SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Ada Unsur Asusila, Sidang Saksi Putri Candrawathi Akan Digelar Tertutup

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Sidang saksi yang menghadirkan Putri Candrawathi akan digelar secara tertutup, jika terdapat pembahasan tindak asusila, Senin (12/12/2022).

Hal tersebut disampaikan oleh Jaksa di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Setelah sebelumnya, Hakim Ketua, Wahyu Iman Santoso bertanya kepada jaksa penuntut umum terkait permintaan kuasa hukum Putri yang meminta sidang tertutup.

“Kami menolak karena ini bukan perkara keasusilaan dan anak, dari MA pun tidak ada perintah untuk tertutup,” kata Jaksa.

Lanjut, Hakim ketua, bertanya kepada PC, terkait sidang yang akan digelar secara terbuka merasa keberatan atau tidak. 

“Apakah saudara merasa terbebani dengan pemeriksaan secara terbuka dalam konteks perbuatan asusila?” tanya Wahyu ke Putri.

“Iya yang Mulia, bila berkenan sidang tertutup, terima kasih,” jawab Putri.

Namun, hakim memutuskan, pada sidang PC akan dilakukan secara tertutup jika telah masuk ke pembahasan yang berunsur kesusilaan.

“Majelis memutuskan sidang dinyatakan tertutup hanya sebatas konten asusila. Selebihnya kita akan menyatakan terbuka. Kita sepakati ya, ketika nanti sudah menyentuh konten asusila kepada para pengunjung, ketika majelis hakim menyatakan sidang tertutup, mohon meninggalkan ruang sidang tidak ada satu orang pun kecuali penasihat hukum, terdakwa dan jaksa penuntut umum,” jelas Hakim.

(RM – TGH)

Scroll to Top