara lain area Pura Luhur Tanah Lot, Enjung Galuh, dan Pura Batubolong. 

(GE – Andika)

Scroll to Top