SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Air Laut Pasang, Banjir ROB Rendam 5 RT dan Ruas Jalan di Jakarta Utara

Bagikan:

AshefaNews – Pasang air laut di utara DKI Jakarta mengakibatkan terjadinya banjir ROB atau banjir pesisir di sejumlah wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara, pada Sabtu (26/11/2022).

Kepala Satuan Pelaksana Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang mengungkapkan, terdapat lima wilayah RT yang saat ini terdampak banjir ROB.

Tinggi muka air di wilayah terdampak banjir ROB tersebut berkisar 20 centimeter sampai dengan 30 centimeter.

“BPBD mencatat saat ini terdapat Lima RT. Satu RT di Kelurahan Marunda, dan empat RT di Kelurahan Pluit,” ujar Michael dalam keterangannya, Sabtu (26/11/2022).

Selain kawasan pemukiman, kata Michael, banjir ROB juga merendam ruas Jalan Lorong M, Kelurahan Koja, Jakarta Utara dengan ketinggian air mencapai 25 centimeter.

Saat ini, BPBD DKI Jakarta sudah mengerahkan sejumlah personel untuk memonitor situasi dan kondisi banjir ROB di wilayah tersebut.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga, dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) untuk menyedot air.

“Kamu lakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik. Genangan ditargetkan surut dalam waktu cepat,” kata Michael.

Bersamaan dengan itu, BPBD DKI Jakarta tetep mengimbau masyarakat di pesisir Ibu Kota, untuk berhati-hati dan waspada terhadap terjadinya banjir ROB.

Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini potensi terjadinya banjir ROB pada periode 22 – 28 November 2022.

(RM – WAH)

Scroll to Top