Tindaklanjuti Keputusan Jokowi, Mendagri Terbitkan Aturan Penghentian PPKM

Bagikan:

AshefaNews – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan aturan terkait penghentian pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) terkait Covid-19. 

Aturan tersebut berupa Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Pada Masa Transisi Menuju Endemi. 

“Instruksi menteri yang menyatakan bahwa PPKM tersebut atau pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat itu dinyatakan mulai hari ini dihentikan,” ujar Tito kepada wartawan, Jumat (30/12/2022). 

Menurut Tito, instruksi tersebut diberikan kepada seluruh kepala daerah agar menindaklanjuti keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pemberhentian PPKM.

Dalam pelaksanaannya, Tito mengingatkan kepada seluruh kepala daerah dan juga masyarakat bahwa penghentian PPKM bukan berarti pandemi Covid-19 telah berakhir. 

“Tolong dicatat betul bahwa pandemi belum selesai. Jadi jangan sampai nanti masyarakat kita distorsi pemberhentian PPKM ini diartikan sebagai pandemi selesai,” kata Tito. 

Seperti diketahui, Jokowi telah resmi menghentikan PPKM terkait Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia mulai Jumat (30/12/2022). 

Langkah tersebut diambil karena mempertimbangkan pandemi Covid-19 yang semakin terkendali. Selain itu, tingkat kekebalan imunitas di tanah air saat ini sudah cukup tinggi. 

Dengan demikian, untuk kedepannya tidak ada lagi pembatasan kerumunan ataupun pergerakan masyarakat seperti sebelumnya.

(RM – WAH)

Scroll to Top