SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Antisipasi Membludaknya Wisatawan di Gunungkidul, Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas 

Bagikan:

AshefaNews, Gunungkidul – Polisi melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) menuju kawasan Pantai agar tidak terjadi antrian kendaraan saat malam pergantian tahun. Selain itu, polisi menyiapkan tim ganjal ban di beberapa jalur tanjakan.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Purwanta menjelaskan, bahwa pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas ke kawasan Pantai. Terkait jalur, nantinya wisatawan dari arah Wonogiri atau Solo menuju Pantai Baron bisa menggunakan jalur Semin ke arah Karangmojo-Wonosari-Mulo-Tanjungsari-TPR Baron.

“Untuk wisatawan dari arah Jogja bisa masuk lewat jalan Playen-Paliyan, langsung ke Trowono-Planjan-TPR JJLS dan masuk ke kawasan Pantai,” katanya, Sabtu (31/12/2022).

Tak hanya itu, polisi juga menyiapkan jalur keluar dari kawasan Pantai selatan Gunungkidul. Jalur pertama, wisatawan bisa menggunakan jalur dari Pantai menuju arah timur menuju simpang 3 Tepus, lanjut ke simpang 3 Mulo, lalu dilanjutkan ke Wonosari arah utara.

“Wisatawan yang akan kembali ke Solo bisa melalui Karangmojo, Semin dan langsung ke Wonogiri. Selanjutnya, wisatawan yang keluar lewat barat melalui JJLS ke Planjan-Paliyan-Playen dan berlanjut sampai Yogyakarta,” ucapnya.

Sedangkan untuk kendaraan pribadi ukuran kecil, wisatawan bisa mengambil jalur JJLS langsung ke Planjan, Saptosari, Purwosari, dan berujung di kawasan Parangtritis, Bantul.

Selain merekayasa jalur menuju dan keluar dari kawasan Pantai, Purwanta juga telah menempatkan personel di tanjakan-tanjakan. Personel yang tergabung dalam tim ganjal itu bakal ditempatkan di jalan Yogyakarta-Wonosari tepatnya di tikungan Slumprit, Kapanewon Patuk.

“Kami sudah siapkan dua tim ganjal ban untuk membantu wisatawan yang kendaraannya tidak kuat menanjak saat malam tahun baru dan tahun baru,” katanya.

Polisi juga memberlakukan dua jalur baik masuk dan keluar kendaraan dari kawasan HeHa Ocean View dan HeHa Sky View. Pasalnya kedua lokasi itu berpotensi menyedot banyak pengunjung karena menggelar pesta kembang api.

“Pengunjung HeHa Ocean view yang pakai motor dan roda empat dari arah Parangtritis bisa masuk lewat simpang 4 Legundi, simpang 3 Girisekar masuk ke simpang 3 Bolang lalu sampai ke HeHa,” ucapnya.

“Kalau dari arah Panggang bisa melalui simpang 4 Legundi-simpang 3 Girisekar-simpang 3 Bolang-HeHa Ocean View. Selain itu, untuk pengunjung dari Girisekar bisa masuk dari simpang 3 Girisekar, menuju simpang 3 Bolang dan berujung masuk ke HeHa Ocean View,” imbuh Purwanta.

Tidak hanya rekayasa lalin di HeHa Ocean View, Purwanta menyebut ada pula rekayasa lalin di HeHa Sky View, Patuk. Di mana pengunjung dari arah Yogyakarta harus memutar balik di Kawasan Kali Pentung, menuju ke simpang 4 PJR patuk untuk bisa masuk ke HeHa Sky View. 

“Dengan rekayasa ini harapan kita bisa mengurai kemacetan saat malam pergantian tahun,” ujarnya.

(GE – JR)

Scroll to Top