Tahap Pertama, Pemerintah Bakal Renovasi 8.341 Rumah Rusak Korban Gempa Cianjur

Bagikan:

AshefaNews – Pemerintah mulai melakukan perbaikan rumah korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat yang mengalami kerusakan. Untuk tahap pertama, terdapat 8.341 rumah warga yang akan direnovasi.

“Kami lakukan di tahap 1 ini sebanyak 8.341 rumah yang akan segera diperbaiki,” ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangannya, Sabtu (3/12/2022). 

Dalam pelaksanaannya, kata Muhadjir renovasi rumah para korban gempa bumi di Cianjur akan dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Untuk mempermudah proses perbaikan rumah dan juga fasilitas umum, Muhadjir pun meminta agar puing-puing bangunan yang runtuh segera dibersihkan. 

Pembersihan itu bakal dikoordinir oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan melibatkan jajaran TNI-Polri. 

“Kemudian dalam penggunaan Dana Siap Pakai (DSP) untuk tahap rehab rekon agar dilakukan dengan cara efisien, efektif, dan akuntabel dan sesuai dengan peraturan dan perundangan yang ada,” kata Muhadjir.

Berdasarkan data yang disampaikan BNPB pada 30 November 2022, terdapat 17.864 rumah rusak berat, sedang dan ringan yang telah terverifikasi. 

Selain itu, terdapat 190 rumah ibadah, 14 faskes, 511 fasilitas pendidikan, 17 kantor gedung dan 2 jembatan rusak.

(RM – WAH) 

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top